rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 6

3 min read

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 6

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 6 – berikut ini itseenews.com akan memberikan kunci jawaban halaman 52, 54, 57, dengan pembahasan lengkapnya, jangan sampai kamu gak update untuk artikel terbaru lainya.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 6
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 6

kunci jawaban ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu pembelajaran 5, nah mau tau kunci jawaban lengkapnya mari simak dibawah ini.

Kunci Jawaban Halaman 52

Ayo Menulis

Bagaimana keadaan lingkungan tempat tinggalmu? Ceritakan secara tertulis.

Jawaban :

Dilingkungan tempat tinggal saya sangat strategis tepatnya diperumahan Pondok Tanah Mas. Tumbuhan tanaman sangat hijau sehingga cukup asri.. Masyarakatnya sangat bersosialisasi, ada sedikit kemungkinan masyarakat hidup yang mementingkan kepentingan pribadi dari pada kepentingan sosial (bersama). Namun pada dasarnya masyarakat disekitarku selalu kompak dalam segala hal, tetapi semua tergantung pimpinannya. Apakah pemimpin peduli terhadap kesejahteraan / tidak ? Di perumahan pondok tanah mas ini warganya cukup makmur dan rukun sejahtera. Kebanyakan penduduk setempat bermata pencarian yang beraneka ragam sesuai dalam bidang penghasilannya seperti pegawai negeri maupun wiraswasta. Keamanan dilingkungan sekitar daerah ini tidak perlu diragukan lagi dikarenakan aman terjaga dengan hansip yang berpengalaman.

Adapun salah satu yang menjadi masalah dilingkungan ini adalah sampah yang menumpuk berhari-hari di tong sampah karena para petugas yang malas membiarkan sehingga sampah yang menumpuk tidak tertampung lagi. Hal ini akan berakibat menimbulkan bau busuk yang tak sedap akan mempengaruhi pencemaran udara.

Dalam masalah lingkungan ini tidak hanya terjadi dilingkungan rumah sekitar saja tetapi terjadi diseluruh kompleks perumahan, sehingga banyak warga yang komplen  dan merasa terganggu adanya sampah yang menumpuk dan mengganggu kesehatan.

Solusi untuk mengatasinya seharusnya yang dilakukan para petugas kebersihan sampah harus aktif dalam mengambil sampah tiap harinya agar sampah yang diambil itu tidak terlalu banyak dan ringan untuk dibawa ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir).  Apabila ada petugas kebersihan sampah yang tidak mampu bekerja lagi harap melaporkan diri kepada ketua RT dan RW sekitar dan seharusnya ketua RT dan RW siap untuk mencari pengganti untuk petugas kebersihan sampah, demi kelancaran dan ketertiban masyarakat dilingkungan sekitar. walaupun akhir-akhir ini gaji / upah sering dipermasalahkan karena dengan biaya ekonomi yang tinggi, pendapatan pun harus tinggi tetapi berhubung gaji / upahnya kecil para petugas kebersihan sampah pun merasa malas untuk bekerja. Dengan ini masyarakat sekitar seharusnya punya inisiatif agar para petugas kebersihan sampah itu bisa bekerja dengan rajin. Misalnya : dengan meningkatkan gaji / upah kepada petugas kebersihan sampah, karena gaji / upah tersebut berasal dari dana masyarakat lingkungan sekitar yang setiap bulannya diadakan iuran kolektif bersama. Para warga masyarakat dapat musyawarah untuk mempersoalkan gaji / upah petugas kebersihan sampah untuk dinaikan atas persetujuan bersama. Apabila masyarakat patuh pada peraturan keamanan lingkungan sekitar, akan terjaga dengan baik. Warga masyarakat sekitar harus saling mendukung akan adanya kebersihan dan kesehatan dalam lingkungan sekitar agar terciptanya lingkungan yang bersih, damai, rukun dan sejahtera. Sehingga warga masyarakat sekitar lebih merasa nyaman dan harmonis.

Mari Cintailah Lingkungan Sekitar.

Kunci Jawaban Halaman 54

Ayo Berlatih

Identifikasilah cerita Si Pitung dengan menjawab soal-soal berikut.

1. Apa jenis cerita fiksi teks berjudul “Si Pitung” ? Berikan alasanmu.

Jawaban : Epos adalah cerita kepahlawanan; syair panjang yang menceritakan riwayat perjuangan seorang pahlawan.
Si Pitung adalah cerita kepahlawanan yang berasal dari Jakarta. SI Pitung mencuri para orang kaya Belanda dan hasil curiannya dibagikan ke para pribumi yang tertindas pada jaman penjajahan Belanda.

2. Sebutkan nama tokoh-tokoh dalam cerita tersebut!

Jawaban :

Pitung
Orang tua pitung
Haji naipin
Kompeni
Rakyat

3. Sebutkan tokoh utama dan tokoh tambahan pada cerita tersebut. Jelaskan.

Jawaban :

Tokoh Utama : Si Pitung
Tokoh tambahan

  • Haji Naipin ( Guru Ngaji )
  • Babehnya Pitung
  • Rais ( Pemimpin preman)
  • Polisi

Penjelasan :

Tokoh : Haji Naipin
Watak : Suka berbagi dan murah hati
Bukti : Dari uraian penulis
“Ia rajin belajar mengaji pada Haji Naipin. Selesai belajar mengaji ia pun dilatih silat”.

Tokoh : Kompeni
Watak : Jahat, Egois, Keras kepala, dan pemarah.
Bukti : Dari uraian penulis
“Para Kompeni bertindak sewenang-wenang terhadap rakyat jelata”.

Tokoh : Rais dan Jii
Watak : Baik hati dan suka menolong.
Bukti : Dari uraian penulis
“Dengan dibantu oleh teman-temannya si Rais dan Jii, Si Pitung mulai merencanakan perampokan terhadap rumah Tauke dan Tuan tanah kaya. Hasil rampokannya dibagi-bagikan pada rakyat miskin. Di depan rumah keluarga yang kelaparan diletakkannya sepikul beras. Keluarga yang dibelit hutang rentenir diberikannya santunan. Dan anak yatim piatu dikiriminya bingkisan baju dan hadiah lainnya”.

4. Sebutkan tokoh protagonis dan tokoh antagonis pada cerita tersebut.
Jelaskan.

Jawaban : Protagonis adalah pemeran utama sebagai tokoh lakon yang baik, sedangkan antagonis adalah prran yang sifatnya berlawanan
sipitung diperankan oleh diky zulkarnain

Protagonis adalah tokoh yang karakternya baik, tokoh: si pitung antagonis adalah tokoh yang karakternya jahat/buruk, tokoh: Kumpeni

Kunci Jawaban Halaman 57

Ayo Berlatih

Tentu kamu sudah memahami tentang tempo dan tinggi rendah nada. Sekarang identifikasilah lagu ”Kicir-Kicir” tersebut.

1. Bagaimana tempo lagu ”Kicir-Kicir”?

Jawaban : Lagu kicir-kicir berasal dari Jakarta dan bertempo dengan jenis tempo sedang, lagu kicir-kicir adalah kesenian berupa lagu yang terdapat di daerah Jawa dan lebih tepatnya Jawa Barat

Tambahan :

Tempo Andante adalah tempo dengan nilai ketukan Dan irama kecepatan yang agak cepat atau disebut dengan tempo sedang. Jadi, Andante adalah tempo yang sedang ( Tidak lambat, Tidak Cepat) Dan kicir-kicir memiliki tempo Andante.

Macam-macam Tempo umum diantaranya :

  1. Largo = Lambat Sekali
  2. Lento = Lebih Lambat
  3. Adagio = Lambat
  4. Andante = Sedang
  5. Moderato = Agak cepat sedang
  6. Allegro = Cepat
  7. Presto = Sangat Cepat

Tempo sering digunakan pada kesenian lagu, seperti lagu Kicir-kicir, Dengan Itu, Maka Tempo adalah Sebuah pengatur yang membantu dalam mengatur cepat atau lambatnya sebuah lagu dengan nama Dan daftar tertentu.

2. Amatilah notasi angka lagu ”Kicir-Kicir”. Sebutkan suku kata atau kata yang dinyanyikan dengan nada tinggi. Salinlah notasi 2 baris kalimat, lalu buatlah garis melodinya tanpa melihat notasi balok.

Jawaban :

Ma ya tuan dari jakarta
pat ya tuan…
gi ya tuan

(Yang tertinggi bagian Ma; Pat; Gi = E# (Mi))

notasi angka lagu Kicir-Kicir
notasi angka lagu Kicir-Kicir

3. Amatilah notasi angka lagu ”Kicir-Kicir”. Sebutkan suku kata atau kata yang dinyanyikan dengan nada sedang. Tulislah alasanmu.

Jawaban : Terendahnya pada kata bukan, suka, dan rajin. karena re merupakan nada terendah dalam lagu itu. bisa dilihat dari gambar yang terlampir.

4. Amatilah notasi angka lagu ”Kicir-Kicir”. Sebutkan suku kata atau kata yang dinyanyikan dengan nada rendah. Tulislah alasanmu.

Jawaban : Menghibur hati nanduka burung dara burung merpati

Demikian Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 6, jika ingin tau kunci jawaban lengkap kelas 4 tema 9 bisa cek disini.

rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *