rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Ini Hukumnya Jika Anda Kentut Didalam Masjid

1 min read

Kentut Didalam Masjid
Hukum kentut dalam masjid
Hukum kentut dalam masjid

Hukum kentut dalam masjid – Hayooo ngakuu ,, kamu pernah kentut di dalam masjid bukan ?? Sebagian orang pasti pernah berada di dalam masjid, baik sebelum sholat maupun setelah sholat selesai.

Namun, tahukah kamu kalau kamu kentut di dalam masjib maka bisa dipindahkan malaikat-malaikat yang ada di masjid loh.

Mungkin bagi yang belum mengetahuinya akan menganggap hal ini biasa saja dan tidak mengapa-mengapa jika dilakukan. Tapi, sebenarnya kentut yang dikeluarkan secara sengaja atau tidak sengaja dapat dibuka oleh para malaikat di masjid loh.

Kentut Didalam Masjid

Tak hanya para malaikat yang tetap tetapi juga muslimin yang saat ini juga tengah berada di dalam masjid.

Kentut Didalam Masjid Seperti dilansir reportaseterkini.com, Nabi SAW mengabarkan, “Sungguh para malaikat terus saja mendoakan orang yang mendatangi masjid untuk menjalankan sholat. Malaikat berkata, “Ya Allah, limpahkanlah shalawat meminta. Ya Allah, terima kasihilah dia selama dia tidak dipindahkan dan jangan buang hadast diijinkan. (HR.Muslim).

‘Dia di tanya,’ Apa itu maksud buang hadast itu? ‘ Dia menjawab, ‘Kentut’. ”
Sabdanya pula,” Sesungguhnya para malaikat juga sulit dihubungi oleh apa pun yang menggantikan anak Adam. “(HR.Muslim Dan Ahmad).

Jadi, jangan suka kentut di dalam masjid ya. Jika kamu memang ingin buang hadast saat berada di dalam masjid. Sebaiknya kamu keluar terlebih dahulu, agar baunya atau bunyinya tidak dialihkan muslim dan malaikat yang sedang beribadah.

Semua orang pasti pernah mengeluarkan kentut, kadang disengaja kadang tidak. Sebenarnya, dengan mengeluarkan kentut tubuh akan menjadi sehat, bahkan bisa mencegah risiko kembung hingga kanker. Namun demikian, mengeluarkan kentut di tempat dan waktu yang tidak tepat akan menjadi masalah, termasuk ketika berada di dalam masjid.

Kentut Didalam Masjid

Para ulama telah menjelaskan di dalam kitab-kitab mereka mengenai hukum kentut di dalam masjid, baik disengaja atau tidak. Secara umum, mereka berpendapat bahwa kentut di dalam masjid adalah makruh, tidak haram. Hanya saja sebisa mungkin kentut di dalam masjid harus dihindari.

Kentut Didalam Masjid
Kentut Didalam Masjid

Hal ini sebagaiman telah disebutkan oleh Imam Nawawi dalak kitabnya al-Majmu’ berikut;

لَا يَحْرُمُ اِخْرَاجُ الرِّيْحِ مِنَ الدُّبُرِ فِي اْلمَسْجِدِ لَكِنْ اْلَاوْلىَ اِجْتِنَابُهُ

“Tidak haram mengeluarkan angin (kentut) di dalam masjid, hanya saja yang lebih utama menghindarinya.”

Anjuran untuk menghindari kentut di dalam masjid ini harus dilakukan baik ketika sendirian maupun bersama orang lain. Meski tidak ada orang lain, namun di dalam masjid terdapat para malaikat yang tersakiti dengan kentut seseorang. Dalam kitab al-Mausu’ah al-fiqhiyah disebutkan;

ﻳُﻜْﺮَﻩُ ﺇِﺧْﺮَﺍﺝُ ﺍﻟﺮِّيْحِ ﻓِﻲ ﺍْﻟﻤَﺴْﺠِﺪِ ﻭَﺇِﻥْ ﻟَﻢْ ﻳَﻜَﻦْ ﻓِﻴْﻪِ ﺃَﺣَدٌ ﻟِﺤَﺪِﻳْﺚِ: ﺇﻥّ ﺍﻟﻤَﻼَﺋِﻜَﺔَ ﺗَﺘَﺄﺫَﻯ ﻣِﻤّﺎ ﻳَﺘَﺄﺫّﻯ ﻣِﻨْﻪُ ﺑَﻨُﻮْ ﺁﺩَﻡَ

“Dimakruhkan mengeluarkan angina (kentut) di dalam masjid meskipun tidak ada orang sama sekali. Hal ini karena terdapat yang menyebutkan; ‘Para malaikat tersakiti dengan apa yang menyebabkan manusia tersakiti.”

Karena itu, sebagian ulama Malikiyah mengharamkan kentut di dalam masjid jika disengaja. Mereka beralasan, selain tidak menghormati masjid, kentut di dalam masjid secara sengaja akan membuat para malaikat tersakiti, sebagaiman disebutkan dalam hadis di atas.

rahmad jazuli Seorang Yang Senang Mengoptimasi Seo Blogger Dan Wordpress Sejak 2016, suka dengan berbagai bidang Dunia IT. Terimakasih Sudah Membaca Artikel Di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *