rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 3

6 min read

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 3

DAMPAK MODERNISASI – Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 3 HALAMAN 97, 99, 100, 103-104, 105

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 3
DAMPAK MODERNISASI

Hallo adik adik, kali ini kakak akan bagikan lagi kunci jawaban terbaru yaitu Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 3. kunci jawaban ini kakak bagikan agar membantu adik adik untuk mengisi soal soal yang dianggap susah, biar gak ketinggalan info kunci jawaban bisa simpan halaman ini ya.

mau tau seperti apa isi kunci jawabanya, mari simak dibawah ini.

Kunci Jawaban Halaman 97

Ayo Berdiskusi
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu akibat dari modernisasi. Perubahan yang terjadi karena modernisasi tampak dari benda-benda berteknologi yang kamu gunakan sehari-hari di rumah. Diskusikanlah bersama dengan teman sebangkumu mengenai alat atau benda apa saja yang merupakan hasil pengembangan teknologi. Misalnya, kamu menggunakan buku dan pensil untuk menulis dan mencatat. Pada zaman dahulu orang menggunakan sebuah papan kecil dan menuliskannya dengan menggunakan kapur atau arang. Namun saat ini kamu juga melihat orang menggunakan alat elektronik untuk mencatat, tidak lagi menggunakan buku dan pena seperti biasanya.
Bersama dengan teman sebangkumu, tentukan kurang lebih lima benda yang ada di sekitarmu. Cari tahu bagaimana alat tersebut telah berkembang hingga saat ini dengan cara membandingkannya dengan alat yang memiliki kegunaan yang sama yang digunakan pada masa lalu
Teknologi sederhana di masa lalu :
Surat
Teknologi modern :
Email (surat elektronik)
Teknologi sederhana di masa lalu :
Telegram
Teknologi modern :
Telepon
Teknologi sederhana di masa lalu :
Pisau, gunting cukur/alat cukur
Teknologi modern :
Alat cukur elektrik
Teknologi sederhana di masa lalu
Alat cuci manual
Teknologi modern :
Mesin cuci
Teknologi sederhana di masa lalu
Sepeda
Teknologi modern :
Sepeda motor

Apakah yang dapat kamu simpulkan dari hasil diskusimu tersebut?
Perubahan teknologi terjadi salah satunya disebabkan oleh kebutuhan manusia yang semakin beragam dan cepat.

Kunci Jawaban Halaman 99

Ayo Berdiskusi
Lakukan kegiatan berikut ini dengan memperhatikan instruksi yang diberikan
Membuat ringkasan
Dengan menggunakan bacaan di atas dan sumber informasi lainnya yang sesuai, buatlah sebuah ringkasan dalam bentuk yang paling kamu sukai, misalnya berupa peta pikiran, tabel, poster atau gambar. Ringkasanmu sebaiknya memuat beberapa hal berikut ini :

Kunci Jawaban Halaman 99
Kunci Jawaban Halaman 99
  1. Bagaimana modernisasi memengaruhi gaya hidup dan cara berpikir masyarakat modern.
  2. Menjelaskan contoh setiap pengaruh modernisasi yang disebutkan dalam artikel. Contoh lain bisa didapatkan dari sumber informasi lain yang sesuai
  3. Tulisan dan gambar keseluruhan jelas dan mudah dibaca. Dapat menggunakan pensil warna atau spidol untuk memperjelas dan membuatnya menarik

Kunci Jawaban Halaman 100

Ayo Berlatih
Membuat kliping dampak Modernisasi terhadap budaya masyarakat
Lakukanlah kegiatan ini secara berpasangan. Kumpulkan paling sedikit satu artikel dan gambar dari surat kabar, majalah, atau media lain. Artikel dan gambar yang digunakan harus menjelaskan pengaruh modernisasi terhadap budaya masyarakat Indonesia. Seperti yang telah kamu pahami dari artikel di atas dan kegiatan sebelumnya. Jangan lupa mencantumkan sumbernya. Buatlah klipingmu semenarik mungkin untuk mengundang orang lain untuk membacanya

MODERNISASI TENGGELAMKAN BUDAYA TRADISIONAL

oleh : Erlina Munthe (Mahasiswi Ilmu Administrasi Negara, FISIP, UMRAH)

Modernisasi sedang galak-galaknya belakangan ini. Budaya modern ini dialami dari kalangan anak-anak, remaja, dewas, hingga orang tua. Berawal dari teknologi yang canggih, beralih ke makanan cepat saji, berkembang lagi dalam segi pakaian, dan pola tingkah laku yang kemudian menjamur dan mewabah di kalangan masyarakat.

Modernisasi dapat dikatakan suatu proses transformasi dari suatu perubahan ke arah yang lebih maju datau meningkat di berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat

Kunci Jawaban Halaman 100
rambut punk

Dalam kenyataannya, budaya modernisasi banyak yang bertentangan dengan nilai dan norm di dalam suatu masyarakat. Banyak budaya modernisasi membawa dampak negatif yang sangat besar, ketimbang dampak positifnya. Budaya modernisasi lazimnya juga suka dipertentangkan dengan nilai-nilai budaya tradisi yang ada

Misalnya saja dalam budaya tradisi rakyat Indonesia. Pada zaman dahulu mengenai cara berpakaian. Mereka hanya mengenakan sarung dan kain panjang. Bagi perempuan diwajibkan menutup auratnya. Kita sandingkan dengan jaman sekarang. Betapa vulgarnya pakaian yang dikenakan baik itu oleh pria maupun juga dengan wanita

Seperti salah satu contohnya, banyak kita jumpai pakaian wanita yang terbuka seksi dan mini, seakan-akan kekurangan bahan. Mengapa kita menyukainya? Mengapa kita ingin memakainya? Ya, karena modernisasi tadi, semuanya berpedoman ke negara-negara Barat.

Ada juga pandangan dari orang lain yang mengatakan jika tidak memiliki itu semua dikatakan ketinggalan zaman. Sehingga memaksakan diri agar terlihat mengikuti zaman dan dikatakan modis.

wayang kulit indonesia
wayang kulit indonesia

Selain tradisi dalam berpakaian, ada hal lain yaitu mengenai kesenian. Jaman dulu masyarakat sangat antusias untuk menonton wayang. Zaman sekarang? Jangankan menonton wayang kulit, melirik saja tidak mau.

Banyak masyarakat zaman sekarang lebih menyukai menonton sinetron, drama korea maupun film dari luar negeri. Kebanyakan dari mereka yang menyukainya adalah remaja-remaja tanggung. Tidakkah kita sadar akan pentingnya pelestarian tradisi kita sendiri? Tanpa harus suatu masyarakat berubah seperti orang Barat dan tanpa harus bergaya hidup seperti oranng-orang negara Barat (Amerika, Eropa).

Namun, unsur-unsur Iptek (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) negara Barat tidak ada salahnya untuk ditiru, diambil alih, diadopsi, bahkan dibeli. Jika tidak akan meninggalkan suatu budaya tradisi yang ada di Indonesia ini, dan alangkah baiknya lebih menyaring suatu budaya yang akan diadopsi.

Modernisasi saat ini masih tampak dimonopoli oleh masyarakat perkotaan, terutama di kota-kota negara berkembang seperti Indonesia. Karena Masyarakatnya lebih cepat menyerap informasi dan modernisasi, dan rata-rata pola hidupnya lebih banyak mengonsumsi daripada memproduksi.

Lalu, mampukah budaya tradisi itu akan bertahan atau justru sebaliknya akan terus memudar? Oleh karenanya modernisasi boleh saja diterapkan tetapi harus mengimbangi dengan kebudayaan yang ada tanpa melupakan kebudayaan asli Indonesia. Karena walau bagaimana pun kebudayaan tradisi merupakan kebudayaan tradisi merupakan kebudayaan asli Indonesia, yang memerlukan proses yang lama dalam membentuk suatu kebudayaan yang patut untuk kita semua lestarikan.

Walaupun kita hidup di jaman modernisasi, jangan sekali-kali menghilangkan budaya tradisi yang ada. Karena seperti kita lihat akhir-akhir ini budaya tradisi kita tenggelam karena maraknya modernisasi. Sebagai masyarakat yang baik, marilah kita bersama-sama menumbuhkan rasa cinta kita akan budaya tradisi Indonesia.

Ayo Menulis
Tulislah kesimpulanmu tentang pemahaman yang kamu dapatkan tentang pengaruh modenisasi terhadap budaya masyarakat, terutama masyarakat Indonesia
Modernisasi mempunyai dampak positif dan dampak negatif bagi budaya masyarakat Indonesia. Perkembangan teknologi merupakan salah satu dampak positif dari modernisasi, di mana masyarakat lebih mudah, cepat dan efisien dalam melakukan aktivitas. Contohnya adalah teknologi komunikasi (Handphone). Dampak negatif modernisasi diantaranya adalah mulai lunturnya budaya dan tradisi asli Indonesia, seperti kesenian daerah, maupun semangat kebersamaan dan gotong royong. Jadi harus ada penyaringan terlebih dahulu terhadap modernisasi yang masuk ke Indonesia.

Kunci Jawaban Halaman 103-104

Ayo Menulis
Berdasarkan cerita fiksi di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini secara mandiri.
A. Bagilah cerita di atas menjadi tiga bagian: awal, tengah, dan akhir. Lalu gambarlah peristiwa penting yang menjelaskan isi cerita bagian awal, tengah dan akhir. Berilah keterangan pada setiap gambar yang kamu buat.
Gunakan diagram berikut ini.
Judul :
Berkunjung ke Observatorium Bosscha
Pengarang :
Diana Karitas

Observatorium Bosscha
Observatorium Bosscha

Cuaca cerah di Observatorium Bosscha saat rombongan sekolah Rima tiba di lokasi. Biasanya langit mendung dan gerimis pada bulan oktober

Tiba-tiba rombongan Rima mendengar suara menangis. Setelah dicari asal suara ternyata suara itu berasal dari Agatha, teman Rima satu sekolah yang beda kelas. Ternyata Agatha tertinggal dari rombongannya di Observatorium Bosscha.

Rima dan Kak Yani membantu Agatha yang terpisah kembali ke rombongannya. Rima mengajak Agatha ke bagian belakang ruangan dan membagi minumannya. Rima bersyukur temannya itu sudah tenang

B. Jika kamu adalah penulis cerita di atas, dan kamu diberikan kesempatan untuk mengubah jalan ceritanya, bagian manakah yang ingin kamu ubah? Cobalah utnuk menulisnya di tempat yang disediakan berikut ini.
Bagian tengah :
Rima yang berada di bagian belakang rombongan sayup-sayup mendengar suara anak perempuan menangis, dan dia seperti mengenal suara tangisan itu. Rima mencari suara tersebut sehingga tanpa sadar Rima terpisah dari rombongan. Rima akhirnya mengetahui suara siapa yang menangis. Ternyata suara tangisan itu adalah suara Agatha. Agatha ternyata terpisah dari rombongan kelasnya. Rima tersadar, ternyata dia juga terpisah dari rombongan. Kepanikan sempat melandanya, namun Rima bertindak cekatan. Segera dia mengajak Agatha untuk mencari petugas observatorium Bosscha dan meminta tolong bagian informasi untuk mengumumkan tentang keberadaan mereka.

Kunci Jawaban Halaman 105

Ayo Berdiskusi
Banyak peristiwa di sekitar kita yang menunjukkan persatuan dan kesatuan bangsa. Berdasarkan artikel di atas, bersama dengan teman sebangkumu cobalah untuk mencari tahu dengan saksama peristiwa apa saja yang terjadi menunjukkan persatuan dan kesatuan bangsa. Jelaskan juga bagaimana peristiwa-peristiwa itu berhubungan dengan sila-sila dalam Pancasila. Tuliskanlah hasil diskusimu di atas selembar kertas, lalu bacakanlah secara bergiliran di dalam diskusi kelas. Tempelkanlah hasil diskusimu di papan tulis.

  • Ngayah berarti mengerjakan sesuatu secara sukarela untuk kebaikan bersama = Sesuai dengan nilai sila ke-5 yaitu mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royong
  • Saling berbincang, dan menyapa di pagi hari sebelum masyarakat mulai bekerja
  • Sesuai dengan nilai sila ke-5 yaitu mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royong = Sesuai dengan nilai sila ke-3 yaitu memajukan persatuan dan kesatuan bangsa
  • Ngayah dilakukan untuk saling berbagi, tolong menolong dan bermasyarakat = Sesuai dengan nilai sila ke-2 yaitu gemar melakukan kegiatan kemanusiaan, mengembangkan sikap tenggang rasa dan tepa selira
  • Tidak hanya menyumbang secara materi, Ngayah juga berarti menyumbang dalam bentuk jasa dan kebersamaan = Sesuai dengan nilai sila ke-3 rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
  • Setiap anggota masyarakat akan melibatkan dirinya, baik dengan materi maupun tenaga = Sesuai dengan nilai sila ke-3 yaitu mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika

Ayo Berlatih
Bersama dengan teman sekelompok carilah artikel-artikel di majalah atau surat kabar yang menjelaskan tentang peristiwa persatuan dan kesatuan di dalam masyarakat kita. Lakukan penelaahan terhadap peristiwa tersebut dan hubungkan dengan sila-sila dalam Pancasila yang berhubungan dengan usaha meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.
Presentasikan hasil pekerjaanmu di depan kelas

Artikel :

MEMPERKUAT PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA LEWAT “HARMONI INDONESIA 2018”

Kegiatan bernyanyi bersama “Harmoni Indonesia 2018” digelar serentak di 34 kota di seluruh Indonesia pada Minggu, (5/8). Di Bandung, kegiatan ini dikoordinatori Universitas Padjadjaran dan digelar di area Taman Cikapayang, Jalan Ir. H. Djuanda

Dibantu Komando Daerah Militer III/Siliwangi, Kepolisian Daerah Jawa Barat, dan Pemrov Jawa Barat, acara ini diikuti oleh sejumlah pimpinan, dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan di lingkungan Unpad, prajurit TNI, anggota kepolisian, jajaran sipil di pemerintah provinsi, perwakilan isntitusi, serta masyarakat umum. Acara ini dihadiri langsung Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Komjen M. Iriawan, Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto dan Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad.
Tepat pukul 08.00 WIB, acara ini menyiarkan siaran langsung “Harmoni Indonesia 2018” yang terpusat di Jakarta. Dalam sambutannya, Presiden menyampaikan bahwa kegiatan “Harmoni Indonesia 2018” digelar untuk menyemarakkan 73 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu, menjelang digelarnya Asian Games 2018 di Indonesia, Presiden juga mengajak seluruh elemen bangsa menyemangati para atlet nasional melalui acara ini. “Dengan Harmoni Indonesia 2018, kita harapkan semangat persatuan, kerukunan, dan kebangsaan kita bisa berikan dan semangati semua. Agar kita paham bahwa persatuan dan nasionalisme adalah aset terbesar bangsa” Jelas Presiden.

Usai sambutan Presiden, acara dilanjutkan dengan bernyanyi bersama. Dipandu konduktor Addie MS, seluruh peserta akan bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya, Satu Nusa Satu Bangsa, Mars Garuda Pancasila, Rayuan Pulau Kelapa, serta Bagimu Negeri.

Telaah :
Kegiatan tersebut sesuai nilai Sila ke-2, yaitu :

  • Mengakui persamaan derajat, persamaan hak, serta kewajiban setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, dan warna kulit
  • Mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira

Kegiatan tersebut sesuai nilai Sila ke-3, yaitu :

  • Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara apabila diperlukan
  • Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa
  • Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia
  • Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika
  • Memajukan persatuan dan kesatuan bangsa
rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *