rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 5

6 min read

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 5

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 28, 29, 30, 31, 32, 34, 35.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 5

hallo adik adik kali ini itseenews.com akan bagikan Pembelajaran 5 yaitu kelanjutan dari artikel sebelumnya pembelajaran 4. pembelajaran 5 ini kita akan membahas sumber daya alam dan bilangan.

Nah, Buat Adik adik yang ingin tau bagaimana isi kelanjutanya bisa langsung simak dibawah ya. kunci jawaban ini dibuat untuk mempermudah peserta didik tingkat sekolah SD kelas 4 . adik adik bisa menjadikan kunci kunci jawaban ini sebagai panduan dan menjabarkan sendiri isi dari kunci jawaban ini.

Jawaban Halaman 37

Ayo Mengamati

Amati Gambar Berikut

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 5
sumber energi yang digunakan untuk mengeringkan ikan

Diskusikan dengan temanmu tentang sumber energi yang digunakan untuk mengeringkan ikan.

Tulis kesimpulan dari hasil diskusimu pada kolom berikut.

Jawab : Sumber energi yang digunakan adalah energi matahari.Energi matahari menghasilkan energi panas secara alami.Karena itu,nelayan atau penjual ikan asin akan mengeringkan ikannya dibawah terik matahari

Jawaban Halaman 38

Tahukah kamu bahwa Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia? Sebagian besar wilayah Indonesia adalah kawasan kepulauan dengan sumber daya yang sangat tinggi nilai ekonomisnya. Salah satu contohnya adalah Banyuwangi. Panjang garis pantai kabupaten yang berada paling ujung timur Pulau Jawa ini sekitar 175 kilometer. Dengan potensi besarnya, Banyuwangi konsisten menjadi penghasil ikan laut terbesar setelah Bagan Siapiapi. Dan bahkan, hingga kini masih terus mendominasi hasil perikanan di Indonesia, baik perikanan tangkap maupun industri perikanan lainnya.

Kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini telah berhasil melakukan ekspor hingga ke 18 negara. Sistem pengalengan sudah cukup maju. Ditambah lagi industri besar di Pelabuhan Muncar, Banyuwangi terus berkembang. Kabupaten ini sendiri mencatatkan pertumbuhan produksi ikan tangkap yang konsisten, yaitu sebesar 31.600 ton pada 2011 dan naik cukup besar menjadi 44.570 ton pada tahun berikutnya.

Pada tahun 2013, produksi ikan tangkap Banyuwangi mencapai 49.539 ton, dengan jenis ikan tangkap terbanyak adalah ikan layang dan lemuru. Dalam bidang perikanan, Bayuwangi menyerap banyak tenaga kerja, mulai dari nelayan, pekerja industri perikanan, hingga industri rumahan.

1. Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks. Bagaimana kaitan antara letak Banyuwangi dengan sumber daya alam di wilayah tersebut? Jelaskan.

Jawab : Kaitan antara letak banyuwangi dengan sumber daya alam di wilayah tersebut adalah:

  1. Letak di tepi Selat Bali dan Samudera Hindia membuat Banyuwangi kaya akan potensi perikanan.
  2. Letak di lereng Gunung Ijen memberi potensi pertanian padi di daratan rendah, perkebunan kopi di wilayah tinggi dan tambang belerang di kawah Ijen.

Pembahasan :

Banyuwangi adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Banyuwangi terletak di ujung timur Jawa di semenanjung Blambangn dan adalah kabupater paling timur di pulau Jawa. Banyuwangi memiliki luas 5782 km persegi dan penduduk sejumlah 1.556.078 jiwa. Banyuwangi memiliki kekayaan sumberdaya alam.

Di wilayah perairan, Banyuwangi diuntungkan posisinya di Selat Bali dan Samudera Hindia. Dengan posisi ini perikanan berkembang pesat terutama di pelabuhan Muncar. Penangkapan ikan di Muncar didominasi oleh perikanan ikan Lemuru.

Bagian barat Banyuwangi berbatasan dengan Gunung Ijen. Gunung setinggi 2799 meter ini menjadi sumber mata air yang menopang pertanian di Banyuwangi. Di lereng Ijen di daerah tinggi banyak ditanam kopi dari varietas Arabica. Hasil kopi ini diekspor diberbagai negara.

Di puncak Ijen banyak terdapat para penambang belerang atau sulfurm penambang ini memanfaatkan aliran uap belerang yang keluar dari kawah Ijen. Uap ini akan mendingin membentuk balok belerang yang kemudian diangkut penambang ke pabrik belerang.

2. Bagaimana kaitan antara sumber daya alam dengan kehidupan masyarakat Banyuwangi? Jelaskan.

Jawab : Kaitan antara sumberdaya alam Banyuwangi dengan kehidupan warga di wilayah
tersebut adalah:

  1. Wilayah laut yang kaya akan potensi perikanan membuat banyak penduduk yang
    bekerja sebagai nelayan.
  2. Tanah subur di lereng Gunung Ijen dan Raung membuat banyak warga bekerja
    sebagai petani padi dan tebu di daratan rendah dan petani kopi di wilayah tinggi
  3. Kawah Ijen yang kaya belerang membuat adanya penduduk yang bekerja sebagai penambang belerang

Pembahasan :

Banyuwangi adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Banyuwangi terletak di ujung timur Jawa di semenanjung Blambangan dan adalah kabupaten paling timur di pulau Jawa. Banyuwangi memiliki luas 5782 km persegi dan penduduk sejumlah 1.556.078 jiwa. Penduduk Banyuwangi banyak yang bekerja sebagai petani dan nelayan.

Di wilayah perairan, Banyuwangi diuntungkan posisinya di Selat Bali dan Samudera Hindia. Dengan posisi ini perikanan berkembang pesat terutama di pelabuhan Muncar. Penangkapan ikan di Muncar didominasi oleh perikanan ikan Lemuru.

Banyak warga Banyuwangi yang bekeja sebagai nelayan di Muncar dan sekitarnya. Bagian barat Banyuwangi berbatasan dengan Gunung Ijen. Gunung setinggi 2799 meter ini menjadi sumber mata air yang menopang pertanian di Banyuwangi. Di lereng Ijen di daerah tinggi banyak ditanam kopi dari varietas Arabica. Hasil kopi ini diekspor diberbagai negara.

Di wilayah dataran rendah, selain padi juga ditatanm tebu. Tebu ini kemudian diolah menjadi gula di parbik gula Glenmore. Di puncak Ijen banyak terdapat para penambang belerang atau sulfur. Penambang ini memanfaatkan aliran uap belerang yang keluar dari kawah Ijen. Uap ini akan mendingin membentuk balok belerang yang kemudian diangkut penambang ke pabrik belerang.

Jawaban Halaman 39

Bagaimana dengan wilayah tempat tinggalmu? Apa saja sumber daya alam yang dimiliki oleh kabupaten atau kota tempat tinggalmu? Bagaimana sumber daya alam tersebut memengaruhi kehidupan masyarakat setempat?

Ayo, cari tahu melalui wawancara dan studi pustaka. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Jawab :

Di wilayah tempat tinggal saya ada banyak sumber daya alam seperti curah hujan tinggi, tanah yang subur, kelembaban udara yang baik, air yang melimpah, kondisi iklim yang secara keseluruhan baik.

Sumber daya alam yang ada di kota tempat saya tinggal tersebut sangat MEMPENGARUHI kehidupan masyarakat sempat sebab kondisi sumber daya alam tersebutlah yang menentukan KEGIATAN EKONOMI masyarakat. Kondisi iklim yang baik dengan curah hujan melimpah, kelembaban udara yang tinggi serta tanah yang subur menjadikan kegiatan pertanian, perkebunan, peternakan juga pariwisata tumbuh subur di wilayah tempat tinggal saya.

Alternatif : siswa bisa menceritakan keadaan wilayah dan sumber daya alamnya.

Perhatikan informasi yang diambil dari bacaan tadi.

Pertumbuhan produksi ikan tangkap di Banyuwangi sebesar 31.600 ton pada
2011, 44.570 ton pada tahun 2012, dan 49.539 ton pada 2013.

Taksirlah jumlah produksi ikan selama 3 tahun berdasarkan informasi di atas.

Jawab :

Untuk melakukan penaksiran suatu bilangan, kita lihat angka disebelah kanan angka yang akan ditaksir.
1) Jika angka disebelah kanannya ≥ 5 (5, 6, 7, 8, 9) maka maka angka yang ditaksir bertambah satu dan angka yang disebelah kanannya menjadi 0
2) Jika angka disebelah kanannya < 5 (4, 3, 2, 1) maka angka yang ditaksir angkanya tetap dan angka yang disebelah kanannya menjadi 0  

Untuk penaksiran jumlah produksi ikan selama tiga tahun tersebut, tergantung dari penaksirannya ke posisi apa, apakah ke puluhan, ratusan, ribuan atau puluh ribuan

• Penaksiran ke puluhan terdekat
31.600 + 44.570 + 49.539
= 31.600 + 44.570 + 49.540
= 125.710 ton

• Penaksiran ke ratusan terdekat
31.600 + 44.570 + 49.539
= 31.600 + 44.600 + 49.500
= 125.700 ton

• Penaksiran ke ribuan terdekat
31.600 + 44.570 + 49.539
= 32.000 + 45.000 + 50.000
= 127.000 ton

• Penaksiran ke puluh ribuan terdekat
31.600 + 44.570 + 49.539
= 30.000 + 40.000 + 50.000
= 120.000 ton

Jelaskan bagaimana cara kamu melakukan penaksiran.

Jawab : Pembulatan bilangan dilakukan untuk mempermudah ketika menentukan hasil operasi hitung. Pembulatan bilangan dapat dilakukan ke puluhan, ratusan, ribuan, puluh ribuan, dan seterusnya terdekat.

Langkah-langkahnya pembulatan ke puluhan terdekat sebagai berikut.

  1. perhatikan angka pada tempat satuan;
  2. jika angka satuan kurang dari 5, maka
    bulatkan ke bawah dan jika angka satuan lebih dari atau sama dengan 5, maka
    bulatkan ke atas.

Langkah-langkah pembulatan ke ratusan terdekat sebagai berikut.

  1. perhatikan angka pada tempat puluhan;
  2. jika angka puluhan kurang dari 5, maka
    bulatkan ke bawah dan jika angka puluhan lebih dari atau sama dengan 5, maka
    bulatkan ke atas.

Lakukan hal yang sama untuk pembulatan ke ribuan, puluh ribuan, ratus ribuan, dan seterusnya terdekat.

Penaksiran hasil operasi hitung, artinya perkiraan hasil operasi hitung mendekati hasil sebenarnya.

Setiap bilangan dibulatkan ke puluhan, ratusan,ribuan, puluh ribuan, dan seterusnya terdekat. Hasinya baru dijumlah, dikurang, dikali, atau dibagi sesuai operasi hitung yang diberikan.

Ada 3 jenis taksiran.

1. taksiran tinggi, yaitu semua bilangan dibulatkan ke atas.

Contoh :

48 + 43 = 50 + 50 = 100

2. taksiran rendah, yaitu semua bilangan dibulatkan ke bawah.

Contoh :

48 + 43 = 40 + 40 = 80

3. Taksiran baik, yaitu taksiran yang mengikuti aturan pembulatan bilangan.

Contoh :

Tentukan taksiran hasil operasi berikut ke
puluhan terdekat!

48 + 43 = 50 + 40 = 90.

122 – 68 = 120 – 70 = 50

33 x 25 = 30 x 30 = 900

247 : 45 = 250 : 50 = 5

Tentukan taksiran hasil operasi berikut ke ratusan terdekat!

136 + 269 = 100 + 300 = 400

377 – 128 = 400 – 100 = 300

323 x 185 = 300 x 200 = 60.000

1.637 : 212 = 1.600 : 200 = 8

Jawaban Halaman 40

Perhatikan soal berikut. Seorang nelayan memperoleh ikan sebanyak 120 kg hari ini. Ikan tersebut dijual sama rata kepada 4 pembeli.

1.taksiran berat ikan yang didapat oleh setiap pembeli??
2.jika setiap pembeli membayar Rp17.000,-per kg, taksirlah berapa uang yang harus dibayar masing pembeli??
3.berapa jumlah total yang diterima?

Jawab :

1. berapa taksiran yang didapat oleh setiap pembeli= 120/4= 30 kg setiap orang.

2. jika pembeli membayar uang 17.000 berapa uang yang harus dibayar = 17.000 × 20 = Rp. 510.000 setiap pembeli.

3. berapa totalnya yang di terima oleh nelayan 340.000 × 4 pembeli = Rp. 2.010.000

Sebanyak 148 warga desa Muara Baru bekerja sebagai petani, 257 warga bekerja sebagai nelayan, 106 warga bekerja sebagai buruh pabrik, 467 bekerja sebagai pedagang, 325 warga bekerja sebagai ibu rumah tangga, dan sisanya tidak mempunyai pekerjaan. Jika jumlah warga desa Muara Baru adalah 1100 orang, taksirlah jumlah warga yang tidak mempunyai pekerjaan.

Jawab :

Diketahui :

Petani baru = 148 warga

Nelayan = 257 warga

Buruh pabrik = 106 warga

Pedagang = 467 warga

Ibu rumah tangga = 325 warga

Jumlah seluruh warga = 1.100 warga

Ditanyakan :

Taksiran jumlah warga yang tidak mempunyai pekerjaan = … ?

Jawab :

Dalam hal ini, ibu rumah tangga bukanlah suatu pekerjaan (kemungkinan dari 325 ibu rumah tangga ini ada juga yang bekerja sebagai petani baru, nelayan, buruh pabrik, pedagang ataupun tidak bekerja). Jadi ibu rumah tangga tidak kita hitung untuk mencari jumlah warga yang mempunyai bekerja.

Perhitungan dengan taksiran puluhan terdekat

Petani baru = 148 ditaksir menjadi 150

Nelayan = 257 ditaksir menjadi 260

Buruh pabrik = 106 ditaksir menjadi 110

Pedagang = 467 ditaksir menjadi 470

Jumlah warga yang mempunyai pekerjaan

= 150 + 260 + 110 + 470

= 990

Jadi jumlah warga yang tidak memiliki pekerjaan  

= 1.100 – 990

= 110 warga

Perhitungan dengan taksiran ratusan terdekat

Petani baru = 148 ditaksir menjadi 100

Nelayan = 257 ditaksir menjadi 300

Buruh pabrik = 106 ditaksir menjadi 100

Pedagang = 467 ditaksir menjadi 500

Jumlah warga yang mempunyai pekerjaan

= 100 + 300 + 100 + 500

= 1.000

Jadi jumlah warga yang tidak memiliki pekerjaan  

= 1.100 – 1.000

= 100 warga

Perhitungan tanpa penaksiran

Jumlah warga yang mempunyai pekerjaan

= 148 + 257 + 106 + 467

= 978

Jadi jumlah warga yang tidak memiliki pekerjaan  

= 1.100 – 978

= 122 warga

Kesimpulan  
Jadi jumlah warga yang tidak memiliki pekerjaan diperoleh dengan :

penaksiran ke puluhan terdekat = 110 warga
penaksiran ke ratusan terdekat = 100 warga
tanpa penaksiran = 122 warga

Jawaban Halaman 41

Buatlah soal cerita tentang penaksiran.

Jawab :

1) Jumlah penonton yang duduk di sisi kanan stadion adalah 1.234 orang. Sementara jumlah penonton yang ada di sisi kiri stadion adalah 9.876orang. Sementara itu jumlah penonton yang belum masuk ke stadion adalah 2.453 orang. Taksirlah jumlah keseluruhan penontton yang nantinya akan berada di dalam stadion.

2) Jumlah siswa kelas 1 SD suka maju  adalah 158 siswa. Di kelas 2 ada 432 siswa. Sementara di kelas 3 ada648 murid. Taksirlah jumlah keseluruhan siswa SD suka maju!

Tukarkan cerita yang telah kamu buat dengan teman sebangkumu. Minta temanmu tersebut menyelesaikan cerita yang telah kamu buat.
Diskusikan jawaban yang telah kamu buat bersama-sama.

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
• Apakah hal tersebut bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari?
• Bagaimana perasaanmu selama belajar?
• Apakah ada hal lain yang ingin kamu ketahui?

Jawab : Sangat menyenangkan dan sungguh bermanfaat dan aku ingin mengetahuinya lebih lanjut untuk menambah wawasanku

Kerja Sama dengan Orang Tua

Amatilah pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan rumah dan sekitar
tempat tinggalmu.
Tuliskan hasil pengamatanmu di bawah ini.

Jawab : banyak sekali pohon pohon rindang yang sangat indah dan banyak orang yg menikmatinya

Demikian Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 5, jika ingin tau Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 2 bisa cek disini. semoga bemanfaat

rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *