rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 3

6 min read

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 3

itseenews.com – Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 21, halaman 22, halaman 26, halaman 27. kunci jawaban kali ini kita akan memasuki  Pembelajaran 3, kunci jawaban ini dibuat untuk mempermudah dan membantu peserta didik, siswa ataupun guru dalam mengisi tematik pada buku siswa kurikulum 2013.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 3
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 3

Hari ini kita akan belajar:
• Mengenal letak dan luas Indonesia melalui peta.
• Menggambar peta.
• Membuat ringkasan informasi penting.
• Menjelaskan peristiwa Sumpah Pemuda.

Halaman 21

Berdasarkan bacaan tersebut, lakukanlan kegiatan berikut.

1. Menentukan pokok pikiran dan informasi penting dari bacaan dengan menggunakan tabel di bawah ini.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 3
halaman 21

Jawaban Alternatif :

ParagrafPikiran UtamaInformasi Penting
1.Letak geografis merupakan letak suatu
daerah atau negara dilihat dari kenyataan
di permukaan bumi.
Letak geografis sebuah daerah atau
negara dibatasi oleh letak geografis
daerah atau negara lain yang berbatasan.
2.Indonesia terletak di antara dua benua,
yaitu Benua Asia dan Benua Australia.
– Indonesia terletak di antara dua samudra,
yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.
– Indonesia berbatasan langsung dengan
beberapa negara seperti Malaysia, Singapura,
Filipina, Vietnam, Papua Nugini, dan Australia.
3.Negara Indonesia merupakan negara kepulauanTerdapat lebih dari 17.000 pulau berukuran
besar dan kecil berada di wilayah Indonesia.
4.Wilayah negara Indonesia membentang
dari Sabang di barat hingga Merauke
Luas daratan Indonesia adalah 1.922.570 km2.
Luas perairan Indonesia adalah 3.257.483 km2.

2. Perhatikan kembali gambar peta pada halaman 20.
a. Tuliskanlah nama negara-negara yang berbatasan wilayah daratannya dengan Indonesia.

Jawaban Alternatif :

Indonesia berbatasan langsung dengan beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Papua Nugini, dan Australia.

b. Tuliskan nama perairan yang mengelilingi wilayah negara Indonesia.

Jawaban Alternatif :

Perairan yang mengelilingi wilayah negara Indonesia adalah Samudra Pasifik, Samudra Hindia, dan Laut Cina Selatan.

c. Berilah tanda silang (X) pada pulau-pulau besar di wilayah negara Indonesia yang disebutkan di dalam bacaan.

d. Lingkarilah pulau-pulau kecil yang ada di wilayah negara Indonesia seperti yang disebutkan di dalam bacaan.

Jawaban Alternatif :

Lingkarilah pulau-pulau kecil yang ada di wilayah negara Indonesia
Lingkarilah pulau-pulau kecil yang ada di wilayah negara Indonesia

e. Apakah yang dapat kamu simpulkan dari letak geografis Indonesia?

Jawaban Alternatif :

Letak geografis merupakan letak suatu daerah atau negara dilihat dari kenyataan di permukaan bumi.

Indonesia terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Halaman 26

Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini.

A. Menjawab pertanyaan:

1. Bagaimana pengaruh organisasi Budi Utomo terhadap peristiwa Sumpah Pemuda 1928?

Jawaban Alternatif :

Budi Utomo menjadi awal pergerakan nasional sebagai organisasi modern pertama di indonesia. Namun prioritas Budi Utomo yang bersifat sosial, ekonomi, dan kebudayaan tetapi tidak bersifat politik membuat para pemuda kecewa.

Mereka yang ingin memperjuangkan kemerdekaan Indonesia kemudian membentuk organisasi lain. Berbagai organisasi ini kemudian menyatukan perjuangan mereka dalam Sumpah Pemuda pada tahun 1928.

Wawasan :

Budi Utomo adalah sebuah organisasi pemuda yang didirikan oleh Dr. Soetomo dan para mahasiswa STOVIA pada 20 Mei 1908. Organisasi ini merupakan salah satu organisasi modern pertama di Indoensia, yang saat itu dijajah Belanda.

Pendirian Budi Utomo ini adalah bagian awal dari kebangkitan nasional. Pada masa ini, mulai muncul organisasi modern dan lembaga-lembaga pendidikan yang mengadopsi pemikiran modern dari bangsa Barat. Perkembangan organisasi modern ini dipengaruhi oleh munculnya kalangan berpendidikan modern dari Indonesia akibat politik etis, dan pengaruh luar seperti kemenangan Jepang atas Russia pada perang tahun 1905 yang memberikan rasa percaya diri bagi bangsa-bangsa Asia.

Organisasi selain Budi Utomo yang tumbuh pada masa ini misalnya adalah Sarekat Islam (1911), Muhammadiyah (1912), Jong Minahasa (1919) dan Nahdlatul Ulama (1926).

Organisasi-organisasi pergerakan kebangsaan yang awal berdiri ini masih berorientasi kepada pergerakan dalam golongannya sendiri-sendiri. Misalnya, Budi Utomo bergerak di bidang kesejahteraan dan kerjasama kaum priyayi (bangsawan), sementara Sarekat Islam, Muhammadiyah, dan Nahdlatul Ulama bergerak dibidang sosial kemasyarakatan di antara umat Islam.

Organisasi ini juga sebelum tahun 1928 belum bisa menghasilkan hasil yang nyata dalam perjuangan mendapatkan kemerdekaan dari Belanda.

Karena itu, terlaksananya Kongres Pemuda pada tahun 1928 yang menghasilkan Sumpah Pemuda, adalah tonggak penting dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia. Sumpah Pemuda mengarahkan organisasi-organisasi yang sebelumnya memiliki tujuan sendiri-sendiri ini sehingga menjadi memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

2. Mengapa Belanda membatasi kegiatan berorganisasi masyarakat pada saat itu?

Jawaban Alternatif :

Berorganisasi merupakan suatu kegiatan untuk mencapai cita-cita bersama. Oleh karenanya, diperlukan suatu upaya bersama pula yang dapat menopang cita-cita tersebut agar lekas terwujud. Salah satunya dengan cara menggalang kekuatan bersama antar individu.

Pada masa kolonialisme, hal tersebut tentu menjadi suatu ancaman. Sebab, dapat mengikis kekuasaan yang dimiliki oleh pihak kolonial Belanda.

3. Bagaimana pengaruh peristiwa Sumpah Pemuda terhadap kehidupan masyarakat saat ini?

Jawaban Alternatif :

Pengaruhnya adalah dapat menumbuhkan (menimbulkan) semangat di antara kita (bisa dalam semangat Persatuan, dalam kekeluargaan, dan lainnya), terjadinya kerukunan di lingkungan masyarakat (sehingga masyarakat dapat hidup dgn aman dan tentram), dan lainnya.

4. Bagaimana persatuan dan kesatuan bangsa berperan dalam usaha untuk membebaskan diri dari penjajahan?

Jawaban Alternatif :

Persatuan dan kesatuan bangsa berperan dalam usaha untuk membebaskan diri dari penjajahan sangat penting, dan berperan besar. pada masa perjuangan kemerdekaan, para tokoh pejuang dari berbagai suku bangsa, budaya dan agama saling bekerjasama untuk mewujudkan kemerdekaandan menjaga kemerdekaan tersebut.

Contohnya adalah kerjasama tokoh pejuang dalam diplomasi untuk mendapatkan pengakuan kedaulatan Indonesia.

Wawasan :

Perjuangan kemerdekaan memiliki titik perjuangan penting dalam Sumpah Pemuda pada tahun 1928. Hasil dari Kongres Pemuda ini menyatukan organisasi pemuda Indonesia yang berbeda-beda menjadi satu tujuan. persatuan ini sangat penting karena menjadi penggerak perjuangan kemerdekaan.

Persatuan dan kesatuan bangsa juga terlihat dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan setelah proklamasi, misalnya dalam perjuangan diplomasi dimana para diplomat yang beragam latarbelakangnya sama-sama bekerja untuk pengakuan kedaulatan Indonesia.

Para pejuang di bidang diplomasi ini memperjuangkan pengakuan kedaulatan Indonesia oleh negara lain, menjalin hubungan kerjasama dan mendapatkan bantuan diplomatik untuk menekan Belanda agar menghentikan agresi militer mereka.

Contoh dari para pejuang di bidang diplomasi ini misalnya adalah LN Palar, Agus Salim dan AA Maramis.

Lambertus Nicodemus Palar (1900-1981) adalah Perwakilan Indonesia pertama untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1947. Dia juga menjabat duta besar di India, Jerman Timur, Uni Soviet, Kanada, dan Amerika Serikat. Perannya sangat penting dalam melobi PBB untuk mengakui kedaulatan Indonesia.

Agus Salim (1884-1954) adalah diplomat dan politisi dari Partai Sarikat Islam. Agus Salim berjasa mendapatkan pengakuan kedaulatan dsri negara-negara Arab seperti Mesir, Irak dan Lebanon, setelah memimpin delegasi ke negara-negara tesebut pada tahun 1947.

Alexander Andries Maramis (1887-1977) adalah mantan menteri keuangan sekaligus diplomat. Dia berperan melakukan misi diplomasi ke India untuk mendapatkan pengakuan kedaulatan dari negara ini.

Meski ketiganya adalah berasal dari latar belakang berbeda, ketiganya bersatu untuk berjuang demi kemerdekaan Indonesia, sehingga Indonesia dapat diakui sebagai negara yang berdaulat.

B. Membuat poster tentang manfaat nilai persatuan dan kesatuan:

Bersama dengan seorang temanmu, buatlah sebuah poster sederhana yang berisi ajakan kepada siswa lain untuk bersatu berdasarkan peristiwa Sumpah Pemuda. Gunakanlah sebuah kertas gambar A4 untuk menggambarkannya.

Jawaban Alternatif :

Jawaban Alternatif :
Jawaban Alternatif :

Ayo Berlatih

1. Apakah yang dimaksud dengan letak geografis?

Jawaban Alternatif :

Letak Geografis adalah letak suatu wilayah atau negara sesuai dengan kenyataannya di permukaan bumi dan didasarkan pada keadaan alam di sekitarnya.

2. Komponen apa sajakah yang ada pada sebuah peta?

Jawaban Alternatif :

Komponen yang ada pada sebuah peta adalah ada 11 macam, yaitu judul, skala, garis tepi, orientasi, garis astronomis, lettering, warna, simbol, legenda, sumber dan tahun pembuatan, dan inset.

Wawasan :

Komponen itu sendiri ada 11 macam yaitu :

  1. Judul, yaitu bagian yang paling penting karena menginformasikan isi yang ada dalam sebuah peta. Biasanya diletakkan di atas tengah atau samping di atas informasi yang lain.
  2. Skala, yaitu perbandingan dari jarak di peta dengan jarak yang sebenarnya. Skala bisa berisi skala angka atau skala garis. Harus ditampilkan dalam peta karena agar bisa mengetahui informasi jarak dan luas lahan
  3. Garis Tepi, yaitu garis yang berada di pinggir peta dan terdiri dari dua jenis yaitu garis tipis dan tebal. Garis ini berfungsi untuk menjaga keindahan dan sebagai ujung dari garis astronomi yang ada di peta.
  4. Orientasi, yaitu arah mata angin. Untuk menginformasikan mengenai arah dari suatu penampakan di peta. Biasanya arah utara menunjuk ke atas dari peta.
  5. Garis astronomis, yaitu garis khayal yang menginformasikan tentang posisi letak lintang dan bujur dari sebuah peta. Hal ini penting agar tahu posisi terhadap permukaan bumi.
  6. Lettering, yaitu tata cara penulisan. Penulisan informasi pada peta harus sama diantara peta yang ada di dunia. Hal ini untuk memudahkan pembaca melihat dan menganalisis peta.
  7. Warna, yaitu pemberian warna terhadap penampakan yang ada di permukaan bumi. Pemberian warna ini juga ada standar baku internasional. Hal ini juga bertujuan untuk memudahkan dalam pembacaan terhadap penampakan dalam peta.
  8. Simbol, yaitu sebuah tanda yang ada di dalam peta untuk memudahkan pembacaan dalam peta. Selain itu pemberian simbol juga agar peta nyaman untuk dibaca.
  9. Legenda, yaitu keterangan untuk menjelaskan simbol yang sudah ada di dalam peta. Hal ini juga berguna dalam kemudahan membaca peta.
  10. Sumber dan tahun pembuatan, yaitu merupakan informasi tentang dari mana saja sumber dari pembuatan peta dan juga tahun berapa diproduksi. Hal ini menjadi penting karena agar ketika terjadi perubahan bisa lebih mudah untuk melihat perkembangannya.
  11. Inset, yaitu sebuah peta kecil yang diletakkan di dalam peta besar yang bertujuan untuk menginformasikan mengenai bagian wilayah yang tidak masuk ke dalam peta.

3. Wilayah Indonesia berada pada posisi yang sangat strategis. Jelaskanlah makna kalimat tersebut.

Jawaban Alternatif :

Maksud dari pernyataan wilayah Indonesia berada pada posisi yang sangat strategis adalah letak geografis indonesia. Hal ini karena Indonesia terletak di posisi silang di antara Benua Asia dan Australia, membuat Indonesia dilalui oleh lintasan internasional baik laut dan udara. Indonesia berpotensi sebagai negara dengan ekonomi besar, jalur tersebut menjadi jalur perdagangan antara negara-negara di dunia dan Indonesia banyak menjalin kerja sama dengan negara-negara tetangga, baik bekerja sama di bidang ekonomi, sosial dan masih banyak lagi.

4. Bagaimana peristiwa Sumpah Pemuda bisa meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa?

Jawaban Alternatif :

Hal yang membuat kongres pemuda bisa meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa adalah semangat para pemuda Indonesia yang berkumpul dengan rasa persatuan tanpa adanya unsur membeda-bedakan suku, agama, dan ras sehingga mereka bisa membentuk sumpah pemuda sebagai bentuk dari persatuan dan kesatuan.

Ayo Renungkan

Nilai-nilai apa sajakah yang dapat kamu ambil dari Peristiwa Sumpah Pemuda?

Jawaban Alternatif :

1.cinta bangsa Dan tanah air
2.persatuan
3.sikap rela berkorban
4.mengutamakan kepentingan bangsa
5.Dapat menerima Dan menghargai perbedaan
6.semangat persaudaraan
7.meningkatkan semangat gotong royong Dan kerja sama.

Menurutmu, apa saja yang perlu dilakukan oleh bangsa Indonesia yang tinggal di wilayah yang berbatasan dengan beberapa Negara lainnya?

Jawaban Alternatif :

Melakukan pencegahan yang maksimal untuk mencegah masuknya barang-barang yang terlarang ke negara Indonesia melalui jalur laut.

Halaman 27

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama orang tuamu, carilah gambar pada majalah atau surat kabar yang menggambarkan pentingnya nilai persatuan dan kesatuan di dalam masyarakat. Tempelkan gambar tersebut pada sebuah kertas A4. Tuliskanlah pendapatmu terhadap isi gambar. Lalu, tuliskan makna gambar sesuai dengan nilai persatuan dan kesatuan bangsa.

Jawaban Alternatif :

pentingnya nilai persatuan dan kesatuan
pentingnya nilai persatuan dan kesatuan

Demikian kunci jawaban yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat untuk pembaca, siswa maupun guru. jangan lupa nantikan kunci jawaban tematik kelas 5 Tema 5 lainya Disini dengan berlangganan di itseenews terimakasih.

Artikel terkait paling populer :

kunci jawaban kelas 5 tema 5
kunci jawaban kelas 5 tema 5 halaman 21
kunci jawaban kelas 5 tema 5 halaman 22
kunci jawaban kelas 5 tema 5 halaman 26
kunci jawaban kelas 5 tema 5 halaman 27
kunci jawaban kelas 5 tema 5 tema 5
kunci jawaban kelas 5 tema 5 subtema 1
kunci jawaban kelas 5 tema 5 pembelajaran 3

rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *