Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 5

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 42, 44,

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 5

hallo adik adik kali ini itseenews.com akan bagikan Pembelajaran 5 yaitu kelanjutan dari artikel sebelumnya pembelajaran 4. pembelajaran 5 ini kita akan membahas tentang sistem pernapasan dan lagu gugur bunga .

Nah, Buat Adik adik yang ingin tau bagaimana isi kelanjutanya bisa langsung simak dibawah ya. kunci jawaban ini dibuat untuk mempermudah peserta didik tingkat sekolah SD kelas 5 . adik adik bisa menjadikan kunci jawaban ini sebagai panduan dan menjabarkan sendiri isi dari kunci jawaban ini.

Jawaban Halaman 42

Ayo Mencoba

Bernapas Membutuhkan Kekuatan Otot

Kunci Jawaban kelas 5 tema 2 subtema 1 pembelajaran 5
Gerakan otot diafragma saat bernapas

Bernapas adalah kegiatan menghirup oksigen ke dalam tubuh dan membuang karbon dioksida dari dalam tubuh. Kegiatan bernapas membutuhkan kekuatan otot. Otot pernapasan utama adalah diafragma. Diafragma terdapat di dalam tubuh di bagian bawah rongga dada. Diafragma berbentuk seperti kubah.

Saat kita menghirup udara, diafragma akan berkontraksi menjadi lebih datar. Saat itu paru-paru membesar untuk dapat menampung udara yang kita hirup. Saat kita menghirup udara, otot-otot tulang rusuk mengangkat tulang rusuk kita sehingga paru-paru membesar.

Sebaliknya, saat membuang napas, otot diafragma akan relaksasi dan otot tulang rusuk mengendur. Paru-paru mengkerut lagi ke ukurannya yang lebih kecil dan mengembuskan udara pengap berisi karbon dioksida.

Ayo Mencoba

Dari bacaan “Bernapas Membutuhkan Kekuatan” di atas, buatlah bagan yang menunjukkan cara kerja diafragma saat kita bernapas.

Jawab : Cara kerja diafragma saat kita bernapas:

Saat menghirup udara, diafragma mendatar dan meningkatkan volume paru-paru sehingga udara masuk.
Saat menghembuskan nafas, diafragma melengkung dan menurunkan volume paru-paru sehingga udara terdorong keluar.

Pembahasan:  

Diafragma adalah otot yang berada di bagian antara rongga dada dengan rongga perut yang berperan dalam proses pernafasan. Diafragma digunakan terutama dalam pernafasan perut.  

Mekanisme pernafasan perut adalah sebagai berikut:

1. Fase inspirasi (menghirup udara):

Pada fase ini otot diafragma mengalami kontraksi atau menjadi tegang. Akibatnya, diafragma akan berbentuk datar dan volume bagian rongga dada akan membesar. Tekanan pada udara terjadi di bagian rongga dada sehingga mengecil. Ini membuat udara yang berasal dari luar masuk ke dalam paru-paru.

2. Fase ekspirasi (menghembuskan nafas):

Pada fase ini otot diafragma mengalami relaksasi atau mengendur. Akibatnya, diafragma akan kembali ke bentuk semua (melengkung) dan volume pada rongga dada mengalami pengecilan. Tekanan udara pada rongga dada membesar. Ini membuat udara pada bagian paru – paru kemudian keluar dari bagian tubuh.

Bernapas merupakan kegiatan yang sangat penting. Pernapasan kita dapat dilatih dengan berolahraga. Dengan organ pernapasan yang terlatih baik, kamu dapat mengatur pernapasan dengan lebih baik. Pengaturan pernapasan sangat diperlukan misalnya pada saat kamu menyanyi. Coba, nyanyikan lagu ini.

https://www.youtube.com/watch?v=f8SlELpJCsE
Lagu Gugur Bunga Ciptaan Ismail Marzuki

Pengarang / Pencipta Lagu : Ismail Marzuki

Betapa hatiku takkan pilu
Telah gugur pahlawanku
Betapa hatiku takkan sedih
Hamba ditinggal sendiri

Siapakah kini plipur lara
Nan setia dan perwira
Siapakah kini pahlawan hati
Pembela bangsa sejati

Reff :
Telah gugur pahlawanku
Tunai sudah janji bakti
Gugur satu tumbuh sribu
Tanah air jaya sakti

Gugur bungaku di taman hati
Di hari baan pertiwi
Harum semerbak menambahkan sari
Tanah air jaya sakti

Kunci Jawaban kelas 5 tema 2 subtema 1 pembelajaran 5
lagu gugur bunga

Lagu “Gugur Bunga” termasuk lagu bertangga nada diatonis minor. Tahukah kamu ciri-ciri lagu bertangga nada diatonis minor?

Tangga nada diatonis minor memiliki interval (jarak nada) 1 ½ 1 1 ½ 1

1. Tangga nada diatonis minor ada bermacam-macam. Salah satunya tangga nada diatonis minor harmonis. Tangga nada diatonis minor harmonis adalah tangga nada diatonis minor dengan nada ketujuh dinaikkan setengah. Perhatikan contoh urutan tangga nada diatonis minor harmonis berikut. a b c d e f g a atau 6 7 1 2 3 4 5 6 1 2 1 1 1 2 1 1 1 la si do re mi fa sol la

Ciri-ciri tangga nada diatonis minor sebagai berikut.

1. Lagu bersifat sedih.

2. Lagu kurang bersemangat.

3. Melodi lagu biasanya diawali dan diakhiri nada 6. Namun tidak menutup kemungkinan diawali nada 3 dan diakhiri nada 6.

Siapkan alat musik sederhana, misalnya pianika atau alat musik lain yang ada di daerahmu.

Kunci Jawaban kelas 5 tema 2 subtema 1 pembelajaran 5
pianika

Cobalah mainkan lagu “Gugur Bunga” dengan menggunakan alat musik tersebut

Kunci Jawaban kelas 5 tema 2 subtema 1 pembelajaran 5
Cobalah mainkan lagu “Gugur Bunga” dengan menggunakan alat musik tersebut

Jawaban Halaman 44

Ayo Renungkan

Bagaimana pengaruh otot diafragma terhadap proses pernapasan pada manusia ?

Jawab : Ketika otot diafragma berkontraksi, diafragma akan mendatar sehingga rongga dada membesar, akibatnya udara pernapasan akan masuk ke dalam rongga dada.
Ketika otot diafragma berelaksasi, diafragma akan melengkung ke atas sehingga rongga dada menyempit, akibatnya udara pernapasan akan dikeluarkan dari rongga dada menuju lingkungan.

Kerjasama Dengan Orangtua

Mintalah orang tuamu menceritakan permainan dan lagu masa kecil mereka. Mintalah mereka mengajarimu cara melakukan permainan itu dan menyanyikan lagu masa kecil mereka itu.

Jawab :

Kunci Jawaban kelas 5 tema 2 subtema 1 pembelajaran 5
petak umpet

Nama lain permainan petak umpet yaitu sembunyi-sembunyian. Bahasa inggrisnya disebut Hide and Seek. Permainan ini amat sangat populer dimana-mana. Baik di Indonesia maupun di luar negeri seperti Amerika sekalipun.

Cara bermain petak umpet (Hide and Seek) :

Kumpulkan teman sebanyak-banyaknya.

Semua anak Gambreng, sampai tinggal 2 anak, kemudian 2 anak yg tersisa harus suit sampai 3x, yg kalah jaga gawang.

Yang jaga, tutup matanya, sambil menghitung sampai 10, atau berapapun angka yang ditetapkan.

Teman2 yg tidak berjaga, mencari tempat untuk ngumpet / sembunyi.

Kalau sudah sampai hitungan ke-10, yg jaga langsung nyari teman2nya yg ngumpet, kalau ketemu satu, langsung lari cepat2 balapan dgn temannya itu sampai ke gawang kemudian pegang gawang sambil teriak ‘INGLO’ tandanya satu orang sudah ketemu, tinggal cari yg lainnya.

Kalau ternyata yg duluan sampai gawang adl temannya yg ngumpet, permainan ronde satu langsung selesai, tapi yg jaga gawang dihukum harus jaga lagi pada permainan ronde berikutnya. (dikutip dari id.wikibooks.org, “Permainan/Berkelompok/Petak Umpet”)

Demikian kunci jawaban kelas 5 tema 2 subtema 1 pembelajaran 5, jika ingin tau kunci jawaban lengkap kelas 5 tema 2 bisa cek disini. semoga bemanfaat.

Tinggalkan komentar