rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 9 Subtema 4 Pembelajaran 4

4 min read

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 9 Subtema 4 Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 9 Subtema 4 Pembelajaran 4 – berikut ini kunci jawaban terbaru pada Kelas 4 Tema 9 Subtema 4 Pembelajaran 4 yang mana kunci jawaban ini kelanjutan dari pembelajaran 3 yang beberapa waktu admin posting. Nah, pada artikel ini kita akan membahas pada halaman 158 sampai 159 dengan jawaban yang sudah itseenews sediakan.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 9 Subtema 4 Pembelajaran 4
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 9 Subtema 4 Pembelajaran 4

Dibawah ini kunci jawaban lengkap Kelas 4 Tema 9 Subtema 4 Pembelajaran 4, mari langsung saja kita lihat.

Kunci Jawaban Halaman 158

Tak Kenal Maka Tak Sayang
Tak Kenal Maka Tak Sayang

Telah kita ketahui bahwa Indonesia merupakan bangsa yang kaya. Kekayaan bangsa kita meliputi sumber daya alam, budaya, sosial, dan politik. Kekayaan ini bisa menjadi modal bagi pelaksanaa pembangunan dan pemerataan hasil-hasilnya.

Namun, terkadang ada orang yang justru tidak menyadari potensi kekayaan tersebut . Banyak orang yang bersikap acuh, tidak bertanggung jawab, dan sewenang-wenang dalam memanfaatkan potensi-potensi kekayaan bangsa.

Untuk menerapkan sikap tanggung jawab terhadap kekayaan bangsa harus dimulai dengan mengenal potensi kekayaan yang dimiliki bangsa kita. Hal ini sesuai dengan pepatah yang berbunyi “ Tak Kenal Maka Tak Sayang”.

Ayo kenali potensi kekayaan bangsa kita dengan membuat kliping.

Kegiatan 1

Kliping Kekayaan Bangsaku

“Buatlah kliping tentang kekayaan bangsa Indonesia. Kumpulkan dan susunlah
gambar tentang kekayaan sumber daya alam bangsa Indonesia.
Langkah Kerja:

  1. Siapkan buku atau kertas sebagai media untuk menempelkan gambar.
  2. Siapkan penggaris, lem kertas, gunting, dan bolpoin.
  3. Kumpulkan gambar dari berbagai referensi atau sumber.
  4. Tempelkan gambar-gambar pada media yang sudah disiapkan
    sebelumnya.
  5. Berilah judul dan keterangan singkat pada setiap gambar.
    Berdasarkan kliping yang telah kamu buat tersebut, coba buatlah tulisan
    atau bacaannya. Pilihlah satu gambar sebagai bahan untuk dijadikan sumber
    bacaan.

Jawaban :

kertas
kertas
gunting
gunting
penggaris
penggaris
lem kertas
lem kertas

sumber file : scribd.com

Download : Kliping Kekayaan Indonesia

Kliping Kekayaan Indonesia

Banyak sebenarnya orang yang tidak tahu dimanakah negara terkaya di p lanet bumi saya ini, ada yang mengatakan Amerika, ada juga yang mengatakan negera-negara di timur tengah. tidak salah sebenarnya, contohnya Amerika. negara super power itu memiliki tingkat kemajuan teknologi yang hanya bisa disaingi segelintir negara, contoh lain lagi adalah negara-negara di timur tengah. Rata-rata negara yang tertutup gurun dan yang menyengat itu mengandung jutaan barel yang siap untuk diolah. tapi itu semua belum cukup untuk menyamai negara yang satu ini. bahkan Amerika, Negara-negara timur tengah serta UniEropa-pun tak mampu menyamainya. dan inilah negara terkaya di planet bumi yang luput dari perhatian warga bumi lainya. warga negara ini pastilah bangga jika mereka tahu. tapi langsung mereka tidak sadar “langsung di atas berlian” langsung sajakita lihat profil negaranya.

Kliping Kekayaan Indonesia
Kliping Kekayaan Indonesia

Selain didasari oleh latar belakang sosial bud aya, geografi Dan Sejarah Yang sama, Bang Kesatuan saIndonesia also didasari Oleh Kesatuan pandangan, ideologi Dan falsafah Hidup hearts berbangsa Dan bernegara.Pemandangan, ideologi dan falsafah hidup bangsa Indones a secara holistik sisa dalam sila-sila Pancasila Yang Menjadi Dasar Negara Indonesia. Sementara kesatuan pandangan, ideologi dan falsafahhidup bangsa indonesia secara eksplisit diumumkan dalam negara yang bertuliskan “ BhinnekaTunggal Ika“, Yang mengandung makna”beraneka ragam(suku bangsa, agama, bahasa)namun tetap satu(Indonesia).Gambaran tentang struktur dan kemajemukan penduduk Indonesia hingga saat ini yang paling otoritatif danmenjadi rujukan adalah data yang berasal dari Sensus Penduduk tahun 2010. Seperti yang telah diketahui,cacah jiwa atau sensus adalah proses pencatatan, distribusi, dan publikasi data demografis yang dilakukan untuksemua penduduk yang tinggal di suatu wilayah tertentu. Sensus sendiri sebagai

kegiatan pencatatanbiasa dilakukan setiap 10 (sepuluh) tahun sekali Sampai tulisan ini dibuat Indonesia telahdilaksanakan 7 (tujuh) kali sensus populasi, yaitu tahun 1920 (Hindia Belanda), 1961, 1971, 1980, 1990,2000 dan terakhir tahun 2010.Statistik atau indikator yang biasa digunakan untuk melihat fenomena kemajemukan Indonesia terlihat dari jumlah,komposisi dan sebaran penduduk berdasarkan aspek-aspek sosial budaya yang meliputiKewarganegaraan, suku bangsa, Agama dan bahasa Sehari-hari. Status kewarganegaran penduduk Indonesia berdasarkanSensus Penduduk 2010 Kehadiran adalah WNI (warga negara Indonesia) dengan jumlah mencapai 236,728 ribu jiwa atau sekitar 99,6 persen. Sedangkan penduduk yang dikategorikan sebagaiWNA (warga negara asing) mencapai 73 ribu jiwa atau sekitar 0,03 persen. Sisanya sebanyak 839ribu penduduk tidak ditanyakan status kewarganegaraannya.

Struktur dan komposisi penduduk Indonesia menurut kelompok suku bangsa menurut Sensus Penduduk2010 menentukan suku Jawa yang berasal dari Pulau Jawa bagian tengah hinggakelompok suku terbesar dengan jumlah penduduk 85,2 juta jiwa atau sekitar 40,2 persen dari populasi penduduk Indonesia.Yang disebuk Suku Jawa ini sudah mencakup Suku Osing, Tengger, Samin, Baweanatau Boyan, Naga, Nagaring dan suku-suku lainnya. Suku Bangsa terbesar kedua adalah Suku Sunda yang direkomendasikandari Pulau Jawa bagian barat dengan jumlah mencapai 36,7 juta juwa atau 15,5 persen. Suku Batak darijumlah keseluruhan mencapai 8,5 juta jiwa atau 3,6 persen yang berasal dariPulau Sumatera bagian tengah utara. Terbesar ke empat adalah Suku asal Sulawesi selain Suku Makassar,Bugis, Minahasa dan Gorontalo. Jumlah terbesar keempat ini terdiri dari 208 jenissuku bangsa Sulawesi, untuk terbesar suku bangsa Madura yang berasal dari Pulau Madura disebelah timur utara Pulau Jawa yang populasinya menyebar cepat di berbagai wilayah Indonesia hingga mencapai 7,18 juta jiwa atau sekitar 3, 03 persen dari populasi penduduk indonesia.

1. Negara ini punya pertambangan emas terbesar dengan kualitas emas terbaik di dunia. namanya PT.Freeport. 

penambangan emas Freeport
penambangan emas Freeport

URANIUM! ditemukan di sana. belum jelas jumlah kandungan uranium yang ditemukan di sana, tapi kabar terakhir yang dikeluarkan menurut para pakar cadangan uranium di sana cukup untuk membuat pembangkit listrik Nuklir dengan tenaga yang dapat menerangi seluruh bumi hanya dengan kandungan uranium di sana. Freeport banyak berjas untuk segelintir pejabat negeri ini, para jenderaldan juga para politisi busuk, yang bisa menikmati hidup dengan bergelimang harta dengan memiskinkan bang sa ini.

2.Negara ini kecil di Hutan Tropis terbesar di dunia. hu tan tropis ini memiliki lu sebagai 39.549.447 Hek tar, lengkaphayati dan plasmanutfah terlengkap di dunia.

hutan indonesia
hutan indonesia

Letaknya di pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. sebenarnya jika negara ini memintakiamat sangat mudah buat mereka. Tebang saja semua pohon di hutan itu makan bumi pasti kiamat.karena bumi ini sangat tergantung sekali dengan hutan tropis ini untuk keseimbangan hutan tropis Amazon tidak cukup kuat untuk menyeimbangkan keseimbangan bumi.Dan sekarang merekasedikit demi sediki telah mengkancurkanya hanya untuk segelintir orang yang punya uang untuk pembuatan dan lapangan Golf. sungguh sangat ironis sekali.

3.Negara ini punya Lautan terluas di dunia. Terkait dua samudra, yaitu Pasific dan Hindia tidakheran memiliki jutaan spesies ikan yang tidak disetujui negara lain.

keragaman laut indonesia
keragaman laut indonesia

4.Negara ini adalah jumlah penduduk terbesar ke 4 didunia.

penduduk terbesar ke 4 didunia
penduduk terbesar ke 4 didunia

Dengan jumlah penduduk sebesar itu, harusnya banyak orang-orang pintar yang telah menghasilkan negaraini, tetapi pemerintah menanamkan mereka. sebagai sifat manusia yang ingin bertahan hidup Tentu sajamereka ingin di hargai. akhirnya mereka mengambil jalannya sendiri, yaitu dengan keluar dari negara inidan memilih negara lain yang bisa membayar mereka dengan nilai yang pantas danmenganggap mereka lebih manusiawi.

5. Negara yang memiliki tanah yang sangat subur.

tanah yang sangat subur
tanah yang sangat subur

Jika dibandingkan dengan negara-negara timur tengah yang memiliki minyak yang sangat melimpahnegara ini tentu saja jauh lebih kaya. Coba kita semua mengharapkan karena hasil mineral itu tidak bisadisetujui dengan cepat. dan kompilasi seluruh minyak mereka telah selesai maka mereka akan menjadinegara miskin karena mereka tidak memiliki tanah sesubur negara ini yang bisa ditanami apapun juga. bahkan tongk di kayu dan batu jadi tanaman.

6. Negara ini punya pemandangan yang sangat eksotis dan lagi-lagi tak ada negara yang bisa menyamainya.dari puncak gunung hingg a dasar laut bisa kita temui di negara ini.

pemandangan puncak gunung
pemandangan puncak gunung

Kunci Jawaban Halaman 159

Kegiatan 2

Membuat Bacaan Berdasarkan Gambar Kliping

Buatlah tulisan atau bacaan berdasarkan gambar pada kliping. Pilih satu gambar sebagai sumber cerita. Untuk memudahkanmu, buatlah ide pokoknya terlebih dulu.

Langkah Kerja

Membuat Bacaan Berdasarkan Gambar Kliping
Membuat Bacaan Berdasarkan Gambar Kliping
  1. Menyiapkan kertas dan bolpoin untuk menulis cerita.
  2. Menentukan ide pokok berdasarkan gambar kliping.
  3. Mengembangkan cerita berdasarkan ide pokok.
  4. Membacakan cerita yang telah ditulis di depan teman-teman.

Jawaban :

kertas dan bolpoin
kertas dan bolpoin

ide pokok berdasarkan gambar kliping yaitu dengan Mencermati maksud dari gambar yang disajikan dan menarik kesimpulan.

setelah itu kamu tulis dan kembangkan dari ide yang didapat, selanjutnya maju kedepan kelas dan ceritakan didepan teman temanmu.

Membaca
Membaca

Demikian Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 9 Subtema 4 Pembelajaran 4, jika adik ingin tau kunci jawaban lengkapnya bisa cek disini. berikan saran kritikan anda dibawah ini, mari kita bangun dunia pendidikan yang lebih baik lagi.

rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *