rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 5

4 min read

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 5

itseenews.comKunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 40, halaman 41, halaman 42, halaman 48. kunci jawaban kali ini kita akan memasuki  Pembelajaran 5, kunci jawaban ini dibuat untuk mempermudah dan membantu peserta didik, siswa ataupun guru dalam mengisi tematik pada buku siswa kurikulum 2013.

Hari ini kita akan belajar:
• Daur hidup hewan
• Lagu bertangga nada minor

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 5

Halaman 40

Berdasarkan bacaan di atas, temukanlah pikiran utama dari setiap paragraf beserta informasi yang kamu anggap penting. Tuliskan pikiran utama dan informasi penting tersebut dengan menggunakan peta pikiran. Ingatlah, untuk membuat peta pikiran, kamu sebaiknya menentukan pikiran utama pada setiap cabang dari judul bacaan. Dari setiap cabang pikiran utama, tuliskan informasi-informasi penting. Jika cabang informasi memiliki informasi yang berkaitan dengannya, tambahkanlah cabang lain, lalu tuliskan informasi tersebut. Pada saat membuat peta pikiran, kamu dapat menambahkan gambar untuk memperjelas pikiran utamamu atau informasi yang kamu anggap penting.

Buatlah peta pikiranmu di tempat yang tersedia di bawah ini.

Jawaban Alternatif

peta pikiran daur hidup hewan
peta pikiran daur hidup hewan

Halaman 41

Ayo Berkreasi

Hewan memiliki daur hidup yang berbeda-beda. Kebanyakan serangga mengalami metamorfosis pada daur hidupnya. Hewan lain ada yang mengalami metamorfosis tidak sempurna, dan ada yang tidak mengalami metamorfosis. Bersama dengan kelompokmu, kamu akan membuat diagram daur hidup hewan secara lebih detil dalam bentuk poster. Siapkanlah alat dan bahan seperti kertas karton ukuran A2, pensil, spidol, atau pensil warna. Untuk melakukan kegiatan ini, ikutilah langkah berikut ini.

1. Kamu akan membuat diagram yang memperlihatkan daur hidup tiga jenis hewan yang berbeda pada kertas karton. Ketiga hewan yang kamu pilih hendaknya termasuk dalam golongan hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, metamorfosis tidak sempurna, dan tidak mengalami metamorfosis.

2. Carilah informasi tambahan, misal fakta menarik tentang hewan tersebut dari berbagai sumber.

3. Tentukan tata letak diagram pada kertas sebelum kamu mulai menggambar (lihat contoh).

4. Gambarlah daur hidup hewan pilihanmu dengan memperhatikan urutannya. Gambar sejelas dan sedetil mungkin.

5. Berikan label atau keterangan pada setiap gambarmu.

6. Tuliskan beberapa fakta menarik tentang daur hidup hewan tersebut di bawah diagram daur hidup hewan pilihanmu.

7. Gunakan spidol atau pensil warna untuk memperjelas diagrammu.

8. Presentasikan postermu dengan percaya diri.

9. Kesimpulan apakah yang kamu dapatkan dari kegiatan tersebut?

Jawaban Alternatif :

JUDUL : Daur Hidup Hewan

Daur Hidup Hewan 1 : Katak

daur hidup katak
Gambar 1 : Daur Hidup Katak

Siklus : telur,berudu,beruduh tumbuh kaki,katak muda,katak dewasa

Hal Menarik : yang menarik adalah saat katak sebelum menuju katak muda,hiduonya diair. Dan yg lebih dari katak muda itu hidupnya di dua tempat yaitu darat dan air.

Daur Hidup Hewan 2 : Nyamuk

daur hidup nyamuk
daur hidup nyamuk

Siklus : telur, larva, kepompong(pupa), adult.

Hal Menarik : Kebiasaan makan nyamuk cukup unik karena hanya betina dewasa yang menggigit manusia dan hewan lainnya. Nyamuk jantan hanya memakan sari-sari tumbuhan. Beberapa nyamuk betina memilih untuk makan/minum darah hanya pada satu jenis binatang dan beberapa dapat makan pada berbagai hewan. Nyamuk betina minum darah manusia, hewan peliharaan, seperti sapi, kuda, kambing, dll, semua jenis burung termasuk ayam, semua jenis binatang liar, termasuk rusa, kelinci, dan mereka juga meminum darah ular, kadal, katak, dan lain-lain.

Daur Hidup Hewan 3 : Kupu Kupu

daur hidup kupu kupu
daur hidup kupu kupu

Siklus : telur, ulat pupa(kepompong), Kupu Kupu Dewasa.

Hal Menarik : sayap kupu kupu itu transparan loh. Karena disetiap lapisan sayapnya berbeda tingkat kecerahannya maka sayap kupu kupu yang kita lihat beraneka ragam warna. Kupu kupu termasuk hewan yang kuat, dia bisa menempuh ribuan kilometer untuk menemukan tempat yang hangat di musim yang dingin dan kembali kalau masuk musim semi tiba.

Halaman 42

Ayo Menulis

Mengenal daur hidup hewan akan membantumu mengetahui tahapan tumbuh kembang hewan tersebut. Dengan demikian, kamu juga akan mengetahui kebutuhan hewan terhadap saling kebergantungan dengan komponen lain di dalam ekosistem. Dengan informasi yang telah kamu dapatkan dan presentasi dari kelompok lain, kamu akan menuliskan secara lebih mendalam tentang daur hidup hewan. Pilihlah salah satu hewan yang paling kamu suka, terutama hewan yang mengalami metamorfosis. Buatlah sebuah tulisan tentang hewan tersebut paling sedikit dalam tiga paragraf. Gunakanlah diagram di atas untuk membantumu menjelaskan daur hidup hewan tersebut secara runtut. Jangan lupa, jelaskan juga beberapa informasi menarik tentang hewan dan daur hidupnya.

Jawaban Alternatif :

Contoh : Siklus Hidup Hewan Kupu Kupu

daur hidup kupu kupu
daur hidup kupu kupu

Proses siklus hidup kupu-kupu dimulai dari fase telur. Setelah menetas, telur akan menjadi ulat atau larva. Setelahnya, ulat akan berubah menjadi kepompong. Masa ini berlangsung selama berhari-hari. Jika sudah sempurna, kupu-kupu akan keluar dari kepompong.

Kupu-kupu ini lah yang kita kenal sebagai kupu-kupu pada umumnya. Kupu-kupu akan berkembang biak dengan cara bertelur. Dari telur tersebut, maka proses metamoforsis kupu-kupu kembali dimulai lagi.

Kupu-kupu akan mencari makan layaknya hewan lain. Makanan favorit kupu-kupu adalah sari atau nektar yang terdapat pada bunga. Interaksi kupu-kupu dan bunga juga menjadi salah satu contoh simbiosis mutualisme. Kupu-kupu akan berkembangbiak dengan cara bertelur. Telur ini kemudian menjadi tahap awal pada proses metamorfosis dari awal lagi.

Halaman 46

Ayo Berlatih

1. Carilah perbedaan dan persamaan antara daur hidup hewan yang mengalami metamorfosis dan tidak mengalami metamorfosis.

2. Jelaskan dan gambarkan daur hidup salah satu dari hewan berikut.

siklus hidup katak kucing dan keong
siklus hidup katak kucing dan keong

Jawaban Alternatif :

1. Hewan yang mengalami metamorfosis, bentuk tubuh saat muda sampai dewasa berbeda. Adapun hewan yang tidak mengalami metamorfosis tidak terjadi perubahan bentuk. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis adalah katak, kodok, salamander, serangga. Contoh hewan yanh todak mengalami metamorfosis adalah reptil, mamalia, aves.

Wawasan :

Metamorfosis merupakan tahapan perkembangan hewan yang melibatkan perubahan fisik/bentuk tubuh mulai dari fase telur, menetas, dan sampai menjadi individu dewasa. Perubahan bentuk yang terjadi terdiri dari perubahan anatomi, morfologi, maupun fisiologis.

Karaktaristik metamorfosis sempurna yaitu hewan yang mengalami keempat fase tersebut, lebih spesifiknya mengalami fase pupa atau kepompong. Tahap metamorfosis sempurna (holometabola) adalah telur-larva-pupa-imago. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah semut, lebah, katak, kupu-kupu, nyamuk, lalat maupun kumbang. Adapun pada metamorfosis tidak sempurna, hewan tidak mengalami fase pupa atau kepompong. Tahap metamorfosis tidak sempurna (hemimetabola) adalah telur-nimfa-imago. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah jangkrik, capung, kecoak, belalang, kepik maupun rayap/laron.

2. daur hidup siput

siklus hidup siput
siklus hidup siput

Daur hidup siput, yaitu siput dewasa akan mengeluarkan telurnya, kemudian telur akan menetas dalam waktu beberapa hari menjadi anak siput, kemudian siput akan berkembang menjadi siput dewasa.

Penjelasan:

Ciri – ciri Siput

  • Siput termasuk hewan golongan Mollusca,yaitu hewan yang memiliki cangkang dan bertubuh lunak.
  • Pada tubuh siput terdapat lendir yang berfungsi untuk menjaga kelembaban tubuhnya.
  • Siput bergerak dengan lambat, dengan menggunakan otot perutnya untuk berjalan.
  • Cara berkembang biak siput adalah dengan cara bertelur.
  • Siput termasuk hewan yang tidak memiliki tulang belakang.
  • Siput memiliki sepasang mata dengan ukuran yang sangat kecil.
  • Habitat siput berada di lingkungan yang lembab atau basah.
  • Pada umumnya kebanyakan siput adalah herbivora (disesuaikan dengan jenisnya masing-masing)
  • Cara siput melindungi diri dari ancaman adalah dengan cara masuk ke cangkang nya.
  • Siput sangat bergantung pada adanya air dan lingkungan yang lembab, Jika lingkungannya kering maka kemungkinan besar yang akan terjadi adalah, hidup siput tidak akan berlangsung lama.
  • Cara siput mempertahankan kelembaban pada tubuhnya adalah dengan cara melakukan hibernasi atau tidur dengan jangka waktu yang lama.
  • Pada umumnya siput memiliki sifat nokturnaal, yaitu hewan yang aktif di malam hari.
  • Siput sangat peka terhadap sentuhan
  • Siput memiliki sepasang tentakel pada bagian kepalanya, yang berfungsi sebagai indera penglihatan dan juga indera peraba.

Kerjasama Dengan Orangtua

Apakah kamu memiliki hewan piaraan di rumah? Atau, adakah hewan yang ingin kamu piara di rumahmu? Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang hewan tersebut, termasuk daur hidup dan fakta menarik, dengan bantuan orang tuamu. Kumpulkan semua informasi tersebut dan tuliskan di atas kertas ukuran A4.

Jawaban Alternatif :

Kucing

kucing
kucing
daur hidup kucing
daur hidup kucing

Fakta Menarik :

Kucing termasuk hewan yang daur hidupnya tidak mengalami metamorfosis. Kucing berkembang biak dengan cara beranak. Kucing dewasa mengalami masa mengandung selama tiga bulan, kemudian lahirlah anak kucing. Anak kucing umumnya memiliki rambut yang sama dengan induknya. Namun ada juga anak kucing yang memiliki rambut berbeda dengan induknya. Sejak lahir sampai dewasa, tubuh kucing tidak berubah bentuknya hanya mengalami pertumbuhan dan gerakannya yang semakin lincah. Selain kucing, masih banyak hewan yang tidak mengalami metamorfosis diantaranya kadal, kanguru, burung, ikan dan lain-lain.

Demikian kunci jawaban yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat untuk pembaca, siswa maupun guru. jangan lupa nantikan kunci jawaban tematik kelas 5 Tema 2 lainya Disini dengan berlangganan di itseenews terimakasih.

Artikel terkait paling populer :

kunci jawaban kelas 5 tema 5
kunci jawaban kelas 5 tema 5 halaman 40
kunci jawaban kelas 5 tema 5 halaman 41
kunci jawaban kelas 5 tema 5 halaman 42
kunci jawaban kelas 5 tema 5 halaman 46
kunci jawaban kelas 5 tema 5 tema 5
kunci jawaban kelas 5 tema 5 subtema 1
kunci jawaban kelas 5 tema 5 pembelajaran 5

rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *