rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 6

5 min read

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 6

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 42, 43, 44, 45, 46, 47, 48, 49.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 6
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 6

hallo adik adik kali ini itseenews.com akan bagikan Pembelajaran 6 yaitu kelanjutan dari artikel sebelumnya pembelajaran 5. pembelajaran 6 ini kita akan membahas sumber daya alam dan bilangan.

Nah, Buat Adik adik yang ingin tau bagaimana isi kelanjutanya bisa langsung simak dibawah ya. kunci jawaban ini dibuat untuk mempermudah peserta didik tingkat sekolah SD kelas 4 . adik adik bisa menjadikan kunci kunci jawaban ini sebagai panduan dan menjabarkan sendiri isi dari kunci jawaban ini.

Jawaban Halaman 42-43

Ayo Berdiskusi

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 6
Sumber Energi

Minyak Bumi merupakan sumber energi yang memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Manusia dapat melakukan berbagai aktivitas dan rutinitas karena dukungan dari minyak bumi.

Amati gambar di atas dan jawab pertanyaan berikut.

1. Apa yang diceritakan gambar di atas?

Jawab : Gambar Itu Menunjukkan Aktivitas Yang dilakukkan sehari hari.

2. Sebutkan gambar-gambar yang mendukung alasanmu terkait penggunaan sumber energi minyak bumi?

Jawab : Minyak bumi dapat menjadi bahan bakar jika diolah menjadi ,misal bensin, solar.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 6
isi bahan bakar kendaraan
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 6
minyak bumi

Buatlah tulisan dengan menggunakan jawaban-jawaban di atas.

Jawab : Minyak bumi adalah istilah yang meluas dalam kehidupan sehari-hari. Sebelumnya orang menggunakan istilah minyak tanah atau minyak yang dihasilkan dari dalam tanah namun istilah yang lazim dipakai sekarang adalah miyak bumi sementara kata ‘minyak tanah’ lazim digunakan untuk menyebut bahan bakar kompor minyak atau bahasa Inggrisnya kerosene. Secara harfiah, minyak bumi berarti ‘minyak di dalam perut bumi’. Istilah minyak bumi lebih tepat karena minyak ini terdapat didalam perut bumi bukan didalam tanah. 5.0 .

Sekarang buatlah gambar yang menceritakan ajakan untuk menghemat penggunaan bahan bakar minyak.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 6
hemat bahan bakar
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 6
hemat bbm

Tukarkan gambar yang kamu buat dengan teman yang duduk di sebelah.
Mintalah teman menceritakan tentang isi gambar yang kamu buat.

Jawaban Halaman 44-45

Ayo Membaca

Tukarkan gambar yang kamu buat dengan teman yang duduk di sebelah.
Mintalah teman menceritakan tentang isi gambar yang kamu buat.

Minyak bumi merupakan salah satu sumber energi. Kita sebagai warga negara mempunyai hak untuk memanfaatkan minyak bumi dalam mendukung aktivitas sehari-hari. Namun di sisi lain, kita juga mempunyai kewajiban untuk menghemat penggunaan minyak bumi.

Minyak bumi merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui karena proses pembentukan minyak bumi membutuhkan waktu yang lama, bisa mencapai jutaan tahun. Permintaan untuk minyak bumi dari tahun ke tahun terus bertambah. Sebaliknya, ketersediaan minyak bumi dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan. Dengan semakin langkanya persediaan minyak bumi, pemerintah mengimbau setiap warga negara untuk menggunakan minyak bumi secara bijak.

Jawablah pertanyaan di bawah ini berdasarkan bacaan di atas.

1. Kita sebagai warga negara mempunyai hak untuk memanfaatkan minyak bumi dalam mendukung kegiatan sehari-hari.

Apa maksud dari pernyataan tersebut? Berikan beberapa contoh.

Jawab : Maksud dari pernyataan diatas adalah setiap WNI berhak memanfaatkan sumber daya alam yang ada dan terdapat di wilayah nusantara, karena sudah merupakan harta milik rakyat dan rakyat memiliki hak asasi untuk memenuhi kebutuhannya demi penghidupan yang layak asalkan dalam porsi yang tidak berlebihan.Contohnya antara lain rakyat berhak mendapatkan akses untuk gas alam bila memungkinkan, menggunakan bensin dan minyak kelapa bagi konsumsinya hingga mengembangkan industri tambang timah untuk memasok kebutuhan daerah sekitarnya.

2. Apa yang terjadi jika warga negara tidak mendapatkan haknya?

Jawab :

  1. Konflik antara warga negara dengan pemerintah
  2. Ketidakseimbangan antara hak dan kewajiban
  3. Memunculkan rasa acuh terhadap kewajiban
  4. Menimbulkan rasa tidak percaya terhadap pemerintah

3. Kita sebagai warga negara berkewajiban untuk menghemat penggunaan
minyak bumi.
Apa maksud dari pernyataan tersebut? Berikan contohnya.

Jawab : Kita sebagai warga negara berkewajiban untuk menghemat penggunaan minyak bumi.  

Dikarenakan Minyak bumi merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui karena proses pembentukan minyak bumi membutuhkan waktu yang lama, bisa mencapai jutaan tahun serta permintaan untuk minyak bumi dari tahun ke tahun terus bertambah sehingga ketersediaan minyak bumi dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan. Dengan semakin langkanya persediaan minyak bumi maka pemerintah menghimbau setiap warga negara untuk menggunakan minyak bumi secara bijak.

Ketersediaan sumber daya alam minyak bumi sangat terbatas, kewajiban sebagai warga negara adalah menghemat penggunaan minyak bumi. Kita harus berhemat seperti gas , bensin dan sebagainya

Beberapa cara penggunaan minyak bumi secara tepat dan bijak.

  1. Menghemat penggunaan bbm dengan menggunakan transportasi umum. Jenis kendaraan/ transportasi umum yang membutuhkan BBM, misalnya saja mobil pribadi, bus, truk, dan kendaraan lainnya.
  2. Mengurangi pemakaian kantong plastik karena plastik jg salah satu turunan minyak bumi
  3. Menggunakan sumber energi alternatif yang lebih ramah lingkungan seperti matahari, air, atau angin. Jika belum tersedia di tempat tinggal kita, bisa dimulai dengan hal sederhana seperti menghemat pemakaian listrik dan air.

4. Apa yang terjadi jika kita tidak menjalankan kewajiban kita dengan baik? Jelaskan.

Jawab : Kewajiban perlu dilaksanakan dengan baik, tidak melulu meminta hak kita saja. Kewajiban adalah sesuatu yang sifatnya harus dilaksanakan, pertama kali sebelum mendapatkan hak.

Semisal kita berkewajiban untuk menghormati orangtua dan anggota keluarga, kemudian kita memiliki hak untuk memperoleh kasih sayang serta perhatian dari keluarga, terutama orangtua. Kewajiban berdampingan dengan hak, sama seperti kita memiliki hak untuk dihargai tapi kita juga memiliki kewajiban untuk menghargai orang lain.

Ketika kewajiban tidak terlaksanakan dengan baik, akibatnya kita tidak mendapatkan hak kita juga, seperti jika kita tidak mau menghargai orang lain, otomatis orang juga tidak akan menghargai kita. Selain itu kita akan dikucilkan masyarakat karena tidak bisa menjalankan kewajiban dan semata-mata meminta hak.

5. Berikan saranmu cara memanfaatkan minyak bumi secara bijak!

Jawab : Minyak bumi merupakan salah satu jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, artinya minyak bumi baru akan berproduksi lagi setelah berjuta-juta tahun kemudian. Oleh sebab itu minyak bumi rawan mengalami kelangkaan salah satunya karena digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor.

Jadi cara pertama untuk menghemat minyak bumi adalah menggunakan transportasi umum untuk bepergian sehingga mengurangi penggunaan kendaraan pribadi yang berpengaruh pada tingkat penggunaan bahan bakar.

Selain itu kita bisa membiasakan diri dengan berjalan kaki untuk berjalan ke tujuan yang dekat dengan tempat kita berada. Yang kedua hindari menggunakan bahan-bahan yang sulit didaur ulang misalnya plastik, Itulah sebabnya banyak rumah makan yang sudah mengganti wadah makanan dengan menggunakan kertas yang sekiranya berarti mudah didaur ulang agar tidak menimbulkan pencemaran.

Yang terakhir adalah hal yang selalu diupayakan oleh pemerintah terkait sumber daya energi yaitu tentang penggunaan sumber daya alternatif sehingga dapat meminimalisasi terjadinya kelangkaan minyak bumi akibat penggunaan yang berlebihan oleh masyarakat.

Diskusikan jawabanmu secara berkelompok.

Jawaban Halaman 47-48

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 6
sumber energi yang kita perlukan agar tubuh bisa bergerak

Kendaraan memerlukan energi agar dapat bergerak. Begitu pula dengan tubuh kita. Apakah kamu masih ingat sumber energi yang kita perlukan agar tubuh bisa bergerak?

Ayo Renungkan

Kamu sudah melakukan permainan melempar dan menangkap bola dengan guru temanmu. Diskusikan teknik gerakan dengan gurumu.

Setelah melakukan kegiatan, diskusikan hal berikut dengan teman dalam kelompokmu.

Apakah kamu sudah dapat melempar dan menangkap bola dengan baik dalam permainan ini? Jelaskan.

Jawab : Sudah dalam permainan Bola besar

Bagaimana dengan siswa lain dalam kelompokmu? Apakah mereka sudah dapat melempar dan menangkap bola dengan baik? Jelaskan.

Jawab : Ya, karena mereka memerhatikan bola.

Apa saja yang perlu kamu perhatikan ketika melempar bola? Jelaskan.

Jawab : Teknik melempar, memukul,aturan main

Apa saja yang perlu kamu perhatikan ketika menangkap bola? Jelaskan.

Jawab :

  1. Arah datangnya bola
  2. Menahan tekanan bola
  3. Menentukan jarak menangkap bola

Apabila kamu diberi kesempatan untuk mengulangi kegiatan, perbaikan apa yang harus dilakukan?

Jawab : Memperhatikan betul apa yang salah dalam lemparan kita. kita tidak boleh mengulangi kesalahan tersebut dan kita harus melakukan dengan betul

Jawaban Halaman 49

Kamu sudah melakukan permainan melempar dan menangkap bola secara berkelompok.

Baca lagi cara bermainnya dan diskusikan teknik gerakan dengan gurumu.
Selanjutnya, diskusikan hal berikut dengan teman dalam kelompokmu.

1. Apakah kelompokmu berhasil menjadi pemenang? Mengapa?

Jawab : ya, karena berhasil melempar dan menangkap bola dengan tepat.

2. Sikap apa yang harus ditunjukkan oleh anggota kelompok agar menjadi pemenang?

Jawab : bersemangat dan kerjasama tim/kelompok.

3. Bagaimana perasaanmu saat mengalami kekalahan?

Jawab : berlapang dada dan ikhlas untuk menerima kekalahan.

4. Apa yang harus kamu lakukan ketika mengalami kekalahan?

Jawab :

KALAU KALAH

  • Kita harus lapang dada
  • kita harus menghargai kerja keras kita, dan jangan menyalahkan teman sesama tim
  • kekalahan adalah permulaan dari suatu kemenangan

JIKA MENANG

  • Kita tdk boleh angkuh
  • belum tentu setiap saat kita menang. Maka itu harus selalu rendah hati
  • jangan terlalu membanggakan diri

5. Bagaimana sikap yang harus kamu tunjukkan kepada tim yang kalah?

Jawab : Hormati lawan dan ucapan semangat serta spotifitas.

6. Bagaimana sikap yang harus kamu tunjukkan kepada tim yang menang?

Jawab : Menerima atas kekalahan kelompok kita dan memberikan ucapan selamat kepada kelompok yang menang

Sampaikan hasil diskusimu kepada kelompok lain. Apakah hasil diskusi mereka memiliki persamaan dengan hasil diskusi kelompokmu?

Jawab : Hasil diskusi kelompok berbeda beda. Tapi ada jg yang ada persamaan nya

Kerja sama Dengan Orang Tua

Sampaikan hasil refleksi belajar selama satu minggu ini kepada orang tuamu.

Bagaimana sampaikan perasaanmu saat belajar, apa yang sudah dipelajari, dan kegiatan apa saja yang sangat bermanfaat dan menarik.

Sampaikan hasilnya kepada gurumu.

Jawab : setiap siswa mempunya jawaban dan kesan berbeda beda selama belajar seminggu disekolah.

Demikian Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 6, jika ingin tau Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 2 bisa cek disinisemoga bemanfaat

rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *