rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 3

6 min read

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 3

itseenews.com – Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 69, Halaman 70, Halaman 71, Halaman 73, Halaman 75, . kunci jawaban kali ini kita akan memasuki Pembelajaran 3, kunci jawaban ini dibuat untuk mempermudah dan membantu peserta didik, siswa ataupun guru dalam mengisi tematik pada buku siswa kurikulum 2013.

Hari ini kita akan belajar:
• Mengenal sistem subak di Bali.
• Mencari tahu informasi penting dalam bacaan.
• Mengenal Proklamasi sebagai peristiwa bersejarah bangsa.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 3
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 3

Halaman 67

Siti : “Sebagai sebuah negara kepulauan, selain memiliki keragaman ekosistem, Indonesia juga memiliki keragaman ketampakan alam yang luar biasa!”
Udin : “Betul sekali, Siti. Keragaman ketampakan alam yang ada di Indonesia tentu akan memengaruhi cara hidup penduduk yang menghuninya!”
Siti : ”Ya, selain negara kita dikenal sebagai negara kepulauan, Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar penduduk Indonesia bekerja sebagai petani dan nelayan.”

Ketampakan alam apakah yang ada di sekitar tempat tinggalmu? Berprofesi sebagai apakah sebagian besar penduduk di daerah tempat tinggalmu?

Jawaban Alternatif :

Ketampakkan Alam : Sungai,waduk,gunung,bukit

Profesi : Petani, Nelayan.

Halaman 69

Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlan kegiatan berikut.

1. Tentukan pokok pikiran dan informasi penting dari bacaan dengan menggunakan tabel di bawah ini.

Jawaban Alternatif :

ParagrafPikiran UtamaInformasi Penting
1.Subak merupakan sekumpulan petani di Bali
yang mengelola sistem irigasi yang ada di
sebuah kawasan persawahan.
1. Satu kelompok subak biasanya memiliki satu sumber air.
2. Para anggota kelompok subak menggunakan sistem gotong royong dan saling bantu.
3. setiap anggota harus bertanggung jawab terhadap
penggunaan air juga terhadap petani lain
2.Sistem irigasi subak dipimpin oleh seorang pengatur yang diebut pekaseh
atau klean subak.
1. Para pekaseh bekerja sama dengan para kepala desa dan perangkat desa.
2. Para pekaseh ini diangkat oleh
petani, bukan oleh perangkat desa.
3. Mereka mengatur dan memberitahukan
ketersediaan air pada areal persawahan kelompoknya..
3.Sistem irigasi subak dibangun oleh masyarakat Bali sejak beratus tahun lalu1. Semua persoalan pertanian dibahas secara musyawarah dan perencanaan yang baik.
2. Subak tidak hanya memperhatikan
sistem irigasi, tetapi juga memperhatikan asas kerja sama dan keadilan
dengan menggunakan sistem meminjam air kepada anggotanya.
3. pada tahun 2012, subak diakui sebagai
salah satu warisan dunia oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific
and Cultural Organization)

Halaman 70

2. Buatlah ringkasan berdasarkan bacaan tersebut. Dengan menggunakan tabel yang berisi pokok pikiran dan informasi penting tersebut, buatlah sebuah ringkasan. Tuliskan ringkasanmu dalam satu paragraf dengan menggunakan kalimatmu sendiri. Perhatikan tanda baca, penggunaan huruf kapital yang tepat, dan penggunaan kata-kata baku dalam kalimat bahasa Indonesia yang baik dan benar.

jawaban Alternatif :

Subak merupakan petani pengelola irigasi sawah di Bali. Para anggota kelompok subak saling membantu dan gotong royong dalam membagi air. Sistem irigasi subak diatur oleh seorang pekaseh atau klean subak yang bertugas juga memberitahukan ketersediaan air pada sawah kelompoknya. Sistem subak sangat memperhatikan asas kerja sama dan keadilan. UNESCO telah mengakui subak sebagai warisan dunia pada tahun 2012.

1. Bersama dengan kelompokmu, diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan berikut ini. Jawablah di buku catatanmu. Setelah itu, presentasikan hasil diskusimu.

a. Apakah tujuan dibentuknya subak?

Jawaban Alternatif : Subak adalah sistem Irigasi Tradional. Subak digunakan untuk mengairan sawah dalam cocok tanam masyarakat Bali.

b. Apa saja manfaat yang diperoleh para petani dari sistem irigasi subak di Bali?

Jawaban Alternatif : Manfaat yang diperoleh para petani dari sistem irigasi subak di Bali adalah meningkatkan kesejahteraan para petani, meningkatkan kearifan lokal, dan mensejahterakan koperasi unit desa yang ada.

c. Apa sajakah peran pekaseh?

Jawaban Alternatif : Peran – peran pekaseh adalah mengatur dan memberitahukan ketersediaan air pada areal persawahan kelompoknya, dan mengatur sistem pinjam air (jika ada yang kurang) agar semua peserta subak (petani – petani subak) mendapatkan air yang cukup untuk sawahnya.

d. Bagaimana cara anggota kelompok subak di Bali dalam mengambil keputusan?

Jawaban Alternatif : Keputusan diambil dengan bermusyawarah dan direncanakannya dengan baik.

e. Apa yang menyebabkan sistem subak berhasil meraih perhatian dunia?

Jawaban Alternatif : Karena konsep-konsep efektivitas, nilai-nilai religi, dan pengelolaan sistem irigasi yang berlandaskan harmoni dan kebersamaan, ditata secara baik dan fleksibel pada sistem subak di Bali

f. Jelaskan nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang didapatkan dari sistem irigasi subak di Bali.

Jawaban Alternatif : Nilai persatuan dan kesatuan dari sistem irigasi subak ditunjukkan dari prinsip asas kerja sama dan keadilan sehingga para petani saling gotong royong dan saling membantu dalam masalah pengairan sawah. Selain itu, segala persoalan pertanian dibahas secara musyawarah.

Halaman 71

Ayo Membaca

Ketampakan alam yang ada di Indonesia tentu memengaruhi cara masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk kehidupannya. Berbagai upaya dilakukan masyarakat dalam memanfaatkan dan mengelola sumber daya tersebut. Masyarakat petani di Bali menggunakan subak untuk membantu ketersediaan air sehingga terjamin usaha pertaniannya. Masyarakat petani Brebes memanfaatkan daerahnya sebagai penghasil bawang merah nasional. Masyarakat nelayan di Banyuwangi memanfaatkan hasil ikannya untuk diolah menjadi sarden yang dipasarkan di seluruh Indonesia.

Bersama dengan teman sebangkumu, carilah informasi tentang kegiatan masyarakat Indonesia sebagai negara agraris dan negara kepulauan berkaitan dengan mata pencaharian mereka. Beberapa contoh kehidupan masyarakat di atas dapat kamu gunakan sebagai sumber ide. Setelah kamu mendapatkan informasi, buatlah sebuah tulisan nonfiksi secara mandiri sebanyak tiga paragraf atau lebih. Gunakan ejaan dan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar. Menulislah dengan rapi dan jangan lupa menggunakan huruf kapital serta tanda baca yang sesuai kaidah.

Setelah itu, tukarkanlah hasil tulisanmu dengan tulisan teman sebangku.
Tulislah informasi penting yang terdapat dalam bacaan tersebut.

Jawaban Alternatif :

Indonesia merupakan negara agraris dengan luas lahan yang sangat luas. Kegiatan ekonomi agraris adalah kegiatan ekonomi penduduk dalam memanfaatkan faktor-faktor alam, khususnya dalam bidang pertanian; termasuk di dalamnya adalah peternakan, perikanan, perkebunan, dan kehutanan.

Kegiatan ekonomi pertanian berpusat di daerah-daerah pedesaan yang masih menyediakan lahan yang cukup luas. Pertanian atau persawahan banyak diusahakan di daerah pedesaan Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Bali, dan sebagian Sulawesi. Di wilayah Nusa Tenggara, budidaya pertanian persawahan kurang cocok diterapkan, karena di wilayah tersebut curah hujannya relatif lebih sedikit bila dibandingkan dengan daerah lain.

Kegiatan ekonomi peternakan membudidayakan hewan-hewan yang menjadi komoditas pangan, yang dimanfaatkan tenaganya atau tujuan lainnya. Daerah yang memiliki potensi pakan ternak, seperti padang rumput, sebagian besar penduduknya bermata pencarian di bidang peternakan. Misalnya, penduduk di Sumbawa Nusa Tenggara Timur banyak yang beternak kuda karena alamnya menyediakan pakan ternak yang berlimpah, yaitu padang rumput.

Halaman 73

Berdasarkan bacaan di atas dan sumber informasi lainnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1. Mengapa bangsa Indonesia perlu melakukan proklamasi kemerdekaannya?

Jawaban Alternatif :

Alasan bangsa Indonesia perlu melakukan proklamasi kemerdekaan adalah agar negara Indonesia memiliki pengakuan oleh negara lain bahwa Indonesia telah merdeka. Proklamasi adalah sebagai bentuk pernyataan dari adanya kemerdekaan negara Indonesia.

2. Apakah akibat dari peristiwa Proklamasi Kemerdekaan terhadap kehidupan bangsa Indonesia?

Jawaban Alternatif : Indonesia menjadi negara yang bebas untuk bekerja dan tidak diperlakukan lagi kerja paksa, dan jauh dari penjajah.

3. Bagaimana nilai-nilai persatuan dan kesatuan diterapkan pada peristiwa tersebut?

Jawaban Alternatif : Nilai persatuan dan kesatuan ditunjukan dari kerja sama antara tokoh-tokoh Indonesia dalam mengupayakan proklamasi kemerdekaan. Selain itu, terwujudnya proklamasi kemerdekaan sendiri tidak lepas dari seluruh rakyat yang bersatu melawan penjajah.

4. Tahukah kamu tentang peristiwa Rengasdengklok yang terjadi sebelum peristiwa proklamasi? Carilah informasi tentang peristiwa itu, dan tuliskan temuanmu di tempat yang tersedia di bawah ini.

Jawaban Alternatif :

peristiwa Rengasdengklok singkat.

Peristiwa Rengasdengklok adalah peristiwa yang terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945 pukul 04.00 WIB yang dipelopori oleh para golongan muda pasca mendengar berita Jepang menyerah kepada Sekutu. Dikarenakan antara golongan muda dan golongan tua terdapat perbedaan pendapat dan cara pandang, maka para golongan muda mengamankan tokoh-tokoh seperti Bung Hatta dan Bung Karno beserta Ibu Fatmawati dan Guntur Soekarno Poetra dibawa pemuda ke Rengasdengklok agar tidak terpengaruh oleh Jepang.

Tujuan dilakukannya peristiwa Rengasdengklok ini adalah mendesak golongan tua untuk segera memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Pada akhirnya, disepakatilah untuk merumuskan teks proklamasi Indonesia. Proklamasi pun akhirnya dilakukan pada Hari Jum’at Bulan Ramadhan pukul 10 Pagi 17 Agustus 1945 beralamatkan di Jl. Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta Pusat bertempat di halaman rumah seorang muslim Indonesia keturunan Yaman yang bernama Syekh Faraj bin Marta.

Halaman 75

Ayo Berlatih

  1. Jelaskanlah nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang ditunjukkan masyarakat
    Bali melalui sistem subak!
  2. Jelaskanlah contoh kegiatan ekonomi masyarakat yang tinggal di daerah
    pantai!
  3. Jelaskan secara singkat peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik
    Indonesia 17 Agustus 1945!
  4. Tahukah kamu mengapa golongan pemuda meminta Ir. Soekarno dan
    Drs. Muhammad Hatta untuk membacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan
    Republik Indonesia?
  5. Apakah manfaat yang diperoleh rakyat Indonesia dengan adanya peristiwa
    Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia?

Jawaban Alternatif :

1. nilai-nilai persatuan dalam subak:

1) dalam pembagian air dilakukan dengan musyawarah
2) dalam pembagian air dilakukan dengan adil dan tidak ada yang diuntung atau dirugikan
3) dalam pelaksanaan pembagian air mereka bekerja-sama satu dengan yang lain
4) saling pinjam meminjam air irigasi antara satu dengan yang lain, antara subak satu dengan subak yang lain

2. CONTOH KEGIATAN EKONOMI

1. PRODUKSI

NELAYAN PERGI KE LAUT UNTUK MENANGKAP IKAN.

2. DISTRIBUSI

PARA PENGEPUL MEMBELI IKAN DI TEMPAT PENJUALAN IKAN UNTUK KEMUDIAN DIDISTRIBUSIKAN KEPADA PARA PENJUAL DI TINGKAT PASAR RAKYAT MAUPUN SUPERMARKET.

3. KONSUMSI

MASYARAKAT DI SEKITAR DAERAH PANTAI MEMBELI IKAN DI TEMPAT-TEMPAT PENJUALAN IKAN MAUPUN KEPADA NELAYAN LANGSUNG UNTUK DIKONSUMSI SECARA PRIBADI MAUPUN UNTUK DIGUNAKAN SEBAGAI BAHAN BAKU INDUSTRI.

3. Peristiwa proklamasi kemerdekaan republik indonesia berawal dari menyerahnya jepang dan dibentuklah bpupki pada tanggal 1 maret 1945.setelah dilakukannya sidang 1 dan 2 bpupki,maka dibubarkanlah bpupki dan dibentuklah ppki pada tanggal 18 agustus 1945.

4. Golongan pemuda meminta Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta untuk membacakan text proklamasi kemerdekaan republik Indonesia, karena golongan pemuda mendengar kabar menyerahnya Jepang kepada Skutu dalam Perang Dunia II pada 15Agustus 1945.

Akibatnya, golongan pemuda ini membawa keduanya ke Rengasdengklok untuk meminta mereka segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

5. Indonesia resmi lahir sebagai negara yang merdeka dan berdaulat karena adanya proklamasi kemerdekaan tahun 1945. Peristiwa ini merupakan tonggak sejarah terpenting sebab bukan hanya sebagai puncak perjuangan dari bangsa Indonesia tetapi juga melahirkan sebuah negara yang BEBAS DARI PENJAJAHAN dan bisa menetukan nasibnya sendiri.

Nikmat kemerdekaan ini menjadikan rakyat Indonesia kembali memegang teguh martabatnya, memiliki kesempatan untuk maju dan berkembang layaknya masyarakat dunia lainnya.

Ayo Renungkan

Pelajaran penting apa sajakah yang kamu dapatkan pada hari ini? Ceritakanlah pengalamanmu itu kepada teman sebangkumu!

Pertanyaan apa sajakah yang belum terjawab dari kegiatan belajar hari ini? Sikap apakah yang kamu kembangkan pada hari ini?

Jawaban Alternatif : Sikap rela menolong, dan membantu,

Kerja Sama dengan Orang Tua

Lihatlah ketampakan alam dan ketampakan buatan yang terdapat di daerah
sekitar tempat tinggalmu. Bersama-sama dengan orang tuamu, diskusikan
ciri-ciri ketampakan alam dan buatan tersebut. Tuliskanlah nama ketampakan
alam dan buatan yang kamu lihat.

Jawaban Alternatif :

Kenampakan alam:
-laut
-gunung
-sungai

kenampakan buatan:
-waduk
-bendungan
-bandara

ciri-ciri ketampakan alam dan buatan :

Kenampakan Alam :
~ Sukar dibuat manusia
~ Sudah ada dengan Sendirinya
Kenampakan Buatan:
~ Bisa dibuat oleh manusia

Demikian kunci jawaban yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat untuk pembaca, siswa maupun guru. jangan lupa nantikan kunci jawaban tematik kelas 5 Tema 5 lainya Disini dengan berlangganan di itseenews terimakasih.

Artikel terkait paling populer :

kunci jawaban kelas 5 tema 5
kunci jawaban kelas 5 tema 5 halaman 69
kunci jawaban kelas 5 tema 5 halaman 70
kunci jawaban kelas 5 tema 5 halaman 71
kunci jawaban kelas 5 tema 5 halaman 73
kunci jawaban kelas 5 tema 5 halaman 75
kunci jawaban kelas 5 tema 5 subtema 2
kunci jawaban kelas 5 tema 5 pembelajaran 3

rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *