Cara Aktifkan ‘Dark Mode’ Instagram di Android Dan Ios

itseenews.cominstagram resmi merilis fitur terbarunya yaitu dark mode atau mode gelap, mode gelap ini untuk pengguna android dan juga ios. hal ini menjadi kabar baik pagi para pengguna instagram yang memiliki aktivitas setiap harinya di depan layar monitor maupun smartphone.

Fitur ini telah lama ditunggu-tunggu oleh pengguna Instagram karena tidak hanya bisa menghemat baterai tapi juga membuat mata menjadi lebih nyaman ketika scrolling Instagram.

Apa itu Dark mode

Cara Aktifkan 'Dark Mode' Instagram di Android Dan Ios
Gambar : Dark Mode Instagram

Dark Mode atau Mode Gelap adalah sebutan untuk tampilan apliasi dengan latar belakang berwarna gelap. Penggunaan fitur ini menyebabkan teks dan komponen visual berukuran kecil lainnya berubah warna menjadi lebih terang.

Riset University of Cambridge menyebutkan beberapa manfaat penggunaan dark mode, yaitu:

Mengurangi kemungkinan mata lelah. Tampilan layar yang terlalu terang sering kali menyilaukan mata. Tak jarang, untuk menyesuaikannya, mata harus terpicing memandangi layar. Lama-kelamaan, otot mata terlalu tegang dan menjadikan mata lelah.

  • Mengurangi kemungkinan layar berkedip (flickering display). Flickering display dalam bentuk garis sering kali mendistraksi Anda. Dengan dark mode, tampilan yang mengganggu ini bisa dikurangi.
  • Memudahkan proses pemrograman (coding). Dark mode membuat perbedaan warna setiap syntax akan terlihat lebih kentara. Dengan kata lain, dark mode membantu mengurangi kesalahan pemrograman.
  • Mengurangi kemungkinan perubahan jam biologis. Sinar biru dari layar sering menyebabkan perubahan jam tidur. Dalam jangka panjang, menatap layar tanpa dark mode bisa mengubah pola tidur dan jam biologis.
  • Menghemat baterai laptop dan aliran listrik. Dark mode membantu Anda menghemat daya laptop. Untuk bisa berjalan dengan baik, dark mode juga harus dibarengi dengan lingkugan yang temaram. Di sinilah Anda juga bisa menghemat listrik.
  • Mempermudah proses desain. Tampilan gelap membantu Anda fokus ke komponen desain utama. Ketika margin desain nampak lebih gelap, Anda bisa lebih awas dan menghindari komponen utama menabrak batas area desain.

Kelebihan Dark Mode

dark mode ini membuat para penguna terasa lebih nyaman saat sedang melihat foto maupun video di Instagram yang biasanya terasa mencolok karena latar aplikasi yang berwarna putih dan terang. Mode gelap mengurangi tingkat kecerahan layar dengan mengganti latar belakang putih menjadi berwarna hitam.

Kekurangan Dark Mode

Instagram tidak menyediakan tombol khusus untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur dark mode secara manual di aplikasinya.

Mode gelap hadir dalam pembaruan Instagram versi 114.0 di perangkat iOS maupun Android.

Syarat Dark Mode

Syarat utamanya, perangkat harus menjalankan iOS versi 13 atau Android 10. Namun di beberapa kasus, pengguna Android versi 9 juga telah kebagian.

cara mengaktifkan dark mode iOS

1. Pastikan iPhone Anda terpasang iOS 13

Fitur mode gelap Instagram hanya bisa bekerja pada iPhone yang juga mendukung mode gelap pada pengaturan bawaan. Sementara hanya iOS 13 yang mendukung mode tersebut.

2. Aktifkan mode gelap iPhone

Langkah-langkah mengaktifkan mode gelap pada iPhone yaitu:

Buka Settings -> Display -> pilih ‘Dark Mode’

3. Unduh Instagram versi terbaru

Mode ini hanya dapat digunakan pada versi Instagram terbaru.

4. Buka aplikasi Instagram

Kini Instagram Anda sudah otomatis menggunakan mode gelap. Apabila ingin mengembalikannya ke tampilan biasa, Anda hanya perlu mengganti dari ‘dark mode’ ke ‘light mode’ di pengaturan iPhone.

cara mengaktifkan dark mode Android

Sementara bagi pengguna Android saat ini juga sudah bisa menggunakan mode gelap di Instagram. Hanya saja fitur tersebut baru bisa digunakan dalam versi beta.

1.Pastikan ponsel Android Anda mendukung mode gelap

Sama halnya dengan iPhone, mode gelap Instagram pada Android juga hanya bekerja pada ponsel yang memiliki mode gelap. Mode gelap ini hanya didukung pada ponsel dengan sistem operasi Android 10. Jadi untuk pemilik Android versi 9 (Oreo) ke bawah, tidak ada opsi mode gelap.

2. Aktifkan mode gelap pada ponsel Android

Langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu:

Settings -> Display -> Night Mode -> On

3. Gabung versi beta

Buka App Store -> scroll hingga menemukan kolom “You’re a Beta Tester” -> pilih “Join Beta” lalu tungguh sesaat.

4. Unduh Instagram versi beta

Setelah berhasil bergabung dengan versi beta, selanjutnya adalah memperbarui aplikasi Instagram versi beta.

5. Tampilan Instagram Anda kini sudah dalam mode gelap

Buka aplikasi Instagram Anda dan lihat perbedaannya. Jika ingin kembali ke tampilan sebelumnya, pengguna hanya perlu menonaktifkan mode gelap pada pengaturan ponsel.

Demikian Cara Aktifkan ‘Dark Mode’ Instagram di Android Dan Ios, silahkan teman teman mencoba semoga berhasil.

Tinggalkan komentar