rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3

3 min read

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 – berikut ini itseenews akan memberikan kunci jawaban 23, 25, 28, 29, 30. pada saat ini kita akan memasuki pembelajaran 3 yang mana beberapa waktu lalu itseenews membagikan kunci jawaban pada pembelajaran 2.

Nah, buat kamu yang penasaran bagaimana isi kunci jawaban lengkapnya mari langsung saja cek dibawah ini ya.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3

Kunci Jawaban Halaman 23

Ayo Berdiskusi

Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman sebangkumu.
Tuliskan hasilnya pada tempat yang disediakan.

1. Mengapa mata pencaharian penduduk berbeda sesuai lingkungan tempat hidupnya?

Jawaban :

Mata Pencaharian merupakan salah satu kegiatan dasar dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya mata pencaharian maka taraf hidup yang layak dapat tercapai. Mata pencaharian setiap tempat pun pasti tidak sama. Berikut kakak ulas mengenai pertanyaan yang adik ajukan beserta pertanyaan terkait lainnya.

Mengapa mata pencaharian penduduk berbeda sesuai lingkungan tempat hidupnya?

            Alasan mengapa mata pencaharian penduduk berbeda sesuai lingkungan tempat hidupnya, sebab hal ini guna mempermudah pekerjaan yang dilakukan serta guna mendapatkan hasil dan keuntungan yang maksimal. Tidak mungkin penduduk yang bertempat tinggal di daerah pegunungan akan bermata pencaharian sebagai nelayan, dan tidak mungkin penduduk yang bertempat tinggal di pesisir pantai akan bermata pencaharian sebagai petani kopi, yang ada penduduk yang tinggal di daerah pegunungan bermata pencaharian sebagai petani kopi, dan penduduk yang ada di pesisir pantai bermata pencaharian sebagai nelayan. Maka dari itu, mata pencaharian setiap penduduk tidaklah sama tergantung tempat yang ia tinggali.

2. Mengapa penduduk di desa dan di kota memiliki mata pencaharian
yang berbeda?

Jawaban :

Mengapa penduduk di desa dan di kota memiliki mata pencaharian yang berbeda?

            Hal mendasar yang menyebabkan mengapa penduduk di desa dan di kota memiliki mata pencaharian yang berbeda sebab kondisi lingkungan antara di perkotaan dan di pedesaan tidak sama. Di daerah pedesaan masih terdapat banyak lahan kosong, iklim yang sehat, serta tanah yang subur, sehingga mayoritas masyarakat yang berada di daerah pedesaan bermata pencaharian sebagai petani. Sedangkan di daerah perkotaan sangat minim lahan kosong, iklim yang banyak tercemar, serta tanah yang kurang subur, sehingga memaksa mayoritas masyarakat yang berada di daerah perkotaan bermata pencaharian di bidang jasa maupun perniagaan.

3. Apa perbedaan petani di daerah dataran rendah dan petani di daerah
dataran tinggi?

Jawaban :

Apa perbedaan petani di daerah pantai, petani di daerah dataran rendah, dan petani di daerah dataran tinggi?

1.    Petani pada dataran rendah dan pada daerah pantai menanam tanaman yang tahan terhadap paparan suhu tinggi, sedangkan petani pada dataran tinggi menanam tanaman yang sangat membutuhkan suhu ideal atau suhu dingin.

2.    Petani pada dataran rendah lebih banyak menanam komoditi seperti padi, kelapa, pisang, singkong, dan jagung. Petani pada daerah pantai lebih banyak berprofesi sebagai petani garam. Petani pada dataran tinggi lebih banyak menanam komoditi seperti kentang, kubis, apel, strawberry, kopi, teh, dan apel.

3.    Lahan pertanian yang digunakan petani pada dataran rendah bersifat basah dan hanya bisa hidup dengan bantuan air tawar. Lahan pertanian yang digunakan petani pada daerah pantai bersifat basah dan bisa hidup walaupun sedikit terdapat air tawar. Lahan pertanian yang digunakan petani pada dataran tinggi bersifat kering.

4.    Lahan pertanian yang digunakan petani pada dataran rendah kebanyakan harus dibajak terlebih dahulu untuk menghasilkan hasil yang maksimal. sedangkan petani di dataran tinggi dan daerah pantai tidak.

5.    Lahan pertanian yang digunakan petani pada dataran rendah dan daerah pantai biasanya kontur tanahnya datar, sedangkan petani pada dataran rendah kontur tanahnya berundak dan miring.

4. Apa yang dimaksud dengan pekerja jasa? Sebutkan contohnya.

Jawaban :

Apa yang dimaksud dengan pekerja jasa?

   Pekerjaan jasa merupakan pekerjaan yang tidak menghasilkan barang, melainkan pekerjaan yang menghasilkan nilai, manfaat, serta kemudahan bagi orang lain, organisasi, lembaga, maupun negara. Contoh pekerja jasa antara lain seperti driver ojek online, tukang cukur rambut, tukang becak, polisi, ibu rumah tangga, hakim, dsb.

Kunci Jawaban Halaman 25

Ayo Mengamati

  1. Bentuklah kelompok terdiri atas 3 siswa. Pilihlah teman yang tempat
    tinggalnya dekat dengan rumahmu.
  2. Amatilah keadaan lingkungan tempat tinggalmu. Apakah termasuk
    lingkungan kota, perdesaan, pesisir, atau pegunungan?
  3. Amatilah pula penduduk di lingkungan sekitar tempat tinggalmu. Kemudian,
    catatlah mata pencaharian penduduk di lingkungan sekitarmu.
  4. Buatlah laporan sederhana berdasarkan hasil pengamatanmu.
    Buatlah seperti contoh berikut.
  5. Kumpulkan hasilnya kepada guru.

Jawaban :

Laporan Hasil Pengamatan

Nama : (isi nama kamu/kelompokmu)
Kelas : (isi nama kelasmu)
Alamat : (isi alamat pengamatan/tempattinggalmu)

  1. Nama daerah tempat tinggalku : isi nama wilayah desa atau kelurahan tempat tinggalmu
  2. Tempat tinggalku termasuk daerah:
    a. Pantai
    b. Dataran rendah
    c. Dataran tinggi (pilih satu)
  3. Mata pencaharian penduduk di lingkungan tempat tinggalku : isi mata pencaharian penduduk lingkunganmu, misalnya nelayan, pedagang dan lain lain
  4. Transportasi penduduk di lingkungan tempat tinggalku : isi transportasi yang digunakan misalnya : perahu, motor, mobil, sepeda
  5. Kesenian di lingkungan tempat tinggalku : isi dengan nama kesenian yang khas atau populer didaerahmu misalnya wayang, tarian.

Kunci Jawaban Halaman 28

Jawablah pertanyaan berikut. Kemudian, bacakan hasil tulisan jawabanmu di depan kelas.

1. Siapa tokoh dalam cerita berjudul ”Asal Mula Bukit Catu”?

Jawab :

Berdasarkan cerita tersebut, tokoh-tokoh berikut ini berperan dalam cerita Bukit Catu:

  1. Pak Jurna
  2. Istri Pak Jurna
  3. Dewata
  4. Para tetangga Pak Jurna
  5. Seorang lelaki setengah baya

2. Apa saja peranan tokoh dalam cerita tersebut?

Jawab :
Peranan tokoh dalam Asal Mula Bukit Catu adalah sebagai tokoh-tokoh yang mengemban peristiwa dalam cerita sehingga cerita dapat terjalin dengan baik. Selain itu, tokoh-tokoh tersebut berperan sebagai pembawa pesan, amanat, dan moral yang disampaikan oleh pengarang melalui cerita tersebut kepada pembacanya.

3. Apa pesan yang terdapat pada cerita tersebut?

Jawab : Moral : Bersyukurlah atas segala sesuatu yang telah diberikan Yang Maha Kuasa. Jangan terlalu rakus dan sombong.

Kunci Jawaban Halaman 29

Ayo Berlatih

  1. Amatilah gambar di atas.
  2. Apa keragaman yang terdapat pada gambar?

Jawaban :

keragaman yang terdapat pada gambar Adalah keragaman dalam berkeluarga. dari gambar bisa disimpulkan = kerukunan atau rukun dan saling berkomunikasi yang muda dan tua dengan baik.

Kunci Jawaban Halaman 30

Ayo Mengamati

  1. Amatilah keragaman fisik dalam keluargamu.
  2. Lengkapi tabel berikut sesuai hasil pengamatanmu.
  3. Tulislah kesimpulan dari hasil pengamatanmu.

Jawab :

keragaman fisik dalam keluarga
keragaman fisik dalam keluarga

Kesimpulan : hasil pengamatan saya setiap anggota keluarga memiliki kemiripan mulai dari warna kulit, jenis rambut, tinggi badan, dan berat badan.

Demikian Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3, jika kamu ingin tau kunci jawaban lengkap kelas 4 tema 8 mari simak disini.

rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *