rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 2

6 min read

Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 2

itseenews.com – Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 60, Halaman 61, Halaman 62, Halaman 63, Halaman 65, Halaman 66, . kunci jawaban kali ini kita akan memasuki  Pembelajaran 2, kunci jawaban ini dibuat untuk mempermudah dan membantu peserta didik, siswa ataupun guru dalam mengisi tematik pada buku siswa kurikulum 2013.

Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 2
Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 2

Hari ini kita akan belajar:
• Menjelaskan rantai makanan yang ada pada suatu ekosistem.
• Membuat teks nonfiksi tentang salah satu ekosistem.
• Mengenal tarian daerah dan propertinya.

Halaman 60

sarapan telur
sarapan telur

Apakah sarapan pagimu hari ini? Adakah di antaramu yang sarapan dengan telur ayam? Lezat, bukan? Salah satu manfaat sarapan adalah memberikan energi bagimu untuk beraktivitas pada hari itu. Telur merupakan salah satu makanan protein yang sangat berguna bagi kesehatan tubuhmu. Tahukah kamu berasal dari manakah telur yang kamu makan saat sarapan? Dari manakah kita mendapatkan telur ayam? Diskusikan dengan temanmu.

Jawaban Alternatif :

Telur yang kita makan pada saat sarapan berasal dari hewan ayam. Telur ayam yang kita makan biasanya didapatkan dengan cara membeli di warung atau pedagang telur.

Ayo Berlatih

Kamu tentu tahu bahwa ayam menghasilkan telur yang bermanfaat bagi manusia. Ketika kita memakan telur ayam saat sarapan, kita mendapatkan energi dari telur ayam tersebut. Lalu, dari manakah ayam mendapatkan energi untuk menghasilkan telur? Diskusikanlah bersama dengan teman sebangkumu.

rantai makanan
rantai makanan

Jawaban Alternatif :

Penjelasan Rantai Makanan

  1. Padi merupakan produsen karena dapat menghasilkan makanan sendiri. Setiap produsen akan dimakan oleh konsumen tingkat I yaitu tikus.
  2. Tikus menjadi konsumen tingkat I karena tikus merupakan hewan omnivor yang juga memakan padi untuk memperoleh energi. Sebagai konsumen tingkat I, tikus akan dimakan oleh konsumen tingkat II yaitu ular.
  3. Ular menjadi konsumen tingkat II karena ular merupakan hewan karnivor yang memakan tikus untuk mempertahankan hidupnya. Sebagai konsumen tingkat II, ular akan dimakan oleh konsumen tingkat III yaitu burung elang.
  4. Burung elang menjadi konsumen tingkat III karena ular merupakan hewan karnivor yang memakan mendapatkan energi dengan memakan ular. Sebagai konsumen tingkat III, burung elang akan mati. Bangkai burung elang akan diurai oleh mikroorganisme seperti jamur.
  5. Jamur menjadi pengurai karena jamur berperan dalam mengurai konsumen tingkat III untuk berkembang biak. Hasil penguraian yang terdiri dari zat-zat tertentu yang kemudian akan masuk ke dalam tanah dan dimanfaatkan oleh tumbuhan sebagai sumber makanan.

Halaman 61

1. Apa yang dimaksud aliran energi pada sebuah rantai makanan?

Jawaban Alternatif :

Aliran energi pada sebuah rantai makanan adalah perpindahan energi dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lain, dalam bentuk zat makanan dan terjadi saat suatu mahkluk hidup memakan makhluk hidup lain.

Makanan ini akan digunakan oleh makhluk hidup sebagai sumber energi melalui metabolisme.

Aliran energi ini dimulai dari tanaman yang bersifat autotrof atau menghasilkan sendiri sumber energi dengan menggunakan bantuan dari sinar matahari.

Wawasan Tambahan:

Rantai makanan adalah urutan serangkaian proses makan dan dimakan antara makhluk hidup berdasarkan urutan urutan tertentu. Contohnya, padi dimakan oleh tikus, tikus dimakan oleh ular, dan ular dimakan oleh elang.

Pada rantai makanan terjadi perpindahan energi dari makhluk hidup yang dimakan ke makhluk hidup pemakan (predator).

Energi berawal dari dihasilkan oleh padi, yang sebagai tanaman bersifat autotrof. Organisme atau Makhluk hidup autotrof adalah makhluk hidup yang dapat menghasilkan makanan sendiri. Proses pembuatan makanan ini dilakukan melalui fotosintesis, yang mengubah karbon dioksida (CO2) dan air (H2O) menjadi zat gula (C6H12O6) dan oksigen (O2).

Organisme lain tidak bisa membuat energi sendiri atau bersifat heterotrof. Ini termasuk hewan, dan mereka harus mengambil sumber energi dengan memakan makhluk hidup lain.

Ini terjadi saat tikur tadi memakan padi, dan juga terjadi saat ular memakan tikus. Oleh hewan, sumber makanan ini dicerna, dan kemudian hasilnya dimetabolisme dengan bantuan oksigen (O2) menjadi energi.

2. Adakah hubungan antara rantai makanan dengan aliran energi? Jelaskan!

Jawaban Alternatif :

Ada, rantai makanan adalah proses makan memakan pada setiap makhluk hidup dengan jumlah yang besar

karena dalam proses makan memakan pasti ada energi yang didapat yaitu 1/10 untuk setiap rantai makan pada konsumen selanjutmya

3. Jelaskan peran produsen penting dalam sebuah rantai makanan.

Jawaban Alternatif :

Peran penting produsen dalam sebuah rantai makanan adalah sebagai PENGHASIL MAKANAN yang kemudian menjadi SUMBER ENERGI (dasar) bagi komponen (makhluk hidup) lainnya yang bersifat heterotrof atau tak mampu memproduksi makanannya sendiri.

4. Rantai makanan pada puncaknya disebut konsumen puncak. Apabila konsumen puncak punah, apa yang akan terjadi pada konsumen I dan konsumen II?

Jawaban Alternatif :

Konsumen puncak ini berada diatas konsumen II dan I. Berarti disini Konsumen puncak memakan konsumen II dan konsumen II memakan konsumen I.

Bila konsumen puncak punah berarti tidak ada yang memakan konsumen II sehingga konsumen II sangat banyak.

Nah, bila konsumen II sangat banyak, tentu mereka memerlukan makanan yakni konsumen I. Karena jumlahnya akan timpang, konsumen II semakin banyak dan konsumen I tetap, maka jumlah konsumen I akan berkurang.

Logikanya begini, makhluk-makhluk yang membutuhkan makanan semakin banyak tapi makanannya tetap segitu saja, jadinya akan kekurangan makanan.

Jadi kesimpulannya, Konsumen II akan meningkat dan Konsumen I akan berkurang.

Halaman 62

Sekarang bersama teman sebangkumu, buatlah sebuah rantai makanan yang terdiri atas satu produsen, empat tingkat konsumen, dan satu pengurai. Jangan lupa untuk menyebutkan jenis ekosistemnya.

Jawaban Alternatif :

Macam Macam Rantai Makanan

» Ekosistem laut. Produsen pada bagian ini adalah fitoplankton. Zooplankton ialan konsumen I, konsumen II adalah ikan-ikan kecil, konsumen III adalah ikan-ikan sedang dan konsumen IV yaitu ikan-ikan besar.
» Ekosistem kebun. Produsen pada bagian ini adalah tanaman sayur/buah. Konsumen I yaitu ulat, kemudian burung, kucing dan pengurai.
» Ekosistem hutan. Produsen di bagian ini yaitu buah/sayur. Dan dimakan oleh kelinci yang merupakan konsumen I kemudian ular yang merupakan konsumen II, elang yaitu konsumen IV dan pengurai berupa jamur.
» Ekosistem sungai. Pada ekosistem ini tanaman alga sebagai produsen, yang dimakan oleh ikan-ikan kecil lalu ikan-ikan sedang. Konsumen III di sini yaitu burung bangau kemudian buaya.

» ekosistem di Padang rumput=produsen rumput, konsumen tingkat 1 kelinci,konsumen tingkat 2 elang,pengurai(set/bakteri)

» ekosistem di sawah padi=> tikus => ular => burung elang => bakteri(pengurai)

Contoh Ekosistem Hutan

ekosistem hutan
ekosistem hutan

Ekosistem hutan. Produsen di bagian ini yaitu buah/sayur. Dan dimakan oleh Jangkrik yang merupakan konsumen I kemudian kodok yang merupakan konsumen II, ular yaitu konsumen IV dan pengurai berupa jamur.

Halaman 63

Pilihlah salah satu gambar berikut ini! Buatlah sebuah karangan nonfiksi tentang rantai makanan dengan menggunakan salah satu hewan dalam gambar tersebut! Gunakan kalimatmu sendiri dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Jawaban Alternatif :

karangan nonfiksi rantai makanan
karangan nonfiksi rantai makanan
kosa kata membuat karangan nonfiksi tentang ekosistem
kosa kata membuat karangan nonfiksi tentang ekosistem

RANTAI MAKANAN KAMBING

Rantai makanan merupakan proses makan memakan antarmakhluk hidup. Pada kambing, rantai makanan bermula dari rumput. Rumput kemudian dimakan oleh kambing. Setelah kambing mati, bangkai kambing kemudian akan diuraikan oleh bakteri detritivor atau pengurai yang terdapat di alam. Hasil penguraian kambing akan menghasilkan nutrisi yang akan disimpan oleh tanah. Kemudian, ketika muncul bibit tanaman atau rumput, bibit tersebut akan tumbuh dan aberkembang menggunakan nutrisi yang terdapat di tanah, yang salah satu sumbernya merupakan hasil penguraian bangkai kambing. Proses ini kemudian akan berlanjut dari awal.

Halaman 65

Ayo Berlatih

a. Lengkapilah tabel berikut dengan nama tarian dan properti yang digunakan.

Jawaban Alternatif :

Nama TarianProperti Tari
Tari PiringPiring
Tari Kuda Lumping Pecut
Tari Jaipong Sinjang,Apok,Sampur
Tari Merak Mahkota, Sesuping , Apok , Garuda Mungkur
Tari Topeng Topeng
Tari Payung Payung

Wawasan :

Properti pada tarian adalah suatu media atau perlengkapan yang menjadi ciri khas dari pementasan suatu tarian.
Sepuluh nama tarian, asal daerah, properti utama yang digunakan adalah

Tari Kuda Lumping
Berasal dari Jawa Tengah

Properti : Jaran kepang, pecut (cambuk)

Tari Jaipong
Berasal dari Jawa Barat

Properti :

Sinjang, merupakan kain panjang yang digunakan sebagai celana panjang
Apok, merupakan kostum yang dikenakan penari. Ciri dari apok ini adalah ornamen yang ada pada baju tersebut.
Sampur atau selendang adalah kain panjang yang dikenakan penari di lehernya.
Tari Baksa Kembang
Berasal dari Banjar, Kalimantan Selatan

Properti : 

KEMBANG BOGAM, yaitu rangkaian dari berbagai jenis bunga, seperti bunga mawar, bunga kantil, bunga melati, dan bunga kenanga yang dikenakan di tangan penari.
Mahkota Gajah Gemuling
Tari Serampang Duabelas
Berasal dari Sumatera Utara

Properti: Peci, kain yang dikenakan di pinggang hingga paha, sapu tangan

Tari Merak
Berasal dari Jawa Barat

Properti : Pakaian yang menyerupai bulu merak, dengan hiasan

Mahkota atau siger
Sesuping
Apok
Garuda Mungkur, hiasan yang digunakan pada kepala bagian belakang yang berbentuk menyerupai seperti kepala burung merak.
Sampur
Tari Topeng 
Berasal dari Jawa Timur

Properti : Topeng, sampur

Tari Piring
Berasal dari Sumatera Barat

Properti : piring atau mangkok

Tari Payung
Berasal dari Sumatera Barat

Properti : payung

Tari Pedet
Berasal dari Bali

Properti : Bokor yang berisi bunga

Tari Golek Manis
Berasal dari Jawa Tengah

Properti : Boneka, selendang

b. Menurut pendapatmu, apakah properti-properti tari yang digunakan memperkuat pesan yang disampaikan lewat tarian?

Jawaban Alternatif :

Iya,karena kalau tidak ada properti maka setengah dari tarian tidak ada maksundnya: tarian ok tetap lancar,tapi kalau tdk ada properti maka tdk akan sempurna

c. Sebutkan tarian yang menggunakan lebih dari dua properti untuk menarikan tarian tersebut.

Jawaban Alternatif :

Tari lilin : piring dan lilin

Tari kupu-kupu : selendang dan hiasan mahkota

Tari tradisional caping ngancak : topi caping ( topi petani ) pakaian petani.

Tari perang : keris, pedang tiruan, tombak

Tari merak : selendang dan hiasan mahkota dan kain.

Ayo Berlatih

1. Apakah peran produsen, konsumen, dan pengurai dalam sebuah rantai makanan?

Jawaban Alternatif :

Rantai makanan adalah perjalanan memakan dan dimakan dengan urutan tertentu antar makhluk hidup.

  • Produsen adalah penyedia makanan pada rantai makanan. Tumbuhan merupakan produsen karena memproduksi makanannya sendiri melalui proses fotosintesa.
  • Konsumen tingkat I adalah hewan pemakan tumbuhan. Makanan yang dimakan berfungsi sebagai energi untuk melakukan aktivitas dan bereproduksi.
  • Konsumen tingkat II adalah hewan yang memakan konsumen tingkat I. Bagi konsumen tingkat II, hewan konsumen tingkat I merupakan sumber energi agar dapat bertahan hidup.
  • Pengurai adalah makhluk hidup yang menguraikan kembali zat-zat yang terdapat pada tubuh hewan dan tumbuhan yang telah mati.

2. Menurutmu, apa sajakah yang dapat mengganggu rantai makanan? Bagaimana pengaruhnya terhadap ekosistem?

Jawaban Alternatif :

Perburuan hewan, penebangan hutan, dll yang bisa mempunahkan suatu spesies. akibatnya, ekosistem tdk seimbang.

contoh:
-jika herbivora diburu terus menerus maka jumlah karnivora banyak, dan karnivora memakan herbivora. jika herbivora punah maka karnivora tak punya makanan.

3, Apakah yang dimaksud dengan properti dalam seni tari? Berikan contoh properti tari yang kamu ketahui!

Jawaban Alternatif :

Properti tari adalah alat atau media yang dapat melengkapi suatu tarian.

Contoh: tari patuddu
properti: kipas

Halaman 66

Ayo Renungkan

Pelajaran penting apa sajakah yang kamu dapatkan pada hari ini? Ceritakanlah pengalamanmu itu kepada teman sebangkumu!

Jawaban Alternatif : belajar tentang ekosistem, macam dan jenis ekosistem serta peran penting ekosistem bagi kehidupan.

Pertanyaan apa sajakah yang belum terjawab dari kegiatan belajar hari ini? Sikap apakah yang kamu kembangkan pada hari ini?

Jawaban Alternatif :

setiap siswa mempunyai pertanyaan yang berbeda beda, siswa bisa isi sesuai kemampuan masing masing.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama dengan orang tuamu, pilihlah satu jenis tarian yang sudah dikenal. Lalu, cari tahu nama dan asal usul tarian tersebut. Perhatikanlah properti tari yang digunakan. Buatlah salah satu properti tari pada tarian tersebut dengan menggunakan alat dan bahan yang ada di rumahmu.

Jawaban Alternatif :

Nama Tari : Tari Baksa Kembang

Asal : Kalimantan Selatan

Properti : Bogam/Rangkaian bunga

Demikian kunci jawaban yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat untuk pembaca, siswa maupun guru. jangan lupa nantikan kunci jawaban tematik kelas 5 Tema 5 lainya Disini dengan berlangganan di itseenews terimakasih.

Artikel terkait paling populer :

kunci jawaban kelas 5 tema 5
kunci jawaban kelas 5 tema 5 halaman 60
kunci jawaban kelas 5 tema 5 halaman 61
kunci jawaban kelas 5 tema 5 halaman 62
kunci jawaban kelas 5 tema 5 halaman 63
kunci jawaban kelas 5 tema 5 halaman 65
kunci jawaban kelas 5 tema 5 halaman 66
kunci jawaban kelas 5 tema 5 subtema 2
kunci jawaban kelas 5 tema 5 pembelajaran 2

rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *