rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Cara Mengatasi System Service Exception windows 10

4 min read

Cara Mengatasi System Service Exception windows 10
Cara Mengatasi System Service Exception windows 10
System Service Exception windows 10

Cara Mengatasi System Service Exception windows 10 – pada artikel ini saya akan berikan solusi yang sering dialami oleh pengguna windows 10 yaitu System Service Exception Windows pada pc maupun laptop.

saya pernah mengalami bluescreen pada saat update windows 10 kesayangan, dan saya coba mencari solusi agar windows 10 itu kembali normal. nah buat kamu yang belum tau apa itu System Service Exception windows simak dibawah ini.

Apa itu System Service Exception windows 10

System Service Exception Windows adalah kesalahan Blue Screen Of death yang telah ada pada semua jenis windows, hal ini terjadi karena beberapa alasan: kesalahan antarmuka pengguna grafis, file sistem yang rusak, dan masalah dengan driver yang ketinggalan jaman atau rusak dibagian lain.

Penyebab System Service Exception windows 10

penyebab utama System Service Exception windows 10 ialah sebagai berikut ini;

  • Software yang tidak kompatibel dengan Windows 10 yang baru saja diupdate.
  • Driver (terutama driver graphic card) yang tidak kompatibel.
  • Terdapat system file yang corrupt atau error.
  • Akibat antivirus atau clone drive yang melakukan perubahan sistem.

Cara Memperbaiki System Service Exception windows 10

Berikut adalah 6 cara Anda dapat memperbaiki masalah ini, anda tidak harus mencoba semuanya. anda dapat mencoba mana yang cocok dengan masalah System Service Exception windows 10 pada komputer. anda tinggal menyesuaikan masalah yang sedang dialami saat ini.

1. Perbarui Windows 10

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa apakah Windows 10 benar-benar mutakhir . File sistem yang ketinggalan zaman dapat menyebabkan kesalahan yang tidak terduga. Memeriksa pembaruan yang tertunda adalah cara cepat dan mudah untuk mencari tahu apakah itu yang menyebabkan masalah Anda.

Bagaimana Mengelola Pembaruan Windows di Windows 10
Tekan tombol Windows + I untuk membuka panel Pengaturan. Sekarang, pergilah ke Pembaruan & Keamanan , lalu periksa di bawah Pembaruan Windows untuk mengetahui pembaruan yang tertunda. Jika ada pembaruan, simpan file penting apa pun, lalu tekan Restart sekarang . Sistem Anda akan reboot selama proses.

2. Perbarui Driver Sistem

Perbarui Driver Sistem
Perbarui Driver Sistem

Pembaruan Windows membuat driver sistem Anda tetap terbarui. Mengotomatiskan proses berarti driver sistem Anda lebih kecil kemungkinannya untuk ketinggalan versi yang direkomendasikan – tetapi itu tidak berarti beberapa tidak akan jatuh melalui celah. Di lain waktu, Windows tidak menggunakan versi driver yang benar.

Untuk memeriksa pembaruan driver otomatis terbaru Anda, buka Pembaruan & Keamanan> Pembaruan Windows> Lihat riwayat pembaruan . Pembaruan driver terbaru muncul di sini. Sekarang, ketikkan manajer perangkat di bilah pencarian menu Mulai dan pilih yang paling cocok. Pergilah ke bawah daftar dan periksa simbol kesalahan. Jika tidak ada apa-apa, status driver Anda kemungkinan bukan sumber masalah.

Jika ada simbol “peringatan” kuning, buka bagian menggunakan panah dropdown, lalu klik kanan driver masalah dan pilih Perbarui driver . Pilih Cari secara otomatis untuk perangkat lunak driver yang diperbarui untuk membiarkan Windows mengotomatiskan proses pembaruan untuk Anda.

Jika tidak, Anda dapat menggunakan alat pihak ketiga untuk memperbarui semua driver sistem Anda secara bersamaan. Lihatlah daftar alat gratis ini yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki sebagian besar masalah Windows . Dua opsi pertama — Booster Driver IOBit dan Installer Driver Snappy — melakukan hal ini.

3. Jalankan CHKDSK


Selanjutnya, coba jalankan Windows Check Disk dari Command Prompt . CHKDSK adalah alat sistem Windows yang memverifikasi sistem file dan dengan pengaturan tertentu, memperbaiki masalah saat berjalan.

Ketik command prompt di bilah pencarian menu Start Anda, lalu klik kanan yang paling cocok dan pilih Run as administrator . (Atau, tekan tombol Windows + X , lalu pilih Command Prompt (Admin) dari menu.)

Selanjutnya, ketik chkdsk / r dan tekan Enter. Perintah ini akan memindai kesalahan sistem Anda dan memperbaiki masalah apa pun di sepanjang jalan.

4. Jalankan SFC (System File Checker)

Pemeriksaan File Sistem adalah alat sistem Windows lainnya yang memeriksa file sistem Windows yang hilang dan rusak. Kedengarannya seperti CHKDSK, kan? Nah, SFC memeriksa file sistem Windows secara khusus, sementara CHKDSK memindai seluruh drive Anda untuk kesalahan.

Tetapi sebelum menjalankan perintah SFC, yang terbaik adalah memeriksa ulang apakah itu benar-benar berfungsi.

DISM adalah singkatan dari Deployment Image Servis and Management. DISM adalah utilitas Windows terintegrasi dengan beragam fungsi. Dalam hal ini, perintah DISM Restorehealth memastikan bahwa perbaikan kami berikutnya akan berfungsi dengan baik . Lakukan langkah-langkah berikut.

Pertama : Ketik Command Prompt (Admin) di bilah pencarian menu Start, lalu klik kanan dan pilih Run as administrator untuk membuka Command Prompt .

Kedua :Ketik perintah berikut dan tekan Enter: DISM / online / cleanup-image / restorehealth

Ketiga : Tunggu perintah untuk menyelesaikan. Prosesnya bisa memakan waktu hingga 20 menit tergantung pada kesehatan sistem Anda. Prosesnya tampaknya macet pada waktu-waktu tertentu, tetapi tunggu sampai selesai.
Ketika proses selesai, ketik sfc / scannow dan tekan Enter.

Kemungkinan lain yang menyebabkan terjadinya bluescreen System Service Exception adalah adanya system file yang corrupt atau terjadi kesalahan pada system file. Untuk mengatasinya kamu bisa menjalankan System File Checker melalui Command Prompt. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pada keyboard tekan tombol Windows + S, ketikkan cmd pada search bar, kemudian klik kanan pada Command Prompt > Run As Administrator.
 Command Prompt
Command Prompt
  • Ketik chkdsk /f /r pada Command Prompt, lalu tekan Enter.
chkdsk /f /r pada Command Prompt
chkdsk /f /r pada Command Prompt
  • Restart PC dan tunggu hingga proses pengecekan selesai.Tekan tombol Y pada keyboard
Restart PC
Restart PC
  • Nyalakan kembali PC Anda. Tunggu hingga pemindaian selesai (bisa memakan waktu hingga 15-20 menit).
  • Periksa apakah masalah telah teratasi.

5. Instal perbaikan terbaru resmi Windows

Ada perbaikan terbaru Windows resmi untuk kesalahan SYSTEM_SERVICE_EXCEPTION. Namun, perbaikan terbaru terkait dengan kode berhenti yang mendefinisikan masalah SYSTEM_SERVICE_EXCEPTION tertentu. Kode berhenti adalah 0x0000003B, dan ini terkait dengan perangkat IEEE 1394; dengan kata lain, FireWire dan versi standar antarmuka bermerek serupa.

Buka halaman hotfix Microsoft dan pilih tautan Hotfix Download Available . Ikuti petunjuk di layar (memerlukan detail email untuk mengirim perbaikan terbaru kepada Anda). Ketika perbaikan terbaru tiba di akun email Anda (ini instan), gunakan tautan di bagian bawah halaman untuk mengunduh file.

Setelah diunduh, klik dua kali file tersebut. File ekstraksi otomatis menyarankan C: / sebagai lokasi default. Namun, saya akan menambahkan “perbaikan terbaru” ke jalur file, (misalnya, C: / perbaikan terbaru) untuk membuatnya lebih mudah untuk menemukan file yang belum dibongkar. Selanjutnya, navigasikan ke file yang diekstraksi, lalu klik kanan dan pilih Jalankan sebagai Administrator untuk menyelesaikan proses.

6. Last Resort: Reset Windows 10

Jika tidak ada yang berfungsi, Anda dapat menggunakan fungsi Reset Windows 10 untuk menyegarkan file sistem Anda . Reset Windows 10 menggantikan file sistem Anda dengan satu set file yang benar-benar baru dan secara teoritis menghapus masalah yang terkait dengan kesalahan SYSTEM_SERVICE_EXCEPTION Anda sambil menjaga sebagian besar file penting Anda tetap utuh.

Buka Pengaturan> Perbarui dan Keamanan> Pemulihan , lalu di bawah Setel ulang PC ini pilih Mulai . Sistem Anda memulai kembali segera setelah Anda menekan tombol, jadi pastikan Anda membuat cadangan file penting sebelumnya. Sistem Anda akan restart, maka Anda dapat memilih Simpan file saya atau Hapus semuanya .

7. Nonaktifkan antivirus pihak ketiga

Ada beberapa laporan yang menunjukkan bahwa antivirus pihak ketiga Anda sebenarnya adalah penyebab masalah ini. Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah itu memang masalahnya adalah dengan menonaktifkan antivirus Anda untuk sementara waktu.

Jika Anda berhenti menerima kesalahan ini setelah menonaktifkan antivirus Anda, Anda tahu apa yang terjadi. Dalam hal ini, coba perbarui antivirus Anda ke versi terbaru. Jika Anda terus mengalami BSOD, pertimbangkan untuk mengubah solusi antivirus Anda, atau beralih ke Windows Defender.

SYSTEM_SERVICE_EXCEPTION : Tetap Atau Dihapus!

Salah satu perbaikan ini atau kombinasi dari semuanya akan menyelesaikan kesalahan SYSTEM_SERVICE_EXCEPTION Anda, membuat BSOD sistem Anda bebas.

Jika tidak, ada solusi lain yang dapat Anda coba: Kerjakan melalui program yang baru saja diinstal, hapus instalan masing-masing hingga masalah terselesaikan. Beberapa program memiliki kebiasaan yang tidak disukai yang menyebabkan proses sistem tertentu macet.

Demikian Cara Mengatasi SYSTEM_SERVICE_EXCEPTION Windows semoga bermanfaat

rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *