rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Keutamaan Dan Manfaat Wudhu Sebelum Tidur

1 min read

Manfaat Wudhu Sebelum Tidur

Keutamaan Dan Manfaat Wudhu Sebelum Tidur – Wudhu adalah salah satu syarat sah untuk salat. Selain itu, menurut ulama sesuai hadis nabi, ternyata berwudhu punya manfaat sangat besar jika dilakukan sebelum tidur.

Manfaat Wudhu Sebelum Tidur
Manfaat Wudhu Sebelum Tidur

Rasulullah bersabda, “Barangsiapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berkata’ Ya Allah ampunilah hamba mu sifulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci “. (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar ra).

Wudhu tidak hanya menjadi suatu hal yang wajib dilakukan umat muslim ketika ingin sholat atau beribadah saja, namun ada banyak keutamaan menjaga wudhu dan juga kandungan manfaat yang terkandung di dalam wudhu dan bisa dirasakan oleh pelakunya sehingga berwudhu haruslah dijadikan kebiasaan sebagai salah satu cara kita beribadah pada Allah SWT.

Selain menurut hadis nabi, tidak sedikit pakar kesehatan dunia yang menganjurkan agar kita mencuci kaki mulut dan muka sebelum tidur, mengapa demikian? bukankah itu termasuk dari bagian jika orang berwudhu?.

Dari segi jasmani, setidaknya, ada dua manfaat berwudhu sebelum tidur menurut ulama fikih dan medis.

Manfaat Wudhu Sebelum Tidur

Pertama, menenangkan otot-otot sebelum beristirahat

Mungkin tidak terlalu banyak penjelasan tapi bisa dibuktikan dalam ilmu pengobatan bahwa percikan air wudhu itu merupakan suatu cara untuk mengendurkan otot-otot yang kaku dalam beraktivitas.

Sehingga jika seseorang itu telah melakukan wudhu, maka fikiran kita akan terasa tenang, badan tidak akan terasa letih.

Kedua, Mencerahkan kulit wajah

Wudhu dapat mencerahkan kulit wajah kerana kelebihan dari wudhu ini dapat menghilangkan kotoran dalam kulit.

Kotoran-kotoran yang melekat pada kulit wajah kita akan segera hilang dan tentunya wajah kita menjadi cerah dan bersih.

Ketiga,Perasaan Tenang & Nyaman Saat Tidur

Dengan melaksanakan wudhu sebelum tidur, hal ini akan membuat perasaan menjadi lebih tenang dan nyaman. Apalagi, jika dibarengi dengan membaca doa sebelum tidur dan berdzikir sebelum tidur.

Keempat,Mencegah Risiko Terserang Virus dan Kuman Berbahaya

Air wudhu yang segar akan membuat tubuh menjadi lebih kebal terhadap virus maupun kuman. Wudhu yang merupakan aktivitas bersuci akan membuat tubuh menjadi lebih bersih dan kuman serta virus yang mungkin akan menyerang menjadi hilang bersama air wudhu yang membasuh anggota tubuh.

Kelima,Semakin Dekat Dengan Sang Pencipta

Wudhu merupakan salah satu aktivitas ibadah yang begitu mulia. Saking mulianya, disarankan agar seseorang selalu menjaga wudhu dan kesucian diri. Wudhu juga dilakukan setiap kali seseorang akan melakukan ibadah dan bertemu dengan sang pencipta. Untuk itu, tidak heran jika orang-orang yang selalu menjaga wudhunya akan semakin dekat dengan sang pencipta dan semakin tulus dan beribadah kepada sang pencipta.

Keenam,Mengatasi Masalah Insomnia

Buat kamu yang sering kali merasa tidak bisa tidur atau insomnia, disarankan agar kamu mengambil air wudhu sebelum tidur. Karena wudhu akan membuat otot lebih rileks, pikiran lebih tenang dan nyaman serta malaikat senantiasa menemani kamu saat tidur, bisa jadi hal ini akan membuat mu terbebas dari masalah insomnia dan tidur malam kamu pun akan semakin berkualitas.

Itulah beberapa manfaat dari wudhu sebelum tidur, semoga bermanfaat.

rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *