rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 4

5 min read

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 4

itseenews.comKunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 30, halaman 32, halaman 34, halaman 36. kunci jawaban kali ini kita akan memasuki  Pembelajaran 4, kunci jawaban ini dibuat untuk mempermudah dan membantu peserta didik, siswa ataupun guru dalam mengisi tematik pada buku siswa kurikulum 2013.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 4
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 4

Hari ini kita akan belajar:
• Mengenal kondisi geografis Indonesia melalui peta.
• Menggambar peta geografis Indonesia.
• Membuat ringkasan informasi penting.
• Menjelaskan usaha pemimpin dalam mempertahankan kemerdekaan NKRI.

Halaman 30

Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlan kegiatan berikut.

1. Menentukan pokok pikiran dan informasi penting dari bacaan dengan menggunakan tabel di bawah ini.

Jawaban Alternatif :

ParagrafPikiran UtamaInformasi Penting
1.Indonesia memiliki kondisi geografis yang unik di antara negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara.Negara kepulauan merupakan salah satu ciri dari negara maritim. Negara maritim adalah negara yang memiliki luas laut lebih besar dibandingkan dengan luas daratan yang terdiri atas pulau-pulau.
2.Selain sebagai negara kepulauan dan maritim, berdasarkan kondisi geografisnya, Indonesia juga merupakan negara agraris.Negara agraris adalah negara yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani yang mengolah lahan pertanian.
3.Keberadaan negara Indonesia sebagai negara tropis juga sangat menguntungkan.Adanya dua musim, yaitu musim kering atau musim kemarau dan musim basah atau musim hujan membantu para petani dan nelayan Indonesia untuk bekerja. Kekayaan laut dan pertanian merupakan sumber daya andalan Indonesia.

2. Membuat ringkasan berdasarkan bacaan

Dengan menggunakan tabel yang berisi pokok pikiran dan informasi penting di atas, buatlah sebuah ringkasan. Tuliskanlah ringkasanmu dalam satu paragraf dengan menggunakan kalimatmu sendiri. Perhatikan tanda baca, penggunaan huruf kapital yang tepat, dan penggunaan kata-kata baku dalam kalimat bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Halaman 32

Perhatikanlah nama berbagai kenampakan alam yang ada, seperti nama gunung, selat, atau laut yang berada di wilayah tersebut. Dengan menggunakan warna yang berbeda, seperti pada peta asli, kamu dapat membedakan tingkat ketinggian daratan dan kedalaman lautan. Dari data tersebut, kamu dapat mengetahui daerah mana yang lebih rendah atau lebih tinggi dibandingkan dengan daerah lainnya.

Daerah dengan dataran tinggi seperti pegunungan biasanya penduduknya bertani sayuran. Daerah yang lebih rendah, biasanya penduduknya bertani padi dengan mengolah sawah. Bagaimana dengan daerah yang berada dekat laut? Gunakan gambar peta yang telah diwarnai untuk menunjukkan dan menjelaskan informasi tentang kemungkinan kegiatan penduduk di daerah yang memiliki perbedaan kenampakan alam. Lalu, tuliskanlah kesimpulanmu pada tempat yang telah disediakan.

Jawaban Alternatif :

Daerah yang berada dekat laut, biasanya penduduknya berlayar dan bertani ikan dan garam.

Halaman 34

Dengan menggunakan informasi dari bacaan di atas dan dari sumber lainnya, jawablah pertanyaan berikut ini.

1. Mengapa tanggal 20 Mei yang merupakan tanggal berdirinya organisasi Budi Utomo, diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional?

Jawaban Alternatif :

Karena organisasi Budi Utomo merupakan langkah awal rakyat Indonesia mengalami kebangkitan nasional yang ditandai dengan bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme, serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, yang sebelumnya belum pernah muncul selama penjajahan berkuasa di negri ini. Berdirinya Budi Utomo ini merupakan pelopor bagi berdirinya organisasi lainnya, maka dari itu, setiap tanggal 20 Mei yang merupakan tanggal berdirinya Budi Utomo kita selalu memperingati hari Kebangkitan Nasional.

2. Bagaimana peran dr. Wahidin Soedirohusodo terhadap berdirinya organisasi Budi Utomo?

Jawaban Alternatif :

Walaupun bukan pendiri Budi Utomo, namun dr. wahidin soedirohusodo berperan aktif dalam memberikan inspirasi Sutomo dan kawan-kawannya untuk mendirikan organisasi budi utomo.

3. Apa saja yang mengancam persatuan dan kesatuan NKRI pada waktu dulu dan sekarang? Jelaskan!

Jawaban Alternatif :

Kalau dulu : para penjajah yg mengadu domba masyrakat sehingga timbul perselisihan,konflik,dan pertikaian.
kalau sekarang: 1.Narkoba yg merusak generasi penerus bangsa. 2. teroris. 3. ISIS

4. Apa saja usaha yang telah dilakukan untuk mengatasi ancaman terhadap keutuhan NKRI pada waktu dulu dan sekarang?

Jawaban Alternatif :

Ada banyak usaha yang telah dilakukan demi untuk mengatasi ancaman terhadap keutuhan NKRI di waktu dulu hingga masa yang sekarang. Usaha-usaha tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Melawan tentara sekutu yang ingin kembali menguasai Indonesia setelah proklamasi
  • Melarang ideologi yang bertentang dengan pancasila seperti Komunisme
  • Membubarkan organisasi yang berpotensi merusak keutuhan NKRI
  • Menumpas gerakan separatisme juga terorisme
  • Memperkuat persenjataan
  • Memperkuat rasa persatuan dan kesatuan masyarakat dengan mengajarkan ideologi pancasila pada setiap jenjang pendidikan.

Halaman 36

Ayo Berlatih

1. Mengapa Indonesia disebut sebagai negara kepulauan sekaligus negara maritim?

Jawaban Alternatif :

Yang menjadikan negara Indonesia disebut sebagai negara kepulauan sekaligus negara maritim adalah karena Indonesia memiliki banyak pulau dan jumlah wilayah peraian atau lautnya lebih luas dibanding daratannya.

Indonesia merupakan nama negara kepulauan di Asia Tenggara yang terletak diantara dua benua Asia dan benua Australia. Indonesia juga disebut sebagai negara maritim.

  1. Indonesia disebut sebagai negara kepulauan karena negara Indonesia memiliki wilayah yang terdiri dari banyak pulau. Pulau di Indonesia sendiri mencapai 17.000an dan 16.056 pulau sudah dibakukan namanya di PBB hingga juli 2017.
  2. Indonesia merupakan negara maritim. Maritim merupakan suatu hal yang berkenaan dengan laut, berhubungan dengan pelayaran dan perdagangan di laut. Jika dilihat dari wilayahnya Indonesia mempunyai besar wilayah perairan yang lebih besar dibandingkan dengan wilayah daratan.

2. Informasi apa sajakah yang dapat diperoleh dari sebuah peta geografis?

Jawaban Alternatif :

Informasi yang dapat diperoleh dari sebuah peta geografis yaitu :

  1. Luas suatu wilayah dilengkapi dengan nama wilayahnya
  2. Batas adiministrasi suatu wilayah
  3. Kenampakan alam atau kondisi alam suatu wilayah
  4. Persebaran sumber daya alam yang ada di suatu wilayah
  5. Persebaran kegiatan ekonomi atau budaya

wawasan :

Peta geografis adalah peta yang menggambarkan kondisi geografis suatu wilayah dan berbagai sumber daya yang ada di dalamnya. Biasanya peta geografis digunakan untuk mengetahui titik tertentu yang memiliki sumber daya potensial sehingga bisa dimaksimalkan. Contoh di Sumatera Selatan terkenal dengan banyaknya sumber daya batu bara maka peta geografis memberikan gambaran bahwa di Sumatera Selatan memiliki sumber daya batu bara yang bisa diolah dan dioptimalkan.

Peta geografis juga memuat kondisi alam suatu wilayah yang bisa memberikan kita informasi bahwa wilayah tersebut dataran rendah atau tinggi. Contoh di Dieng,Wonosobo merupakan dataran tinggi maka di peta berwarna merah yang menandakan kondisi geografinya merupakan dataran tinggi.

Peta geografis penting bagi kita khususnya untuk mengetahui suatu wilayah tanpa harus ke wilayah tersebut. Peta geografis juga memberikan edukasi bagi kita bahwa setiap wilayah memiliki keunikan dan keanekaragaman yang berbeda –  beda yang nantinya bisa dioptimalkan dan dapat bermanfaa bagi kehidupan manusia.

3. Apa sajakah manfaat persatuan dan kesatuan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia?

Jawaban Alternatif :

1. terwujudnya kehidupan yang serasi,selaras dan seimbang antar sesama

2. pergaulan antar sesama akan lebih rukun dan akrab

3. terwujudnya sikap saling mencintai dan saling membantu

4. dapat mengatasi semua perbedaan yang ada dengan penuh kesadaran

5. pembanguna nasional akan berjalan lebih baik dan lancar

6. pelaksanaan gotong royong akan dapat berjalan lancar dan baik.

4. Berikan contoh ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa yang datang dari dalam masyarakat Indonesia sendiri.

Jawaban Alternatif :

  • Tidak ada lagi rasa persatuan diantara masyarakat.
  • masyarakat lebih mementingkan kebutuhan atau kepentingan nya sendiri daripada kepentingan bersama.
  • masyarakat yang mudah di adu domba.
  • masyarakat yang sering memperdebatkan hal-hal kecil hingga menjadi suatu keributan yang dampak nya sangat besar.

5. Usaha apa sajakah yang menurutmu perlu dilakukan untuk mengatasi ancaman terhadap persatuan dann kesatuan bangsa yang datang dari dalam masyarakat Indonesia sendiri?

Jawaban Alternatif :

Usaha apa sajakah yang menurutmu perlu dilakukan untuk mengatasi ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa yang datang dari dalam masyarakat Indonesia sendiri adalah dengan memperbaiki pola pikir dari masyarakat Indonesia supaya selalu mengutamakan kepentingan masyarakat umum dibandingkan dengan kepentingan pribadi atau kelompok. Contoh : bersikap toleran terhadap sesama walaupun berbeda agama, suku, kelompok, dan lainnya.

Ayo Renungkan

Bayangkan dirimu berada di dalam Kongres Sumpah Pemuda 1928. Menurutmu, semangat dan sikap apa sajakah yang mungkin terlihat dan kamu rasakan dari para pemuda Indonesia?

Jawaban Alternatif :

Sikap yang terlihat dari pada pemuda yang hadir pada saat itu.. pertama penuh semangat, haru, Marahh, Berani

Kerjasama Dengan Orangtua

Mintalah orang tuamu menceritakan kegiatan peringatan Sumpah Pemuda yang pernah dilakukan di masa mereka bersekolah. Mintalah orang tuamu menjelaskan tujuan kegiatan tersebut dan peristiwa yang paling menarik pada saat itu. Buatlah ringkasan singkat dari cerita orang tuamu untuk kamu ceritakan di kelas esok harinya.

Jawaban Alternatif :

Contoh cerita orangtua tentang peringatan Sumpah Pemuda adalah sebagai berikut;

Kala itu, ayah mengikuti kegiatan peringatan Sumpah Pemuda dalam bentuk pawai budaya. Ayah dan teman-teman mengenakan busana adat dari berbagai suku di Indonesia. Tujuan kegiatan ini adalah agar kami menghargai perbedaan yang ada kemudian menjadikannya sebagai aset bersama utnuk mencapai persatuan. Hal yang menarik pada saat itu adalah ketika ayah pertama kali dalam hidup mengenakan busana adat.

Demikian kunci jawaban yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat untuk pembaca, siswa maupun guru. jangan lupa nantikan kunci jawaban tematik kelas 5 Tema 2 Disini dan berlangganan di itseenews terimakasih.

Artikel terkait paling populer :

kunci jawaban kelas 5 tema 5
kunci jawaban kelas 5 tema 5 halaman 30
kunci jawaban kelas 5 tema 5 halaman 32
kunci jawaban kelas 5 tema 5 halaman 34
kunci jawaban kelas 5 tema 5 halaman 36
kunci jawaban kelas 5 tema 5 tema 5
kunci jawaban kelas 5 tema 5 subtema 1
kunci jawaban kelas 5 tema 5 pembelajaran 4

rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *