rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3

6 min read

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 24, 28, 30, 32.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3

hallo adik adik kali ini itseenews.com akan bagikan Pembelajaran 3 yaitu kelanjutan dari artikel sebelumnya pembelajaran 2. pembelajaran 3 ini kita akan membahas tentang menanam pohon sampai jenis usaha.

Nah, Buat Adik adik yang ingin tau bagaimana isi kelanjutanya bisa langsung simak dibawah ya. kunci jawaban ini dibuat untuk mempermudah peserta didik tingkat sekolah SD kelas 5 . adik adik bisa menjadikan kunci kunci jawaban ini sebagai panduan dan menjabarkan sendiri isi dari kunci jawaban ini.

Jawaban Halaman 24

Ayo Renungkan

Dari bacaan “Hari Menanam Pohon” di atas, lengkapilah peta pikiran berikut.

Jawaban :

Hari Menanam Pohon
Hari Menanam Pohon

Jawaban Halaman 28

Ayo Bercerita

Kamu telah membaca bacaan “Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat”.

Tuliskan pemahamanmu atas bacaan tersebut, lalu bacakan di depan teman-temanmu.

Jawaban :

bacakan Bacakan di depan teman-temanmu
Bacakan di depan teman-temanmu

Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat

Tanggung jawab merupakan sikap terpuji yang hendaknya dimiliki setiap individu. Sikap tanggung jawab mencerminkan nilai karakter setiap individu. Jadi karakter seseorang tecermin dalam sikap tanggung jawabnya, baik terhadap diri sendiri, orang lain, masyarakat, maupun bangsa dan negara. Apa makna tanggung jawab dan apa saja jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat? Samakah tanggung jawab dengan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat? Orang yang bertanggung jawab dapat dikatakan sebagai orang yang berkarakter.

1. Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat

Tanggung jawab melekat pada diri setiap manusia di mana pun ia berada, termasuk dalam masyarakat. Bagaimanakah makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat? Untuk memahami makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat, secara urut perlu kamu pahami pengertian tanggung jawab itu sendiri, pengertian masyarakat, dan baru memahami makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat berikut ini.

A. Pengertian Tanggung Jawab

Tanggung jawab merupakan salah satu nilai karakter bangsa yang
diharapkan tertanam pada setiap individu, terutama peserta didik.

Tanggung jawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksana-kan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, baik terhadap

diri sendiri, keluarga, masyarakat, lingkungan (alam, sosial, dan budaya), negara, maupun Tuhan Yang Maha Esa. Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Setiap individu mempunyai tanggung jawab, karena tanggung jawab bersifat kodrati yaitu menjadi bagian dari kehidupan manusia. Jadi, setiap individu mempunyai tanggung jawab. Tanggung Jawab setiap individu meliputi berbagai jenis sebagai berikut.

1) Tanggung Jawab terhadap Diri Sendiri

Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. Dengan demikian, bisa memecahkan masalah-masalah kemanusian mengenai dirinya sendiri. Contohnya: Evi mendapat pekerjaan rumah dari Bu Guru untuk dikumpulkan esok hari. Akan tetapi, Evi justru menghabiskan waktu untuk menonton acara televisi. Evi tidak mengerjakan pekerjaan rumah. Esok harinya, Evi ditegur Bu Guru dan Evi mendapat sanksi. Dalam peristiwa ini Evi harus bertanggung jawab atas dirinya sendiri akibat tidak mengerjakan pekerjaan rumah dari Bu Guru.

2) Tanggung Jawab terhadap Keluarga

Tanggung jawab terhadap keluarga menjadi tanggung jawab seluruh anggota keluarga, baik ayah, ibu, maupun anak. Dalam sebuah keluarga, tanggung jawab anggota keluarga menyangkut upaya menjaga nama baik keluarga, meningkatkan kesejahteraan keluarga, dan menjaga keselamatan. Contohnya seorang ayah bekerja keras untuk menafkahi anggota keluarganya dan demi memenuhi kebutuhan pendidikan anaknya. Ayah tersebut telah melaksanakan tanggung jawabnya sebagai kepala keluarga. Jika kamu sebagai seorang anak bersikap disiplin dan sungguh-sungguh dalam belajar berarti kamu melaksanakan tanggung jawab terhadap keluarga.

Tanggung jawab siswa ialah belajar
Tanggung jawab siswa ialah belajar

3) Tanggung Jawab terhadap Masyarakat

Tidak ada seorang pun yang bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Hal ini sesuai dengan kedudukan manusia sebagai makhluk sosial. Atas dasar kebutuhan ini, seseorang melakukan komunikasi dengan orang lain sehingga terbentuklah masyarakat. Dalam sebuah masyarakat, setiap anggota mempunyai tanggung jawab ikut serta menjaga kelangsungan hidup warga masyarakat. Oleh karena itu, segala tingkah laku dan perbuatan setiap anggota masyarakat hendaknya dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.

Contohnya Pak Budi warga masyarakat Desa Suka Makmur. Pada hari Minggu Pak Budi berencana pergi berlibur bersama keluarganya ke pantai. Akan tetapi, pada hari Minggu yang sama warga masyarakat Desa Suka Makmur akan mengadakan kerja bakti membersihkan selokan. Pak Budi sebagai warga masyarakat memutuskan untuk menunda acara berliburnya bersama keluarga, karena Pak Budi harus ikut bekerja bakti. Tindakan Pak Budi tersebut mencerminkan sikap tanggung jawab sebagai warga masyarakat.

4) Tanggung Jawab terhadap Bangsa dan Negara

Setiap orang yang tinggal dan menetap dalam sebuah negara akan terikat oleh aturan-aturan hukum dalam sebuah negara. Oleh karena itu, segala pikiran, perbuatan, tindakan, dan tingkah laku manusia harus sesuai dengan norma-norma atau aturan-aturan yang berlaku dalam negara setempat. Individu sebagai warga negara hendaknya

dapat mempertanggungjawabkan segala tindakan dan tingkah laku-nya kepada bangsa dan negara. Contohnya anggota tim nasional bulu

tangkis Indonesia berusaha sekuat tenaga untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia. Mengharumkan nama baik bangsa Indonesia di mata dunia menjadi tanggung jawab setiap warga negara Indonesia.

Tim nasional bulu tangkis
Tim nasional bulu tangkis

Tuhan menciptakan manusia sebagai makhluk yang paling sempurna, mempunyai akal dan pikiran. Oleh karena itu, Tuhan menurunkan ajaran berupa perintah dan larangan bagi makhluk-Nya, khususnya bagi manusia. Manusia bertanggung jawab untuk beribadah menjalankan perintah Tuhan dan menjauhi larangan-Nya. Jadi, contoh tanggung jawab manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa antara lain beribadah sesuai ajaran agama yang dianut.

b. Pengertian Masyarakat

Di atas telah kamu pahami tentang bentuk tanggung jawab individu terhadap masyarakat. Apa yang disebut masyarakat? Menurut Kamus BesarBahasa Indonesia, masyarakat adalah sejumlah manusia dalam arti seluas-luasnya dan terikat oleh suatu kebudayaan yang mereka anggap sama. Jadi, dalam sebuah masyarakat terdapat aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh setiap warga masyarakat. Pelaksanaan kewajiban mematuhi aturan-aturan dalam masyarakat ini menjadi tanggung jawab setiap warga masyarakat.

c. Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat

Berdasarkan pengertian tanggung jawab dan masyarakat dapat disimpulkan makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat. Tanggung jawab sebagai warga masyarakat adalah tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan seseorang dalam kedudukannya sebagai warga masyarakat. Hidup bersama dalam masyarakat berarti hidup dengan orang lain dalam suatu tempat tertentu dan mempunyai kepentingan tertentu. Hidup bersama dalam masyarakat sangat penting karena Tuhan menciptakan manusia untuk saling melengkapi, saling membantu, dan saling menyayangi. Setiap orang tidak bisa hidup tanpa orang lain. Sejak dalam kandungan sampai mati, setiap orang membutuhkan pertolongan orang lain. Kamu akan bahagia jika kamu bisa menjalin hubungan baik dengan orang lain dalam lingkungan masyarakat. Untuk menjaga hubungan baik dalam kehidupan masyarakat, setiap anggota masyarakat hendaknya sadar akan tanggung jawabnya sebagai warga masyarakat.

Jawaban Halaman 30

Ayo Mengamati

Buatlah kelompok terdiri atas 4–5 anak. Lakukan wawancara kepada orang-
orang di sekitarmu.

  1. Carilah informasi-informasi berikut.
    • Jenis usaha yang dilakukan.
    • Hasil dari jenis usaha yang dilakukan.
    • Bahan baku yang diperlukan untuk melakukan jenis usaha tersebut.
    • Pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan.
    • Kesulitan (kendala) yang mungkin dihadapi.
  2. Dari informasi-informasi yang akan digali tersebut, buatlah daftar pertanyaan
    yang akan kalian tanyakan kepada orang yang akan kamu wawancarai.
  3. Lakukan wawancara dengan baik. Ajukan pertanyaan dengan sopan.
    Berterima kasihlah kepada orang yang kalian wawancarai atas waktu dan
    jawaban yang diberikan.
  4. Catatlah hasil wawancara kalian, lalu bacakan di hadapan kelompok-
    kelompok lain dan bapak/ibu guru.

AYO BERKARYA

Dari hasil wawancara kalian, pilihlah salah satu jenis usaha di lingkungan sekitarmu. Kemudian, bersama kelompokmu, cobalah membuat satu hasil dari jenis usaha tersebut. Pilih hasil jenis usaha yang mudah untuk kalian buat. Catatlah bahan yang dibutuhkan, langkah-langkah pembuatan, dan kesulitan yang kalian hadapi saat melaksanakan pembuatan karya kalian. Buatlah bersama-sama di rumah salah satu anggota kelompokmu dengan meminta izin kepada orang tuanya.

Jawaban : Contoh Jawaban wawancara dengan pedagang warung

Jenis usaha : Pedagang

Pertanyaan :

  1. apa yang dijual ?
  2. berapa lama merintis dagang ?
  3. dimana jualan dijajakan ?
  4. kapan jualan dilakukkan ?
  5. bagaimana cara berjualan ?

ilustrasi

pedagang warung
pedagang warung

Kami mewawancarai ibu Sulastri pemilik warung tersebut, untuk mencari informasi yang kami butuhkan.

Pewawancara    :    ”Selamat sore, Bu?“
Penjual    :    ”Selamat sore.“
Pewawancara    :    ”Kami dari siswa SMPN 1 Purwosari, diberi tugas untuk mewawancarai tentang warung yang anda kelola, bolehkah saya mewawancarai dan memberi beberapa bertanyaan kepada anda?“
Penjual    :    ”Boleh, silahkan. Kebetulan ada waktu luang.“
Pewawancara    :    ”Terimakasih, pertama saya ingin bertanya, kapan anda mulai
        mengelola dan merintis usaha warung anda?“
Penjual     :    ”Yang pasti saya sudah memulai usaha ini puluhan tahun, jadi
            mohon maaf saya sudah lupa kapan pastinya.“
Pewawancara    :    ”Apa saja yang anda jual di warung anda?“
Penjual      :    ”mulai dari gorengan, krupuk, rawon, lodeh, mie, dan minuman.“
Pewawancara    :    ”Mengapa anda memilih membuka uasaha warung? “
Penjual    :    ”Karena kebetulan dulu saya tidak memiliki pekerjaan, kemudian
            saya berusaha mencari pekerjaan dengan membuka warung,
            mengingat posisinya yang cukup strategis di pinggir jalan yang
            banyak dilalui kendaraan.“
    pewawancara    :    ”Siapa yang membantu anda menjajakan makanan tersebut?“
Penjual    :    ”Saya dibantu oleh seorang anak saya.“
Pewawancara    :    ”Dimana anda membeli bahan-bahan untuk membuat makanan?“
Penjual     :    ”yang bertugas membeli bahan-bahan adalah anak saya, biasanya
            dia membeli bahan di pasar atau toko disekitar warung.“
Pewawancara    :    ”Bagaimana cara anda menarik perhatian pelanggan?“
Penjual       :    ”Sebenarnya saya tidak pernah ada upaya untuk menarik perhatian
            pelanggan, tapi mungkin karena letak warung saya dipingiir jalan
            jadi banyak orang yang membeli makanan, biasanya orang membeli
            pada saat sebelum dan sesudah pergi ke pasar.“
Pewawancara    :    ”Apa suka dan duka anda sebagai penjual makanan?“
Penjual      :    ”Namanya orang usaha pasti sukanaya pada saat dagangannya laris,
            dan dukanya pada saat sepi pelanggan, tapi itu sudah menjadi resiko
            yang tidak dapat dihindari.“
Pewawancara    :    ”Terimakasih atas informasi yang telah anda berikan dan saya mohon maaf apabila telah menyita waktu anda. Selamat sore, Bu?“
Penjual    :    ”Sama-sama, selamat sore.“

ilustrasi diatas hanya sebagai contoh panduan wawancara.

Alternatif jawaban setiap siswa menyesuaikan dengan lingkungan sekitar dengan melihat usaha usaha yang banyak paling banyak di minati, hal ini dilakukkan untuk kemandirian dan kreatifitas siswa itu sendiri.

Jawaban Halaman 32

Ayo Berdiskusi

Diskusikan beberapa istilah berikut bersama temanmu!

usaha peningkatan agribisnis
usaha peningkatan agribisnis

Jawaban :

1. intensifikasi adalah usaha meningkatkan hasil produksi dengan cara meningkatkan kemampuan atau memaksimalkan produktivitas faktor faktor produksi yang telah ada. 

2. Ekstensifikasi adalah usaha meningkatkan hasil produksi dengan cara menambah dan atau memperluas faktor faktor produksi yang digunakan.

3. Diversifikasi adalah usaha untuk meningkatkan produksi dengan cara menambah jenis atau keanekaragaman hasil produksi.

4. Rehabilitasi adalah sebuah kegiatan ataupun proses untuk membantu para penderita yang mempunyai penyakit serius atau cacat yang memerlukan pengobatan medis untuk mencapai kemampuan fisik psikologis, dan sosial yang maksimal.

5. mekanisasi adalah sebuah proses penggantian dan penggunaan berbagai macam mesin serta beragam sarana teknik yang ditujukan untuk menjadi alat pengganti bagi tenaga manusia maupun hewan. Dalam dunia industri, pengertian mekanisasi produksi adalah penggunaan mesin dan alat berat untuk menghasilkan barang.

Kerjasama dengan orangtua

Adakah jenis usaha yang dilakukan orang tuamu? Jenis usaha apakah itu?
Tuliskan, lalu ceritakan kepada teman-temanmu.

Jawab : tanyakan kepada orang tuamu jenis usaha yang di jalani saat ini. tulis dengan kata katamu. setiap siswa memiliki jawaban yang berbeda beda.

Demikian kunci jawaban kelas 5 tema 2 subtema 1 pembelajaran 3, jika ingin tau kunci jawaban lengkap kelas 5 tema 2 bisa cek disini. semoga bemanfaat.

rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *