rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Kisi-kisi Soal USBN UN Smp Sma SmkTerbaru 2019

2 min read

Kisi-kisi Soal USBN SMP SMA SMK Terbaru 2019
Kisi-kisi Soal USBN SMP SMA SMK Terbaru 2019
Kisi-kisi Soal USBN SMP SMA SMK Terbaru 2019

Kisi-kisi Soal USBN SMP SMA SMK 2019 – tak terasa sudah memasuki bulan januari, pada bulan maret yang identik dengan ujian sekolah untuk para siswa dan siswi di smp sma maupun smk. para guru sudah sibuk dengan les, tryout maupun latihan latihan soal untuk para murid didikanya.

berbagai hal dilakukan seperti belajar dan membeli buku kisi kisi soal UASBN 2019 sebagai langkah untuk mengasah otak dan permudah saat ujian tiba.

nah, baru baru ini kemendikbud memberikan Kemendikbud berikan bocoran kisi-kisi soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2019 dan Ujian Nasional (UN) 2019 yang materi soalnya telah dibocorkan oleh Kemendikbud.

Kisi-kisi soal USBN 2019 dan UN 2019 ini berisi materi soal yang akan keluar dan dikerjakan siswa nantinya. Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP) selaku penyelenggara ujian nasional secara resmi telah merilis kisi-kisi soal USBN dan UN untuk tahun 2019.

Pemindaian kisi-kisi UN 2019 dan USBN 2019 dapat dilakukan melalui akun Instagram Kemendikbud @kemdikbud.ri, sedangkan tautan kisi soal dapat diakses melalui:

  1. Kisi-kisi UN Tahun Pelajaran 2018/2019: Download Disini!!!
  1. Kisi-kisi USBN Tahun Pelajaran 2018/2019: Download Disini !!!

Pengamatan rahmadjazuli.com, kisi-kisi UN diberikan untuk program/jenjang: Progam Paket B dan C, SMK, SMK Luar Biasa (LB), SMA, SMA LB, dan SMK.

Sedangkan kisi-kisi USBN terdiri atas: USBN Kurikulum 2006, USBN Kurikulum 2013, USBN Mata Pelajaran Agama, USBN (Pendidikan Khusus-Layanan Khusus) PKLK Kurikulum 13, USBN Pondok Pesantren Salafiyah dan USBN SD (Irisan).

BSNP merupakan lembaga ditunjuk sebagai pelenggara UN dengan tanggungjawab:

  1. Menelaah dan menetapkan kisi-kisi UN
  2. Menyusun dan menetapkan Pedoman Operasional Standar UN;
  3. Menetapkan naskah soal UN;
  4. Melakukan pemantauan, evaluasi, dan menyusun rekomendasi perbaikan pelaksanaan UN kepada Menteri.
  5. Aturan Baru SBMPTN

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akan menerapkan aturan baru dalam Seleksi Bimbingan Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.

Menristekdikti Mohamad Nasir dalam konferensi pers Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 menyampaikan, terdapat sejumlah ketentuan baru berbeda dari tahun sebelumnya,Seperti metode perekrutan.

Jika dulu peserta memilih Perguruan Tinggi dulu baru tes, kini tes dulu baru memilih daftar perguruan tinggi

“Kalau tahun sebelumnya peserta daftar dulu baru tes, maka ketentuan di tahun 2019 adalah tes dulu kemudian dapat nilai. Nah, nilai tersebut dipakai untuk mendaftar ke perguruan tinggi negeri,” jelas Menristek, Mohammad Nasir

Menurutnya, kebijakan tersebut terkait pengembangan model dan proses seleksi berstandar nasional dan mengacu pada prinsip adil, transparan,fleksibel, efisien, akuntabel serta sesuai perkembangan teknologi informasi di era digital.

Lebih lanjut, Nasir menjelaskan pola seleksi masuk PTN tahun 2019 tetap akan dilaksanakan melalui tiga jalur, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri.

Dengan masing-masing daya tampung SNMPTN minimal 20%, SBMPTN minimal 40%, dan Seleksi Mandiri maksimal 30% dari kuota daya tampung tiap prodi di PTN.

Menristek menambahkan, pelaksanaan SBMPTN 2019 hanya ada satu moda tes, yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Mulai tahun mendatang metode Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) ditiadakan dan UTBK berbasis Android sementara belum diterapkan karena masih dalam taraf pengembangan.

Sementara itu, mulai tahun depan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN akan diselenggarakan 24 kali dalam setahun.

“Kami akan menyelenggarakan UTBK selama 24 kali dalam setahun, dalam waktu 12 hari yakni Sabtu dan Minggu,” kata Ketua Panitia SBMPTN 2018 sekaligus Rektor Universitas Sebelas Maret Ravik Karsidi.

Pelaksanaan SBMPTN akan dilaksanakan bulan Maret 2019 dan akan serentak dimulai pukul 08.00 dan pukul 13.00 WIB.

Berikut ini 5 aturan baru SBMPTN 2019 dan perbedaaanya dibanding dengan sistem ujian masuk SBMPTN tahun-tahun sebelumnya.

5 aturan baru SBMPTN 2019

1. Waktu Pelaksanaan

Lain dengan tes-tes masuk ujian pada umumnya, SBMPTN kali ini digelar selama 24 hari.

Tiap minggu digelar 2 kali. Setiap hari Sabtu dan Minggu.

Kabar baiknya, masing-masing siswa pun bisa memilih hari dan tanggal ujiannya.

Namun begitu waktu ujian dipercepat.

Jika SBMPTN sebelumnya digelar sekitar bulan Mei, kini akan dimulai Maret 2019 Hingga Mei 2019.

Itu artinya, waktu persiapan semakin mepet.

2. Dua Kali Ujian

Ravik menjelaskan, pada SBMPTN tahun ini, masing-masing siswa memiliki kesempatan 2 kali tes.

Siswa pun bisa menimbang dari 2 hasil tes yang keluar. Hasil yang mana yang akan dipakai untuk mendaftar ke Perguruan Tinggi.

3. Hasil Tes Diumumkan Lebih Cepat

Sistem tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) ini dinilai menguntungkan.

Ini disebabkan tes yang keluar lebih cepat. Hasil UTBK bakal keluar dalam 10-15 hari.

4. Hasil Tes UTBK Bukan Penentuan Akhir

Ravik menjelaskan, hasil UTBK tidak sama dengan hasil akhir tes.

Hasil UTBK akan dipakai untuk mendaftar ke PTN. Lolos atau tidaknya siswa, hal itu tergantung nilai rata-rata para pesaing.

“Penyelenggaraan tes dibedakan dengan seleksi penerimaan mahasiswa baru. Kalau dulu, begitu memilih atau mendaftarkan, peserta langsung tes, langsung pengumuman. Sekarang tidak,” ucapnya.

5. Jenis Tes

Tes SBMPTN kali ini akan diikuti 2 materi tes. Yakni Tes Potensi Akademik atau TPA.

Sedangkan tes kedua adalah tes kemampuan komprehensif. Durasi tes tersebut lebih-kurang 2,5 jam.

Ihwal kebaruan tes SBMPTN, Ravik mengatakan mereka akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah.

rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *