Hargailah Saat pasangamu Bercerita, Jadilah Seorang Pendengar Yang Baik

1 min read

Hargailah Saat pasangamu Bercerita, Jadilah Seorang Pendengar Yang Baik

itseenews.com – didalam suatu hubungan tentu kita akan menemukan berbagai permasalahan, terlebih jika pasangamu bercerita tentang keseharianya, masalah di kantor atau hanya sekedar basa basi saja.

memiliki hubungan yang langgeng sangatlah diidamkan oleh setiap pasangan, terkadang masalah itu datang disaat kamu sedang nyaman dan tanpa sebab yang jelas sehingga menimbulkan pertikaian cek cok yang dianggap masalah kecil dan enteng.

Hargailah Saat pasangamu Bercerita, Jadilah Seorang Pendengar Yang Baik
Hargailah Saat pasangamu Bercerita, Jadilah Seorang Pendengar Yang Baik

setiap orang memiliki karakter nya masing-masing tetapi tak semuanya memiliki sifat dan sikap pendengar yang baik. karna, sebagai pendengar yang baik sangat membutuhkan perhatian dan menghargai pasangan.

tetapi, terlalu banyak orang yang tidak sabaran memotong pembicaraan dan pembahasan padahal yang dibahas belum selesai. beberapa tips dibawah ini yang dapat kamu jadikan panduan agar menjadi pendengar yang baik untuk pasanganmu.

Fokues Dalam Apa Yang Diceritakan

ketika pasanganmu sedang bercerita tentang keluh kesahnya, cobalah bersikap untuk fokues mendengarkan dan mempersiapkan diri untuk menerima. karna bisa saja pasangamu mengatakan untuk perlawanan karna pendapatmu.

Bila dia mengulangi pembicaraan tentang ceritanya, hal ini menunjukkan bahwa dia merasa tidak didengar. Nah, maka dari itu, Anda pun harus menunjukkan bahwa ceritanya benar-benar didengar.

jangan sampai kamu berpura pura mendengarkan dan alhasil jadi gak nyambung dengan topik yang sedang dibicarakan.

Jangan Memotong Pembicaraan

Jangan Memotong Pembicaraan

kesalahan yang sering dilakukkan pasangan ialah memotong pembicaraan, Ketika dia tengah menggebu-gebu bercerita, sebaiknya dengarnya dia sampai selesai.

jangan memotong pembicaraannya. Hal ini hanya membuatnya jadi tidak fokus dengan hal yang sudah tidak sabar ingin ia luapkan.

Di awal perbincangan, hindari pula memberikan komentar bernada sinis atau memojokkannya. Jika memang ada yang tidak berkenan, lebih baik Anda memberikan saran bukan penilaian yang negatif.

Boleh Tanya, Asalkan …

Pasangan Kamu mungkin akan kesal saat ia sedang bercerita panjang lebar, namun tiba-tiba Kamu bertanya mengenai sesuatu yang tidak ada hubungan dengan apa yang diceritakannya. Jika Kamu ingin bertanya lebih jauh mengenai apa yang ia ceritakan, pastikan menanyakan hal tersebut saat ia selesai.

Kamu bisa saja kehilangan fokus saat pasangan bercerita. Sebenarnya tidak apa-apa pula bertanya padanya agar lebih jelas. Namun, pastikan Kamu bertanya setelah ia mengakhiri ceritanya. Ungkapkan apa yang sudah Kamu dengar terlebih dahulu, lalu bertanya agar ia tahu bahwa Kamu memang mendengarkannya.

Tidak Memberikan Tanggapan

Tidak Memberikan Tanggapan

Setelah mendengarkan cerita pasangan, beberapa dari Kamu mungkin rasanya ingin sekali segera memberikan tanggapan dan berkomentar. Namun, tahan hasrat untuk bertanya atau memberi komentar hingga pasangan mengakhiri ceritanya ya.

Menjadi pendengar yang baik memang membutuhkan waktu, tenaga, dan kesabaran yang ekstra. Saat mendengarkan cerita atau keluh kesah pasangan, pastikan Kamu menunjukkan perhatianmu dengan tidak memotong ceritanya atau mengecek telepon genggam.

Mudah bukan untuk menjadi seorang pendengar yang baik? Apa yang perlu Anda buat hanyalah, mendengarkan. Itu saja ?