Balok-balok A, B dan C terletak di bidang mendatar yang licin. Jika , = 5 kg, , = 3 kg, , = 2 kg dan , = 10 N maka perbandingan besar tegangan tali antara A dan B dengan besar tegangan tali antara B dan C adalah ….

Mencari kunci jawaban saat ini sangatlah mudah. Kita bisa mengetika soal di mesin pencarian seperti google. Lalu muncul pertanyaan dan juga pembahasan yang tersedia, kita bisa memilih situs mana yang paling pas. Karna tidak semua situs yang ada diinternet menjelaskan caranya secara lengkap.

Untuk itu admin membuat situs ini sebagai sarana untuk tanya jawab soal dengan akurat. Selain jawaban tepat juga, sudah admin verifikasi jawaban mana yang paling cocok. Jadi apabila kesulitan mencari kunci jawaban bisa langsung ke itseenews.com ya hehe.

PERTANYAAN :

Balok-balok A, B dan C terletak di bidang mendatar yang licin. Jika mA = 5 kg, mB = 3 kg, mC = 2 kg dan F = 10 N maka perbandingan besar tegangan tali antara A dan B dengan besar tegangan tali antara B dan C adalah ….

Wajib Baca :  6 Anime Winter Terbaru 2019

Jawaban

jawaban yang benar adalah D.


Pembahasan

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah D.

Diketahui:
mA = 5 kg
mB = 3 kg
mC = 2 kg
F = 10 N

Ditanya:
T subscript 1 over T subscript 2 equals... ?

Penyelesaian:

Berdasarkan persamaan Hukum II Newton, nilai tegangan tali dapat ditentukan jika percepatan sistem balok diketahui. Untuk menentukan percepatan sistem balok A, B dan C, kita akan meninjau keseluruhan sistem balok.
table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell capital sigma F subscript x end cell equals cell m subscript t o t end subscript times a end cell row cell F minus T subscript 2 plus T subscript 2 minus T subscript 1 plus T subscript 1 end cell equals cell open parentheses m subscript A plus m subscript B plus m subscript C close parentheses times a end cell row 10 equals cell open parentheses 5 plus 3 plus 2 close parentheses times a end cell row a equals cell 10 over 10 end cell row a equals cell 1 space straight m divided by straight s end cell end table

Nilai T1 dapat ditentukan dengan meninjau benda A
capital sigma F subscript A equals m subscript A times a T subscript 1 equals 5 times 1 T subscript 1 equals 5 space straight N

Nilai T2 dapat ditentukan dengan meninjau benda C
capital sigma F subscript C equals m subscript C times a F minus T subscript 2 equals 2 times 1 10 minus T subscript 2 equals 2 T subscript 2 equals 10 minus 2 T subscript 2 equals 8 space straight N

Wajib Baca :  Situs Sscasn.bkn.go.id di Buka untuk Daftar PPPK !

Sehingga perbandingan T1 dengan T2
T subscript 1 over T subscript 2 equals 5 over 8

Dengan demikian perbandingan tegangan tali antara A dan B dengan besar tegangan tali B dan C adalah 5 : 8.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.


Nah, gimana sudah paham belum ? kalau belum bisa komentar dibawah ya. untuk pertanyaan lain yang ingin dilihat jawabanya bisa langsung mengetikan di tanda pencarian. Jika sudah itseenews.com terbitkan akan langsung muncul, jika belum ada admin minta maaf karna belum menerbitkanya.

Tapi tenang kalian bisa kontak admin melalui menu kontak di situs ini. Tunggu apalagi langsung cari kunci jawabanya ya. jangan lupa belajar yang semangat semoga bisa sukses dan juara kelas. Terimakasih selamat mencoba.

Wajib Baca :  Harga Dan Spesifikasi Samsung Galaxy A9 Pro (2019) Terbaru

DISCLAIMER :

Orangtua dapat membantu mengoreksi kembali hasil kerja siswa jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah.

Tinggalkan komentar