rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 3

5 min read

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 3

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 3 – berikut ini itseenews.com akan memberikan kunci jawaban terbaru kelanjutan dari pembelajaran 2 yang beberapa waktu lalu diposting. pada pembelajaran 3 ini itseenews sudah menyiapkan kunci jawaban lengkap dengan pembahasan.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 3
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 3

mau tau seperti apa Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 3 mari simak dibawah ini

Kunci Jawaban Halaman 120

Coba perhatikan gambar-gambar energi alternatif berikut ini.

gambar-gambar energi alternatif
gambar-gambar energi alternatif

Ayo Berdiskusi

Diskusikan bersama dengan teman semejamu hal-hal berikut ini.
Apa yang dapat dilakukan ketika sumber energi yang kita gunakan selama inihabis?

Jawaban : Yang kita lakukan ketika sumber energi yang kita gunakan habis untuk Mencari sumber-sumber energi baru, dan menggunakan sumber energi alternatif

Kunci Jawaban Halaman 121

Tulislah yang kamu ketahui tentang energi alternatif!

Jawaban : Menurut saya energi alternatif adalah energi yang dapat membantu dan sumber energi itu dari bahan-bahan selain bahan-bahan yang biasa dipakai untuk pembuatan energi

Kunci Jawaban Halaman 124

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan bacaan di atas

1. Apakah yang dimaksud biogas kotoran sapi ?

Jawaban :

Biogas kotoran sapi adalah energi alternatif gas yang dibuat dari kotoran sapi . karena didalam kotoran sapi mengandung banyak selulosa , hemiselulosa dan lignin maka akan sangat baik jika digunakan sebagai biogas.

proses pembuatannya :

  1. kotoran sapi diencerkan
  2. kemudian dimasukkan kedalam tabung digester
  3. tunggu hngga kurang lebih 5 – 14 hari
  4. lalu gas sudah bisa digunakan sebagai bahan bakar , dll . sedangkan ampasnya bisa digunakan sebagai pupuk

2. Mengapa kompor biogas kotoran sapi ramah lingkungan?

Jawaban : Kompor biogas kotoran sapi ramah lingkungan karena biogas dapat diperbaharui, mengurangi ketergantungan terhadap minyak  bumi (yang menghasilkan banyak  polusi dan tidak dapat diperbaharui), mengurangi penggunaan kayu bakar yang dapat menyebabkan penggundulan hutan dan merupakan bentuk pembuangan kotoran hewan yang paling baik  

Penjelasan tambahan :

Biogas kotoran hewan merupakan pengembangan baru penggunaan kotoran hewan sebagai bahan bakar. Sebelumnya kotoran hewan sudah digunakan sejak jaman dulu sebagai bahan bakar, dalam bentuk kotoran kering. Bahan bakar kotoran kering ini dibuat dari kotoran hewan seperti kambing atau sapi, dicampur dengan jerami kering, kemudian dijemur hingga kering. Penggunaan biogas berbeda dengan cara tradisional.

Pada biogas, kotoran tidak dikeringkan dikumpulkan dan ditimbun. Timbunan ini menghasilkan gas yang dialirkan melalui pipa ke perangkat rumah tangga yang memerlukan gas pemanas, misalnya kompor atau penghangat air. Keuntungan penggunaan penggunaan biogas adalah: –          Biogas terperbaharui.

Sumbernya yaitu kotoran hewan tidak akan habis, tidak seperti minyak dan gas bumi yang depositnya suatu saat akan habis.

– Mengurangi ketergantungan terhadap sumber bahan bakar lain. Sumber bahan bakar lain seperti minyak bumi dan kayu bakar memiliki dampak negatif. Minyak bumi menimbulkan polusi dan memerlukan proses panjang dalam penambangannya. Minyak bumi juga menimbulkan pencemaran udara. Sedangkan kayu bakar penggunaanya mendorong penggundulan hutan yang merusak lingkungan.

– Bentuk pembuangan kotoran paling baik. Bila kotoran hewan dibuang begitu saja di sungai atau laut, atau dibiarkan bercecran di jalan, maka ini akan menimbulkan pencemaran lingkungan.

3. Lebih hemat manakah antara menggunakan gas elpiji dibandingkan dengan biogas kotoran sapi?

Jawaban : Lebih hemat biogas kotoran sapi, karena biaya pembuatan produksi nya lebihmurah dan pengolahannya lebih mudah.

Kunci Jawaban Halaman 125

Ayo Mencoba

Buatlah bacaan mengenai penggunaan energi alternatif dengan memilih tema
berikut ini.

  1. Energi alternatif sinar matahari.
  2. Energi alternatif air.
  3. Energi alternatif angin.
    Untuk memudahkan penulisan, kamu dapat mencari informasi melalui buku, artikel, atau koran dan majalah. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut dan bacakan di depan teman-teman dan gurumu.

Jawaban :

1. Energi alternatif sinar matahari.

Energi alternatif sinar matahari
Energi alternatif sinar matahari

Yang dimaksud dengan energi alternatif adalah energi yang digunakan sebagai pengganti jika energi utama tidak ada. Yang dimaksud dengan energi matahari adalah energi yang berupa panas dan juga cahaya yang dihasilkan oleh matahari atau surya. Matahari sendiri merupakan sumber energi yang paling besar di bumi. Di Indonesia sendiri energi matahari ini sangat berlimpah, sayangnya belum dimanfaatkan secara optimal.

2. Energi alternatif air

Energi alternatif air
Energi alternatif air

Jawaban :

Seperti diketahui energi yang berasal dari bahan bakar fosil jumlahnya semakin berkurang. Hal ini tentunya membuat kita harus berpaling untuk mendapatkan energi lain yang tidak saja ramah lingkungan namun juga dengan jumlah yang cukup besar. Energi tersebut salah satunya adalah energi air. Energi ini akan membangkitkan Pembangkit Listrik Tenaga MikroHidro (PLTMH).

Kondisi air yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber daya (resources) penghasil listrik adalah memiliki kapasitas aliran, mempunyai ketinggian tertentu dan instalasi. Semakin besar kapasitas aliran maupun ketinggiannya dari instalasi maka semakin besar energi yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik.

Biasanya pembangkit listrik jenis ini dibangun berdasarkan adanya ketersediaan air yang mengalir di suatu daerah dengan kapasitas dan ketinggian yang mencukupi. Mikro hidro juga dikenal sebagai white resources dengan terjemahan bebas bisa dikatakan “energi putih”. Dikatakan demikian karena instalasi pembangkit listrik seperti ini mengunakan sumber daya yang telah disediakan oleh alam serta ramah lingkungan.

3. Energi alternatif angin

Energi alternatif angin
Energi alternatif angin

Bentuk-bentuk dari Manfaat Energi Angin . Pemanfaatan dari energi angin muncul karena energi angin ini tersedia secara alami di alam tanpa ada batas habisnya. Karena itulah, tentunya energi angin ini pasti memiliki manfaat seperti eneri alam lainnya, seperti energi panas bumi, batubara, fosil bahkan energi nuklir. Dengan memanfaatkan energi dari alam ini, tentunya penggunaannya tidak akan merusak alam karena terjadinya pergerakan angin terjadi secara alamiah.

Sekarang ini, ada banyak manfaat dari energi angin dalam kehidupan sehari-hari telah banyk terasa. Bahkan, pada abad 17 sebelum masehi, energi angin telah dimanfaatkan untuk proses irigasi pertanian oleh masyarakat Babilonia kuno. Pada bidang kelautan, energi angin digunakan sejak ribuan tahun lalu sebagai penggerak pada layar kapal. Di bagian belahan dunia lainnya, energi angin ini telah lama digunakan sebagai penggerak kincir angin untuk keperluan penggilingan gandum atau tepung.

bacakan di depan teman-teman dan gurumu

bacakan di depan teman-teman dan gurumu
bacakan di depan teman-teman dan gurumu

Penggunaan energi alternatif merupakan satu bentuk usaha yang dapat dilakukan untuk melestarikan lingkungan sekaligus untuk menjag kelangsungan hidup manusia. Namun, kesadaran untuk melakukan usaha-usaha pelestarian lingkungan tersebut tidak sepenuhnya disadari dan dilakukan oleh masyarakat. Bahkan ada sebagian masyarakat yang berperilaku tidak bertanggung jawab yang mengakibatkan kerusakan lingkungan.

Kunci Jawaban Halaman 126

Ayo Berlatih

Carilah informasi dan data dari berbagai sumber referensi (buku, majalah, koran, artikel) mengenai pencemaran yang mengakibatkan perubahan alam. Analisislah penyebab (perilaku dan benda) serta akibatnya.

Tulislah hasilnya pada kolom berikut!

Pemakaian benda atau zat yang dapat mengakibatkan perubahan pada alam.

Jawaban :

benda atau zat yang dapat mengakibatkan perubahan pada alam
benda atau zat yang dapat mengakibatkan perubahan pada alam

Penjelasan :

Nama zat:pupuk kimia
sebab:penggunaan yang berlebihan dalam jangka panjang
akibat:mengurangi kesuburan tanah

nama zat:pestisida
sebab:rantai makanan tdk sht
akibat:kesuburan tnh berkurang
sifat:merusak

nama zat:deterjen
sebab:pembuangan zat diterjen sembarangan/ke sungai
akibat:mencemari air
sifat:merusak

nama zat:asap
sebab:asap yang dikeluarkan kendaraan
akibat:mengganggu pengikatan oksigen oleh darah.

nama zat:pewangi
sebab: tipisnya lapisan ozon
akibat: sangat berbahaya bagi kehidupan dibumi.
sifat:merusak

Tambahan :

  1. Pembersih.
    Salah satu contoh bahan pembersih adalah detergen. Detergen mengandung bahan aktif ABS (Alkil Benzena Sulfonat). Bahan ini merupakan bahan kimia yang sulit terurai oleh mikroorganisme, sehingga menyebabkan pencemaran air dan tanah. Selain itu, busa yang berlimpah dapat menutup permukaan air dan mengakibatkan pencemaran lingkungan.
  2. Pewangi / Parfum
    Pewangi dalam bentuk semprot mengandung kloro fluoro karbon (CFC). Bahan ini menyebabkan tipisnya lapisan ozon. lapisan ozon yang semakin tipis bahkan jika berlubag, sangat berbahaya bagi kehidupan dibumi.
  3. Pestisida
    Penggunaan pestisida yang berlebihan, dapat menyebabkan hama kebal terhadapnya, bahkan memicu munculnya spesies baru. Spesies ini hanya bisa dikendalikan dengan pestisida dalam dosis yg lebih tinggi lagi. Hal ini tentunya akan menimbulkan pencemaran yang lebih besar baik terhadap lingkungan ataupun manusia

Kunci Jawaban Halaman 127

Ayo Mengamati

1. Identifikasilah kegiatan-kegiatan masyarakat di sekitar tempat tinggalmu yang dapat memengaruhi keseimbangan lingkungan.

Jawaban :

Kegiatan manusia yang memengaruhi keseimbangan lingkungan sekitar
Kegiatan manusia yang memengaruhi keseimbangan lingkungan sekitar

2. Coba amati gambar di bawah ini dengan saksama.

Jawaban :

Coba amati gambar di bawah ini dengan saksama
Coba amati gambar di bawah ini dengan saksama

Kunci Jawaban Halaman 128

Ayo Berlatih

Salah satu kewajiban manusia adalah menjaga lingkungan alam. Apa yang terjadi jika manusia tidak melaksanakan kewajiban tersebut? Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/Ibu Guru, atau orang-orang lain di sekitarmu.

Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut.

Jawaban : contoh

LAPORAN HASIL WAWANCARA
Nama : (isi namamu)
Pertanyaan yang diajukan: Apa akibatnya jika manusia tidak melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan alam?
Hasil Wawancara:

Narasumber : pak RT

jawaban : banyak terjadi kerusakan lingkungan seperti banjir, aingin ribut dan gempa bumi, dll.

Kunci Jawaban Halaman 129

Ayo Mencoba

Salah satu cara untuk menjaga kelestarian alam adalah memanfaatkan kembali barang-barang bekas. Ayo, kita manfaatkan bersama barang-barang bekas. Sekarang kamu akan berkreasi dengan barang-barang bekas. Hal itu digunakan untuk memanfaatkan barang bekas atau yang sudah tidak terpakai sehingga mempunyai nilai jual lebih tinggi. Kamu dapat membuat pigura foto dari kardus, lampion dari botol plastik bekas, bunga dari sedotan, atau hiasan dari kain perca. Banyak sekali idenya, bukan?

Poster dari bahan bekas

  1. Buatlah poster usaha pelestarian sumber daya alam dari bahan bekas.
  2. Tulislah kampanye hemat energi pada kertas kardus bekas.
  3. Buatlah yang menarik.

Bingkai poster dari bahan bekas
Cobalah membuat bingkai foto dengan mengikuti langkah-langkah berikut!
Prosedur pembuatan bingkai foto, berikut.

Bahan:
Kardus bekas

Peralatan:

  1. Gunting
  2. Penggaris
  3. Pensil
  4. Lem
  5. Plastik mika
  6. Kertas kado bekas atau kertas lain sesuai selera

Cara membuat:

  1. Buatlah pola bingkai foto sesuai dengan ukuran foto yang diinginkan.
  2. Gunting kardus sesuai pola yang telah dibuat.
  3. Lapisi kardus dengan kertas kado dan gunakan lem untuk menempelkannya.
  4. Pasang plastik mika sesuai ukuran pola bingkai foto.
  5. Gabungkan kedua lembar kardus bagian depan dan bagian belakang
    dengan lem.
  6. Pasangkan penyangga foto di bagian belakang bingkai.
    Setelah selesai, pajang hasil karyamu di kelas. Kemudian, tuliskan refleksi
    kegiatan yang telah kamu lakukan hari ini.

Jawaban :

poster usaha pelestarian sumber daya alam
poster usaha pelestarian sumber daya alam
poster usaha pelestarian sumber daya alam
poster usaha pelestarian sumber daya alam

Demikian pembahasan mengenai Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 3, untuk adik yang ingin tau kunci jawaban tema 9 kelas 4 bisa cek disini. jangan lupa kirim saran dan kritikan karna itu sangat membantu membangun blog ini agar menjadi lebih baik lagi.

rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *