rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 2

4 min read

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 2

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 150, 153, 156, 157 – hallo adik adik, kali ini kakak akan bagikan lagi kunci jawaban lagi loh ! pasti pada penasaran kan seperti biasa jangan lupa simpan halaman ini untuk dapetin informasi kunci jawaban tematik terbaru ya.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 2
Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 2

Kunci Jawaban tematik kelas 6 tema 9 ini kakak akan bahas mengenai “PENEMU TELESKOP PERTAMA“, pasti adik adik bingung kan, untuk itu mari simak kunci jawaban yang sudah kakak siapkan dibawah ini.

Kunci Jawaban Halaman 150

Kunci Jawaban Halaman 150
Kunci Jawaban Halaman 150

Ayo Berdiskusi
Setelah membaca artikel di atas, diskusikanlah bersama dengan teman sebangkumu dampak yang ditimbulkan oleh penemuan Herschel

Jawaban :
Dampak penemuan Herschel adalah kita dapat Melihat, Meneliti dan menelusuri benda-benda langit/benda-benda yang ada di angkasa luar dengan lebih leluasa dan lebih akurat dengan teleskop.

Ayo Berlatih
William Hreschel menjelajah angkasa luar dengan teleskopnya hingga menemukan planet Uranus. Tahukah kamu bahwa para ahli astronomi membagi planet-planet dalam tata surya menjadi dua kelompok menurut orbit asteroid. Kumpulan asteroid yang membentuk sabuk asteroid ini berada di antara planet Mars dan Jupiter. Kumpulan asteroid ini juga berputar mengelilingi Matahari dalam orbitnya.
Para ahli membagi planet-planet dalam tata surya berdasarkan orbit asteroid ini menjadi dua kelompok, yaitu planet dalam dan planet luar. Planet dalam adalah planet-planet dalam tata surya yang berada di dalam orbit asteroid. Yang termasuk planet dalam adalah planet Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Sedangkan yang termasuk planet luar adalah Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
Tahukah kamu apa yang membedakan planet dalam dan planet luar? Selain keduanya dipisahkan oleh sabuk Asteroid, kamu dapat mengetahui perbedaannya dengan membaca dan melengkapi informasi pada tabel berikut ini

Jawab :

Faktor Pembeda Planet Dalam Dan Luar :

  1. faktor ukuran
  2. faktor partikel penyusun
  3. faktor jarak
  4. faktor jangka waktu
faktor pembeda planet dalam dan luar
faktor pembeda planet dalam dan luar

Kunci Jawaban Halaman 153

Ayo Menulis
Pernahkah kamu menulis sebuah surat untuk teman atau saudaramu? atau, pernahkah kamu menceritakan pengalamanmu pada saat berkunjung ke tempat-tempat yang menarik? Cerita fiksi di atas mungkin dapat membantumu mengingatkan pengalaman yang serupa. Lakukanlah kegiatan berikut ini untuk menceritakan pengalamanmu yang hampir sama dengan cerita fiksi di atas.

A. Gambarkan dan jelaskan tentang peristiwa yang terjadi dalam cerita di atas dengan menggunakan diagram di bawah ini

diagram cerita tempat tanpa bayangan
diagram cerita tempat tanpa bayangan

Cerita Tempat Tanpa Bayangan memiliki beberapa unsur intrinsik cerita, diantaranya :
Tema :
Menceritakan tentang kunjungan Arika ke Pontianak, kota yang dilewati garis Khatulistiwa 0⁰
Tokoh :
Arika yang berkirim surat kepada Ina, sahabatnya
Latar :
Berlatar belakang tempat di kota Pontianak pada saat siang hari, saat Matahari tepat di atas kepala
Alur :
Alur ceritanya adalah berurutan, dari awal sampai akhir / alur maju
Sudut pandang:
Sudut pandang cerita yang digunakan adalah sudut pandang orang pertama, karena pengarang terlibat dalam cerita dengan menggunakan kata ganti ‘aku’
Amanat :
Menceritakan tentang salah satu kota unik dan indah di Indonesia, yaitu kota Pontianak yang dilewati garis Khatulistiwa 0º
Gaya bahasa :
Dalam cerita bahasa yang digunakan adalah bahasa dengan makna asli (denotatif) tanpa makna kiasan

B. Gambarkan dan jelaskan peristiwa serupa yang terjadi denganmu atau orang-orang yang kamu kenal dengan menggunakan diagram berikut ini

diagram cerita pengungsi si jomblo
diagram cerita pengungsi si jomblo

Cerita Mengunjungi Si Jomblo memiliki beberapa unsur intrinsik cerita, diantaranya:
Tema :
Tentang rekreasi mendaki gunung
Tokoh :
Nio yang berkirim surat kepada Tyo, sahabatnya
Latar :
Lokasi cerita berada di Gunung Ijen Banyuwangi pada saat malam sampai pagi hari
Alur :
Alur cerita maju/ berurutan dari awal sampai akhir
Sudut Pandang :
Sudut pandang cerita yang digunakan adalah sudut pandang orang pertama, karena pengarang terlibat dalam cerita dengan menggunakan kata ganti ‘aku’
Amanat :
Menceritakan tentang salah satu tempat yang indah dan unik di Indonesia, yaitu gunung Ijen di Banyuwangi
Gaya Bahasa :
Dalam cerita bahasa yang digunakan adalah bahasa dengan makna konotatif (makna kiasan)

C. Buatlah sebuah surat kepada teman atau kerabatmu tentang pengalamanmu berkunjung ke tempat yang menarik, atau pengalaman lain yang menarik. Tuliskan suratmu di bawah ini.

Sahabatku Andri,

Assalamualaikum…

Hay Mae yang cantik jelita, bagaimana kabarmu sekarang? Aku di sini Alhamdulillah baik-baik saja Mae. Semoga kamu dan keluarga selalu diberikan kesehatan dan keberkahan.

Sudah lama ya Mae kita tidak bertemu? Terakhir kita berjumpa itu kayaknya waktu kita baru saja naik kelas 3 dan kamu malah pindah ke Jakarta. Sekarang aku sudah kelas VI Mae. Kamu juga dong sama tentunya. Hehe.

Oh iya Mae, aku sengaja nih menulis surat ini karena aku sednag rindu sama kamu. Aku rindu masa-masa dulu saat kita selalu main bersama setiap waktu. Bermain, bercanda, dan belajar bersama. Dulu kita selalu menghabiskan waktu bersama-sama.

Kita ini sudah bagaikan saudara kandung kan Mae? Masih begitu hangat dalam ingatanku, waktu itu di hari ulang tahunku, kamu hadir dan memberiku kado berwarna kuning cerah yang di dalamnya berisi boneka Doraemon yang lucu banget! Kamu mungkin tidak tahu, hingga saat ini boneka itu masih aku simpan loh.

Mae, kapan ya masa-masa kebersamaan itu akan terulang kembali? Meskipun rasanya tidak mungkin, bahkan dengan keadaanmu sekarang yang sudah menjadi pemain karate terkenal, aku harap kamu tidak melupakanku. Aku disini selalu merindukanmu dan berharap kita bisa betemu lagi dan bernostalgia seperti dulu kita saat kecil.

Sekian dulu ya Mae, kapan-kapan disambung lagi. Kalau kamu ada waktu, mohon segera balas ya suratku ini. Kalau kamu tidak membalasnya berarti kamu itu sombong dan sudah melupakanku karena kamu sekarang sudah punya banyak penggemar.

Pesanku, jaga diri kamu baik-baik ya, dan yang terpenting adalah jaga kesehatan kamu. Jangan lupa belajar. Semoga kita bisa segera bisa bertemu.

Wassalamualaikum…

Salam persahabatan
SASA

Kunci Jawaban Halaman 156

Ayo Berdiskusi
Berdasarkan bacaan di atas lakukanlah diskusi dengan teman sekelompokmu untuk mencari informasi tentang beberapa hal berikut:

1. Lengkapilah tabel berikut ini dengan mencari tahu alat dan bahan yang digunakan pada patung dan tema yang disajikannya.

mencari tahu alat dan bahan yang digunakan pada patung dan tema
mencari tahu alat dan bahan yang digunakan pada patung dan tema

Kunci Jawaban Halaman 157

Kunci Jawaban Halaman 157
Kunci Jawaban Halaman 157

2. Patung manakah yang paling kamu sukai? (pilih tema yang kamu sukai diantara tema diatas)
Patung manakah yang ingin kamu buat dengan menggunakan alat dan bahan yang kamu miliki? Jelaskan alasanmu! (pilih tema dan gunakan alat dan bahan untuk membuat patung yang kamu sukai)
Patung seperti apa yang ining kamu buat? (pilih salah satu tema untuk dijadikan objek pembuatan patung)

Patung tema robot/superhero (alasannya bagus, keren, bentuknya detail dan bahan mudah dicari)
Patung tema motor (alasannya bagus, bentuknya sederhana dan mudah dibuat, serta bahan mudah dicari)
Patung tema mobil (alasannya bagus, bentuknya sederhana dan mudah dibuat, serta bahan mudah dicari)
Patung tema karikatur (alasannya bagus, unik dan lucu, bentuknya sederhana dan mudah dibuat, serta bahan mudah dicari)

Kesimpulan apakah yang dapat kamu buat dari kegiatan di atas?

Patung konstruksi merupakan patung yang dibuat dengan merangkai alat dan bahan yang mudah didapat dengan berdasarkan tema tertentu.
Membuat patung konstruksi dapat memanfaatkan alat dan bahan apa saja yang tersedia di sekitar dengan menggunakan imajinasi yang tinggi akan terbentuk karya yang didasarkan pada tema tertentu.
Kreatifitas memanfaatkan alat dan bahan yang sederhana dan imajinasi akan membantu membuat patung konstruksi sederhana

rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *